Profil Abdul Azim, Pangeran Brunei yang Meninggal di Usia 38 Tahun

Oleh: Dhita Koesno - 25 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
Profil Abdul Azim, Pangeran Brunei Darussalam yang meninggal dunia pada usia 38 tahun.
tirto.id - Pangeran 'Abdul' Azim, Putra Sultan Brunei Darussalam meninggal dunia pada Sabtu (24/10/2020), pukul 10.08 pagi waktu setempat. Dia meninggal pada usia 38 tahun.

Dikutip dari Strait Times, berita kematian Abdul Azim dilaporkan oleh penyiar radio negara Brunei, Radio Televisi Brunei dalam pengumuman resmi dan juga oleh surat kabar Borneo Bulletin.

"Pemakaman akan berlangsung saat shalat Ashar (tengah hari) malam ini," kata pengumuman itu.

Namun, penyebab meninggalnya Putra Sultan Haji Hassanal Bolkiah tersebut tidak disebutkan. Menurut sebuah laporan berita, seorang sumber dari Brunei mengatakan bahwa pangeran Abdul Azim telah dirawat di rumah sakit beberapa lama.

Brunei Darussalam akan berada dalam masa berkabung selama tujuh hari ke depan.

Instruksi yang dikirim kepada warga, menurut laporan lokal, berbunyi: "Wanita Muslim diharuskan memakai kerudung putih, dan non-Muslim diharuskan memakai ban lengan putih dengan lebar 3 inci (7,6 cm)."

Surat kabar Borneo Bulletin mewartakan, mendiang pangeran Abdul Azim dimakamkan di Royal Mausoleum di ibu kota pada hari Sabtu.


Profil Abdul Azim


Abdul Azim merupakan anak laki-laki Hassanal Bolkiah, hasil dari pernikahannya dengan Hajah Miriam selama 21 tahun (1983-2003). Azim berstatus sebagai pangeran dan berada di garis keempat takhta Kesultanan Brunei.

Gelar lengkapnya adalah Yang Teramat Mulia Paduka Seri Duli Pengiran Muda Haji ‘Abdul ‘Azim. Ia kelahiran tahun 1982.

Azim dididik di sekolah-sekolah prestisius: International School Brunei, Raffles Institution (Singapura) dan Oxford Brookes University (Britania Raya).

Pada 2008 Azim dikirim untuk menjalani kursus pelatihan perwira selama sembilan bulan di Royal Military Academy Sandhurst, Inggris. Ia hanya bertahan seminggu.

Sejak saat itu ia menampilkan tiga persona: penggemar tata busana, aktif dalam berbagai program filantropis, tapi juga bergaya hidup jetset.

Gaya hidupnya semasa hidup dinilai hedonis, mirip dengan Jefri Bolkiah, adik Hassanal yang sering dianggap sebagai aristokrat paling boros foya-foya, terutama pada 1980-an dan 1990-an.

Telegraph melaporkan, pada Juni 2009, Abdul Azim merayakan ulang tahunnya yang ke-27 dengan menggelar pesta yang disebut-sebut sebagai “party of the year”.

Ia mengadakan pesta tersebut di rumah milik ibunya di Stapleford Park, Leicestershire, Inggris. Dekorasi dalam dan luar rumah terlihat megah.

Hiasannya termasuk 6.000 mawar putih, yang menurut toko bunga setempat diperkirakan berharga 70 ribu poundsterling (kurs hari ini sekitar Rp1,3 miliar).

Saat itu, Azim dan ketiga saudaranya mengundang para pesohor dari tanah Hollywood. Sophia Lauren, Faye Dunaway, Ursula Andress dan Joan Collins. Ada pula Adam Gregory, Robert Buckley, dan Sean Faris.

Chakka Khan, penyanyi jazz Amerika, juga didatangkan Abdul Azim untuk tampil di hadapan 230 tamu undangan. Beberapa penyanyi yang lebih populer turut meramaikan pesta, tapi tidak naik ke panggung. Dua di antaranya adalah Janet Jackson dan Mariah Carey.

Lalu di pesta ulang tahun Azim ke-30, sekitar pertengahan 2012, Carey turut hadir meramaikan acara. Selain itu, hadir pula aktris Pamela Anderson dan Raquel Welch.


Baca juga artikel terkait PANGERAN BRUNEI atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Humaniora)

Penulis: Dhita Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight