Prediksi Persebaya vs Arema FC: Menguji Rekor Di Derbi Jatim

Oleh: Beni Jo - 11 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Persebaya vs Arema FC pada pekan 32 Shopee Liga 1 2019 yang digelar Kamis (12/12) diperkirakan berlangsung sengit.
tirto.id - Duel Persebaya vs Arema FC dalam laga bertajuk derbi Jatim digelar Kamis (12/12/2019) pukul 15.30 WIB di Stadion Batakan, Balikpapan. Tampil dalam pekan ke-32 Shopee Liga 1 2019, Bajul Ijo diprediksi akan menjaga rekor impresif.

Persebaya memiliki catatan tidak terkalahkan sejak ditangani oleh arsitek anyar, Aji Santoso. Dari enam laga yang sudah dilakoni, Bajul Ijo sukses meraih empat kemenangan dan dua kali imbang.

Kini, hasil penampilan yang sangat impresif tersebut bakal diuji dalam duel bertajuk derbi sesama Jawa Timur dengan meladeni Arema FC. Tuan rumah pun diprediksi bakal tampil cukup percaya diri.

Meskipun duel dihelat di Balikpapan dan tanpa kehadiran penonton, tetapi tidak akan mengurangi rivalitas kedua tim yang selama ini kerap dihiasi tensi tinggi.

Gelandang Persebaya, Aryn Glen Williams, pun cukup percaya diri dengan performa Persebaya. Menurutnya, sang lawan bakal mengalami kesulitan.

"Saya cukup senang dengan peforma saya dan tentunya senang dengan penampilan tim di lima pertandingan terakhir. Kami menunjukkan kerja keras dan karakter, kami memiliki pemain berkualitas untuk meraih hasil baik. Saya yakin Arema FC akan kesulitan menghadapi kami," beber Aryn, melansir laman resmi klub, Selasa (10/12).


Sementara Arema justru dalam performa yang menurun. Gagal menang dalam lima penampilan terakhir menjadi catatan negatif bagi tim berjuluk Singo Edan ini.

Kekalahan 5-1 atas PSIS di markas lawan disebut oleh sang pelatih Milomir Seslija lebih diakibatkan karena banyaknya pemain belakang yang absen.

Pada laga tersebut, empat bek tengah yaitu Hamka Hamzah, Arthur Cunha, Rachmat Latief dan Ikfanul Alam tidak dapat diturunkan dengan alasan berbeda.

"Hamka Hamzah adalah pemimpin di tim ini dan ketika dia absen, kami sangat merasa kehilangan. Apalagi kami juga ada banyak pemain lain yang cedera. Kami memainkan banyak pemain tidak pada posisinya," ujar Milo, dikutip laman resmi Liga Indonesia, Rabu (11/12).

Prediksi Jalannya Pertandingan

Dengan berstatus tuan rumah, Persebaya diprediksi akan mampu mengendalikan laga. Selain itu, tajamnya David Da Silva dalam beberapa pertandingan terakhir bisa menjadi senjata utama bagi Bajul Ijo dalam misi membobol gawang tamunya.

Brace-nya ke gawang Bhayangkara FC menjadi bukti naluri mencetak gol yang sedang tinggi penyerang asal Brasil ini.

Sementara Singo Edan yang tampil tandang, perlu memperhatikan sektor pertahananya karena selalu mampu dibobol gawang lawan dalam lima penampilan terakhir.

Di samping lini belakang, para penyerang Arema pun perlu diasah kembali ketajamannya karena hanya menghasilkan tiga gol saja pada seluruh laga tersebut. Namun, sang tamu memiliki bekal yang cukup berharga dalam pertemuan kedua ini, yaitu kemenangan 4-0 atas Persebaya pada putaran pertama lalu.

Perkiraan Susunan Pemain

Persebaya (4-2-3-1): Mizwar Saputra; Otavio Dutra, Hansamu Yama Pranata, Ruben Karel Sanadi, Abu Rizal Maulana; Aryn Glen Williams, M. Hidayat; Rendi Irwan, Elisa Basna, Diogo Campos; David Da Silva.

Arema (4-3-3): Kurniawan Kartika Ajie; Alfin Tuasalamony, Hanif Sjahbandi, Johan Alfarizi, Nasir; Hendro Siswanto, Takafumi Akahoshi, Makan Konate; Dendi Santoso, Riky Kayame, Sylvano Comvalius.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Hendi Abdurahman
DarkLight