Liga 1 2019

Prediksi PSIS vs Persebaya: Peluang Bajul Ijo Tundukkan Tuan Rumah

Oleh: Hendi Abdurahman - 19 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi PSIS vs Persebaya di Liga 1 pada Jumat (20/9/2019): rekor kandang Mahesa Jenar yang belakangan buruk, membuat Bajul Ijo berpeluang menang.
tirto.id - PSIS bakal menjamu Persebaya dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 pekan 19 di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Jumat pukul 15.30 WIB. Dengan beberapa keuntungan yang didapat tim tamu—salah satunya laga tanpa penonton— Bajul Ijo lebih berpeluang menang dari tuan rumah dalam laga klasik ini.

Faktor lain yang membuat Persebaya diunggulkan yakni rekor buruk PSIS di kandang dalam tiga pertandingan termutakhir. Anak asuh Bambang Nurdiansyah menderita kekalahan beruntun masing-masing atas Persib (0-1), TIRA-Persikabo (0-2), dan teranyar Persipura (1-3).

Lini pertahanan PSIS tidak dapat dikatakan bagus. Enam gol yang bersarang ke gawang Jandia Eka Putra dalam tiga laga kandang terakhir menunjukkan bahwa komunikasi dan kerja sama tim masih menjadi masalah yang harus dibenahi oleh jajaran pelatih.

Akan tetapi, Mahesa Jenar bakal diperkuat striker Bruno Silva yang resmi didatangkan kembali pada putaran kedua. Penggawa asal Brasil itu sempat menjadi andalan PSIS di musim lalu dengan torehan 16 gol dari 31 kali bertanding sebelum memilih pindah ke Liga Arab Saudi bersama Al Ain.

“Bruno [Silva] kita datangkan untuk mempertajam lini depan. Pada putaran kedua, kita akan menggunakan skema all out attack untuk memaksimalkan peluang kemenangan,” ucap CEO PSIS, Yoyok Sukawi.



Di lain pihak, Persebaya dalam kepercayaan diri tinggi. Usai bermain imbang atas Kalteng Putra pekan lalu, tim yang untuk sementara dipimpin Wolfgang Pikal itu bakal mendapatkan amunisi tambahan dengan hadirnya dua penggawa anyar, Diogo Campos dan Aryn Williams.

Catatan lainnya, Irfan Jaya dan kawan-kawan memiliki rekor tandang yang cukup baik dalam tiga pertandingan termutakhir. Mereka meraih dua kali menang atas Perseru BLFC (1-3) dan Bhayangkara FC (0-2), lalu imbang ketika dijamu Kalteng Putra (1-1).

“Tim kami dalam kondisi ideal saat ini dan kami sudah menjalani latihan yang bagus sampai terakhir di Surabaya kemarin. Para pemain sudah siap bertanding,” kata Pikal seperti dikutip situs web resmi klub.

“Kami bawa pemain yang beroperasi di beberapa area. Meski memang ada beberapa posisi yang cuma bisa diperankan satu pemain. Tetapi ada pemain yang mampu menempati satu posisi sebagai antisipasi yang tidak diinginkan,” lanjutnya.

Dengan kondisi serta catatan-catatan tersebut, Persebaya lebih diunggulkan meskipun bermain away. Apalagi dalam empat persuaan terakhir di Liga, Bajul Ijo meraih dua kemenangan berbanding PSIS yang hanya meraup sekali hasil maksimal.



Perkiraan Susunan Pemain

PSIS: Jandia Eka Putra; Frendi Saputra, Wallace Costa, Ganjar Mukti, Fredyan Wahyu; Finky Pasamba, Heru Setyawan, Septian David Maulana, Jonathan Cantillana; Hari Nur Yulianto, Bruno Silva.

Persebaya: Miswar Saputra; Abu Rizal Maulana, Hansamu Yama, Otavio Dutra, Ruben Sanadi; Misbakus Solikin, Diogo Campos, Aryn Williams; Osvaldo Haay, Irfan Jaya, David Da Silva.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight