tirto.id - YouTuber Li Ziqi akhirnya comeback dengan video baru setelah sempat hiatus selama sekitar tiga tahun. Kemunculannya tentu saja mengejutkan para penggemar, terutama mereka yang mengikuti kasus hukumnya.
Li Ziqi, YouTuber asal China ini ‘menghilang’ setelah mengunggah video terakhirnya di YouTube pada 14 Juli 2021.
Belakangan diketahui bahwa ia sedang terjerat kasus hukum dengan perusahaan yang menaunginya sehingga tidak bisa mengunggah video-video lagi.
Setelah penantian panjang, Li Ziqi akhirnya kembali muncul di YouTube dengan tiga video baru yang ia upload mulai 12 November 2024 lalu.
Li Ziqi pun mengobati kerinduan penggemar dengan video yang menunjukkan kegiatannya seperti membuat lemari hingga menyanyi.
Kembalinya Li Ziqi tentu saja disambut gembira oleh para subscriber-nya. Namun, bagi Anda yang belum familiar dengan Li Ziqi, berikut segala informasi tentang Li Ziqi dan beberapa fakta menarik tentangnya.
Biodata YouTuber dan Vlogger asal China Li Ziqi
Li Ziqi memiliki nama asli Li Jiajia dan lahir pada 6 Juli 1990. Li Ziqi adalah seorang YouTuber asal China yang dikenal dengan konten-kontennya yang menunjukkan kehidupan pedesaan, tepatnya di wilayah Sichuan, China.
Sebelum menjadi YouTuber, Li Ziqi rupanya telah melewati kehidupan yang sangat berat. Setelah orang tuanya bercerai, ia sering mendapat kekerasan dari ibu tirinya.
Li Ziqi yang masih sangat muda kemudian tinggal bersama neneknya di Pegunungan Sichuan setelah sang ayah meninggal dunia.
Di tempat inilah Li Ziqi tumbuh besar dengan kasih sayang dari neneknya. Bahkan, Li Ziqi kerap memamerkan keakrabannya bersama sang nenek di sejumlah videonya.
Konten Li Ziqi sendiri dianggap sebagai sebuah paket komplit. Pengambilan gambarnya yang cantik, pemandangan desa yang memanjakan mata, serta wawasan budaya tradisional China yang dibawa Li Ziqi menjadi nilai plus tersendiri dalam konten YouTube-nya.
Lewat video yang estetik, ia sering menunjukkan berbagai hal, mulai dari berkebun, memasak, hingga membuat kerajinan tangan. Salah satu hal yang menarik perhatian penonton adalah konsep Li Ziqi yang menciptakan sesuatu dari nol.
Memasak misalnya, ia tidak sekadar menyiapkan bahan yang dibeli di toko atau pasar dan mengolahnya menjadi masakan. Li Ziqi justru memulai semuanya dari awal.
Mulai dari memanen bahan masakan, membuat sendiri bumbu dan bahan baku yang diperlukan, proses memasak yang dianggap unik bagi orang mancanegara, hingga acara makan bersama neneknya tercinta.
Tak heran jika video-videonya selalu mendulang puluhan juta view, bahkan ada videonya yang ditonton lebih dari 133 juta kali di YouTube. Tak hanya itu, saat ini pun channel YouTube Li Ziqi tercatat telah memiliki lebih dari 20 juta subscriber.
Fakta-Fakta Menarik tentang YouTuber Li Ziqi
Berikut beberapa fakta menarik yang mungkin belum Anda ketahui tentang Li Ziqi:
1. Pekerjaan Sebelum Menjadi YouTuber
Di usianya yang masih muda, Li Ziqi pernah menjajal beberapa pekerjaan sebelum menjadi seorang YouTuber terkenal. Ia sempat meninggalkan neneknya demi mencari uang dengan bekerja sebagai pelayan restoran hingga menjadi seorang DJ di sebuah klub malam.
Sekitar tahun 2012, ia mendapat kabar bahwa neneknya sakit sehingga Li Ziqi memutuskan untuk meninggalkan pekerjaannya dan kembali pulang. Sejak saat itulah ia memutuskan untuk terus menemani neneknya yang sudah lanjut usia.
2. Bermula dari Jualan Online
Kembali ke rumah neneknya, Li Ziqi tetap memutar otak untuk mencari pendapatan dan akhirnya berjualan online di sebuah platform bernama Taobao. Li Ziqi kemudian mulai membuat video untuk mempromosikan produknya sekitar tahun 2016.
Video tersebut menunjukkan kehidupan Li Ziqi sebagai gadis desa. Dengan keahlian yang ia pelajari otodidak, Li Ziqi membuat videonya seorang diri, mulai dari merekam hingga editing. Siapa sangka, videonya justru mencuri perhatian banyak orang sehingga banyak yang menontonnya.
3. Masuk Guiness World Record
Nama Li Ziqi semakin dikenal publik sampai akhirnya ia tak hanya berkutat di platform China, tapi juga mulai mendunia lewat YouTube. Pada awal tahun 2021, kanal YouTube Li Ziqi sudah memiliki lebih dari 14 juta subscriber.
Li Ziqi pun memecahkan rekor Guinness World Record karena berhasil membuat kanal berbahasa Mandarin di YouTube dengan subscriber terbanyak.
4. Pendapatan Li Ziqi
Dengan view puluhan juta dan jumlah subscriber yang terus bertambah, Li Ziqi sempat dikabarkan memiliki pendapatan hingga 168 juta yuan (sekitar Rp369 miliar) per tahun. Namun, pihak Li Ziqi langsung membantahnya.
Pada tahun 2020, pendapatan Li Ziqi di YouTube diperkirakan berkisar antara Rp4,8 miliar hingga 78 miliar per tahun. Itu pun belum termasuk produk-produk yang dijual Li Ziqi secara online.
5. Kritikan dan Kasus Kimchi
Menjadi seorang YouTuber tentu bukan hal yang mudah bagi Li Ziqi. Meski kontennya mendapatkan banyak pujian, ia juga kerap menerima kritik pedas dari para netizen. Salah satunya ketika Li Ziqi dituduh bukan gadis desa sungguhan.
Visualnya yang dianggap cantik membuat banyak orang meragukan Li Ziqi apakah ia benar-benar gadis desa yang tinggal dengan neneknya atau hanya seorang talent untuk kepentingan konten.
Tak hanya itu, ia juga sempat dituding netizen China kalau kontennya tidak benar-benar mencerminkan kehidupan pedesaan yang sebenarnya, alias semuanya palsu atau penuh polesan.
Li Ziqi juga sempat terlibat kontroversi soal kimchi. Dalam salah satu videonya, Li Ziqi sempat menunjukkan cara mengolah sayuran yang mirip dengan kimchi, sebuah makanan tradisional khas Korea. Video ini pun menuai kritik tajam, terutama dari netizen Korea yang menganggap Li Ziqi telah ‘mencuri’ makanan tradisional mereka.
6. Dituding Propaganda China
Selain kasus kimchi, popularitas Li Ziqi juga mengundang kontroversi lain. Ia sempat dituding sebagai alat propaganda China dan konten-kontennya mendapatkan dukungan dari pemerintah setempat.
Salah satu alasannya karena Li Ziqi menunjukkan gambaran negeri China yang indah dan subur serta kehidupan yang dianggap damai dan harmonis. Namun, Li Ziqi pernah membantah masalah ini dan mengatakan bahwa ia memiliki kontrol penuh terhadap konten atau apa yang ingin ia videokan.
7. Penyebab Li Ziqi Hiatus Lama
Li Ziqi sempat hiatus selama sekitar tiga tahun setelah terjerat kasus hukum dengan Hangzhou Weinian, sebuah agensi yang menaungi para influencer China, termasuk Li Ziqi.
Hangzhou Weinian bertanggung jawab atas pemasaran video Li Ziqi, bahkan mengawasi produksi dan penjualan seluruh produk yang terafiliasi dengan Li Ziqi.
Belakangan diketahui perselisihan Li Ziqi dengan Weinian berkaitan dengan hak cipta nama “Li Ziqi” yang dimiliki oleh pihak agensi.
Li Ziqi juga mengunggat perusahaan tersebut atas keuntungan yang belum dibayarkan oleh Weinian kepadanya.
Meski sempat saling gugat, kabarnya saat ini permasalahan tersebut sudah terselesaikan, tapi Li Ziqi sendiri sudah tidak bekerja sama lagi dengan Weinian.
Penulis: Erika Erilia
Editor: Yandri Daniel Damaledo