Sejumlah Lokasi Wisata yang Jadi Tujuan Isi Libur Tahun Baru 2018

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 1 Januari 2018
Dibaca Normal 1 menit
Beberapa lokasi wisata yang dipadati pengunjung adalah Baturraden, Ragunan, dan Pantai Batu Gong, Sulawesi Utara.
tirto.id - Pada hari terakhir libur Tahun Baru 2018 ini, sekitar 64 ribu pengunjung memadati objek wisata Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (1/1/2018).

"Kami menargetkan pada tahun baru ini mencapai 150 ribu orang pengunjung. Target ini sama dengan target pengunjung pada tahun lalu," kata Kepala Unit Pengelola Taman Margasatwa Ragunan, Dina Himawati, di Ragunan.

Para pengunjung pada liburan kali ini diberikan tontonan menarik, sehingga bisa melihat langsung hewan-hewan yang mencari atau berburu makanannya sendiri. Hewan-hewan itu, yakni harimau, buaya, gajah, jerapah, orang utan, dan gorila.


"Biasanya, hewan-hewan ini diberi makanan langsung oleh petugas. Namun, kali ini para hewan itu akan mencari makanannya sendiri yang disembunyikan oleh petugas," ujarnya, seperti dikutip Antara.

Di Jawa Tengah, salah satu lokasi wisata yang padat pengunjung adalah Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Kepala Lokawisata Baturraden Djoko Haryanto mengatakan, berdasarkan data penjualan tiket masuk hingga pukul 13.00 WIB, tercatat sebanyak 9.530 wisatawan yang mengunjungi Lokawisata Baturraden.

Djoko mengatakan tingginya jumlah wisatawan itu menunjukkan bahwa Lokawisata Baturraden yang menawarkan keindahan alam lereng selatan Gunung Slamet masih menjadi idola masyarakat.

Sementara itu, di Sulawesi Utara, masyarakat menghabiskan libur Tahun Baru 2018 dengan mengunjungi pantai-pantai eksotis, salah satunya Pantai Batu Gong.

"Kami memilih menikmati liburan di Pantai Batu Gong karena pasirnya bersih dan akses jalannya cukup terjangkau dari Kota Kendari," kata Wardihan (51).

Rombongan wisatawan mengunjungi objek wisata Batu Gong sejak Minggu petang (31/120 hingga hari ini karena alamnya asri juga deburan ombaknya menggiurkan.

Data Dinas Pariwisata Provinsi Sultra mencatat objek wisata Kota Kendari yang menjadi pilihan pengunjung adalah pantai Nambo, titian hutan bakau Bungkutoko dan teluk Kendari.

Kabupaten Konawe Utara mengandalkan pantai Taipa, pantai Motui, Pulau Lebengki dan air Panas Wawolesea sedangkan Konawe pantai Toronipa dan Batu Gong.

Warga Kota Bau Bau dan Kabupaten Buton memadati pantai Nirwana dan air terjun Bungi. Sedangkan, Kabupaten Wakatobi, Muna Barat, Buton Selatan dan Buton Utara sebagian besar adalah wilayah pesisir dengan panorama menarik.

Di Kabupaten Konawe Selatan terdapat pulau Pasir Putih, pantai Namo dan pantai Torobulu dan dermaga Lakara.

Sejumlah wisatawan juga memilih Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, untuk mengisi hari libur bersama keluarga. Mereka memadati tiga lokasi pantai yang ada di pulau itu untuk mengisi libur Tahun Baru 2018.

Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Pengembangan Pariwisata Pulau Rupat, Toyip di Bengkalis mengatakan, ketiga pantai tersebut di antaranya Pantai Ketapang Alohong yang berlokasi di Desa Sei Cingam Kecamatan Rupat, Pantai Tanjung Lapin Desa Tanjung Punak Kecamatan Rupat Utara, dan Pantai Tanjung Medang yang juga berlokasi di Kecamatan Rupat Utara.

Baca juga artikel terkait TAHUN BARU 2018 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Dipna Videlia Putsanra
Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight