Sequoia Capital India Umumkan Investasi Tahap Awal Baru US$195 Juta

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 31 Maret 2021
Dibaca Normal 3 menit
Sequoia Capital India mengumumkan investasi tahap awal baru sebesar 195 Juta dolar AS untuk meningkatkan surge.
tirto.id - Dua tahun lalu minggu ini, kami luncurkan Surge - sebuah startup kami sendiri - untuk membantu para founders yang berani di India dan kawasan Asia Tenggara untuk membangun pondasi untuk perusahaan-perusahaan yang bertahan.

Ini adalah program pra-Seri A pertama dari jenisnya yang menawarkan modal US$1 juta hingga $2 juta bersama dengan bantuan dan bimbingan pembangunan perusahaan dari para pendiri terbaik di wilayah kami. Misi kami adalah melakukan apapun yang kami bisa untuk menyukseskan para pendiri tahap awal.

Ketika kami berada di awal perjalanan kami, kami takjub melihat betapa cepatnya ekosistemnya mengakar selama 24 bulan terakhir, sangat senang dengan kaliber para pendiri yang bermitra dengan kami, dan sangat senang dengan pencapaian mereka dalam waktu yang singkat.

Terinspirasi dengan kesuksesan mereka, kami berkomitmen lebih jauh. Kami dengan gembira mengumumkan bahwa Sequoia Capital India baru-baru ini menutup dan investasi tahap awal sebesar US$195 juta untuk mendukung para pendiri yang bermisi di India dan Asia Tenggara.

Surge 01 dimulai pada 25 Maret 2019, dan empat cohort kini telah mengikuti program tersebut. Komunitas Surge telah berkembang menjadi 69 perusahaan rintisan, mencakup lebih dari 15 sektor, dan 164 pendiri dari 17 kewarganegaraan yang berbeda.

Sepertiga dari startup Surge sedang membangun produk SaaS, mayoritas untuk pasar global; 25% membangun startup internet konsumen (consumer internet); 13% membangun merek konsumen (consumer brand), dan 12% berada di ruang B2B. Kami juga memiliki startup Surge di EdTech, HealthTech, Deep Tech, FinTech, dan lainnya.

Kami mempelopori ide "arsitektur terbuka" (open architecture) untuk menjadikan Surge sebagai upaya kolaboratif dengan investor dana awal (seed fund) dan angel investor lainnya dan kami tidak mengenakan biaya program sehingga investor lain dapat berinvestasi dengan persyaratan yang sama.

Startup Surge dari empat cohort pertama telah mengumpulkan total gabungan US$172 juta dalam putaran Surge mereka. Kami senang bahwa lebih dari 100 investor telah bermitra bersama dengan Surge dalam putaran ini pada awal program Surge.

Tiga puluh dari 52 perusahaan rintisan dari tiga cohort pertama kami telah mengumpulkan total US$390 juta sebagai modal lanjutan (follow on capital) setelah program.

Kami sangat senang dengan apa yang telah dipersiapkan untuk startup Surge 04, yang telah menyelesaikan program pada pertengahan Maret dan akan menghadiri UpSurge pertama mereka pada bulan April.

Meski kesuksesan penggalangan dana hanyalah indikator arah dari potensi perusahaan rintisan ini, para pendiri Surge telah melihat peningkatan yang sangat tajam dalam valuasi perusahaan mereka.

Ada beberapa startup dengan lintasan break-out telah melihat valuasi mereka meningkat lebih dari 10X sebelum dan sesudah Surge; rata-rata, startup yang berhasil menggalang modal lanjutan (follow on capital) telah mengalami peningkatan valuasi antara 3X dan 4X.

Dalam dua tahun terakhir, kami telah mengadakan lebih dari 640 jam workshop dan masterclass company-building, dan ribuan jam office hours.

Lebih dari 150 pendiri, mentor, dan pembicara teratas, termasuk Amrish Rau (Pine Labs / Citrus Pay), Ankiti Bose (Zilingo), Ashwini Asokan (Mad Street Den / Vue.ai), Binny Bansal (Flipkart), Byju Raveendran (BYJU's), Carl Eschenbach (Sequoia Capital), Chatri Sityodtong (ONE Championship), Doug Leone (Sequoia Capital), Gaurav Munjal (Unacademy), Girish Mathrubootham (Freshworks), Harshil Mathur (Razorpay), Jaspreet Singh (Druva), John S. Kim ( Sendbird), Karan Bajaj (Whitehat Jr), Kunal Shah (Freecharge / CRED), Michael Moritz (Sequoia Capital), Nadiem Makarim (Gojek), Neil Shen (Sequoia China), Nithin Kamath (Zerodha), Patrick Collison (Stripe), Sanjeev Bikhchandani (Info Edge), Vijay Shekhar Sharma (Paytm) dan William Tanuwijaya (Tokopedia) telah berbagi pengalaman dan menghabiskan waktu dengan para pendiri.

Kami sangat berterima kasih kepada orang-orang berprestasi tinggi yang luar biasa ini yang telah menyumbangkan waktu, kebijaksanaan, dan wawasan mereka untuk generasi pendiri berikutnya.

Setiap pendiri startup hidup untuk kecintaan mereka terhadap pelanggan (customer love), dan kami sangat senang dengan masukan yang diberikan pendiri untuk pengalaman Surge mereka. NPS dari Surge sangat luar biasa tinggi, peringkat 90+, untuk setiap cohort sejauh ini.

Kami terus meminta masukan dari founders kami pada setiap sesi sehingga kami dapat terus meningkatkan produk dan pengalaman untuk setiap cohort berikutnya.

Setelah semuanya berjalan dengan lancar, kami juga berkomitmen untuk terus memberikan nilai lebih kepada para founders. Banyak hal yang masih kami bisa lakukan untuk menjalani misi kami, untuk terus konsisten memberikan apa yang kami miliki untuk membantu membuat founders kami sukses.

Sebagai contoh, saat ini kami sedang mengembangkan aplikasi Surge untuk dapat digunakan oleh komunitas founder kami, untuk memfasilitasi kolaborasi internal dalam ekosistem kami.

Kami juga menambahkan sumber daya manusia dalam tim Surge, dari total saat ini 20 personil, termasuk recruiter berdedikasi untuk membantu para founders mengidentifikasi dan mendapatkan talenta yang sesuai untuk startup mereka.

Kami sangat terinspirasi oleh para founders dan perkembangan yang telah ditunjukkan dalam 24 bulan ini. Semangat mereka, visi dan keinginan kuat untuk memberikan dampak kepada dunia dan menjadi agen perubahan adalah hal yang sungguh istimewa.

Seluruh tim yang terlibat sangat bangga turut andil dalam perjalanan para founder, menjadi partner mereka membangun bisnis yang berkelanjutan hingga masa depan.

Secara kolektif, kami percaya dapat membuat perubahan positif dalam ekosistem startup di wilayah ini. Komunitas Surge menawarkan produk baru ke pasar, memberikan solusi untuk kebutuhan yang belum terpenuhi dan menjadikan dunia yang lebih baik.

Perjalanan kami bersama para founders memang baru saja dimulai, namun beberapa startup sudah memiliki jutaan konsumen yang menggunakan produk mereka, beberapa memiliki pendapatan puluhan juta dolar, beberapa telah membuka lapangan pekerjaan bagi ratusan orang, dan beberapa telah memiliki ratusan pelanggan enterprise.

Kami sangat beruntung mendapatkan kesempatan untuk melakukan ini dengan begitu banyak founders yang berbakat dan memiliki misi yang sama. Kami didukung oleh tujuan untuk memperkuat hasil upaya mereka di awal perjalanan mereka - karena saat itulah yang paling penting.

Untuk founders yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang Surge, Anda bisa membaca program dan kurikulum kami di sini. Tulisan tentang etos Surge ini, yang dikembangkan bersama para pendiri Surge, menguraikan nilai-nilai dan filosofi komunitas. Jika nilai ini sesuai dengan Anda, pintu kami akan selalu terbuka. Daftarkan di www.surgeahead.com/apply.

Baca juga artikel terkait INVESTASI atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Bisnis)

Sumber: press release
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH
DarkLight