Piala Super Spanyol

Prediksi Barcelona vs Atletico Madrid, Kans Trofi Pertama Trio MSG

Oleh: Beni Jo - 8 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi semifinal Piala Super Spanyol laga Barcelona vs Atletico Madrid pada Jumat, 10 Januari 2020.
tirto.id - Duel Barcelona vs Atletico Madrid dalam semifinal Piala Super Spanyol 2019/2020 pada Jumat (10/1/2020) akan digelar di Stadion King Abdullah Sport City, Jeddah, Arab Saudi, pukul 02.00 WIB. Meladeni Los Colchoneros, ajang ini menjadi peluang bagi trio MSG, Messi-Suarez-Griezmann, untuk mempersembahkan trofi pertama mereka.

Meski berstatus juara La Liga 2018/2019, Barcelona perlu tampil dalam babak semifinal Piala Super Spanyol 2019/2020. Lantaran gelaran kali ini dibuat dengan format berbeda dan menyajikan empat tim menuju laga puncak.

Lawan yang dihadapi Barca sendiri adalah Atletico Madrid. Pada putaran pertama La Liga 2019/2020 lalu, Blaugrana berhasil mengalahkan Los Colchoneros dengan skor 0-1 dalam laga tandang lewat gol tunggal Lionel Messi.

Andai mampu melewati hadangan Atletico, klub asal Catalunya ini otomatis akan tampil di laga puncak dan akan melawan pemenang antara Real Madrid vs Valencia. Maka, ajang ini menjadi peluang bagi trio MSG untuk meraih trofi perdana pada musim ini.

Di La Liga 2019/2020, MSG memang sangat produktif. Messi sudah menghasilkan total 13 gol dan enam assist dalam 14 laga. Sedangkan Luis Suarez menorehkan 11 gol selama 17 penampilan dan Antoine Griezmann dengan tujuh gol dalam 18 kali duel.

Secara total, MSG menghasilkan 31 gol di La Liga dalam musim perdananya. Maka, pertandingan meladeni Atletico Madrid pun dapat menjadi ajang bagi ketiga pemain untuk menunjukkan kembali ketajamannya demi misi lolos final dan mempersembahkan trofi pertama musim ini.

Namun, Suarez sendiri sebelumnya sempat berujar bahwa timnya perlu meningkatkan level permainan usai ditahan imbang Espanyol dalam laga derbi Catalan pada pekan lalu.

Meski menilai laga melawan tuan rumah tersebut merupakan duel yang cukup sulit, tetapi Barca wajib melakukan evaluasi demi meraih trofi Piala Super Spanyol.

"Kami tahu laga [melawan Espanyol] menjadi pertandingan yang sulit, tetapi kami bakal menghadapi hari-hari penting, peluang untuk memenangkan trofi. Kami harus memperbaiki penampilan saat gelaran Supercopa [Piala Super Spanyol]," beber Suarez, melansir Marca, Senin (5/1).

Sementara, Atletico juga memiliki andalan yang cukup tangguh di bawah mistar gawang demi menghadapi gempuran lawan. Diprediksi, Jan Oblak bakal menjadi batu sandungan terakhir yang tidak akan mudah ditaklukkan oleh trio MSG.

Pekan lalu di La Liga, Oblak sukses membuat dua kali save dari total enam kali tembakan yang dilepaskan oleh pemain Levante saat Atletico menang 2-1 di Wanda Metropolitano.

"..... [Jan] Oblak membuat penyelamatan yang sangat menentukan dan itu yang paling penting. Dia adalah salah satu kapten kami dan dirinya merupakan penjaga gawang terbaik di dunia," ungkap arsitek tim, Diego Simeone, melansir laman resmi klub.

Prediksi Jalannya Pertandingan

Kedua tim berhasil tidak terkalahkan dalam lima penampilan terakhir di semua ajang. Catatan ini menunjukkan bahwa Barcelona dan Atletico Madrid sedang on fire jelang pertemuan ini.

Melesakkan total 10 gol dalam semua laga tersebut menjadi bukti ketajaman Barca. Diprediksi, tim asuhan Ernesto Valverde ini tetap bakal tampil agresif saat meladeni Los Colchoneros.

Sementara, Alvaro Morata dan kolega pun juga mencetak delapan gol dalam lima duel tersebut. Selain itu, catatan clean sheet selama tiga pertandingan pun menjadi kelebihan tersendiri bagi Atletico, dibandingkan sang lawan yang hanya tidak kebobolan dalam satu kali duel saja, yakni saat bermain imbang 0-0 dalam El Clasico jilid pertama musim ini.

Perkiraan Susunan Pemain

Barcelona (4-3-3): Neto; Jordi Alba, Samuel Umtiti, Gerard Pique, Sergi Roberto; Frenkie de Jong, Sergio Busquets, Arturo Vidal; Antoine Griezmann, Luis Suarez, Lionel Messi.

Atletico Madrid (4-4-2): Jan Oblak; Kieran Trippier, Felipe, Jose Gimenez, Renan Lodi; Angel Correa, Saul Niguez, Thomas Partey, Koke; Alvaro Morata, Joao Felix.


Baca juga artikel terkait PIALA SUPER SPANYOL atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Ibnu Azis
DarkLight