Piala Dunia 2018: Alasan Inggris Tak Bawa Joe Hart & Bertrand

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 17 Mei 2018
Dibaca Normal 1 menit
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate menjelaskan faktor yang menyebabkannya tak mengikutsertakan Joe Hart dan Ryan Bertrand untuk Piala Dunia 2018.
tirto.id - Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate telah mengumumkan secara resmi 23 nama pemain yang akan dibawanya untuk gelaran Piala Dunia 2018. Di luar ekspektasi banyak pihak, Southgate tak mengikutsertakan sejumlah nama yang tampil baik pada babak kualifikasi, seperti Ryan Bertrand, Joe Hart, dan Jack Wilshere.

Keputusan Southgate menghadirkan pro kontra tersendiri dari berbagai pihak. Merasa tak ingin komentar yang ada mengganggu persiapan skuatnya, sang pelatih pun memberikan penjelasan.

"Mereka adalah pemain yang bagus dan banyak berkontribusi pada kualifikasi, jadi ini bukan hal yang menyenangkan dari pekerjaan [sebagai pelatih] dan saya merasa penting menghitung kontribusi mereka membawa kami ke Russia," tutur Southgate membuka pernyataannya, seperti dikutip BBC Sport.

Namun, terlepas dari kontribusi apik sejumlah pemain, Southgate harus membuat skala prioritas. Pada posisi penjaga gawang misalnya, ia tak punya pilihan lain karena hanya ada tiga nama yang dapat disertakan ke skuat akhir.

"Dengan Joe, kami memiliki tiga kiper lain yang tampil sangat baik musim ini dan keputusan yang saya hadapi adalah apakah harus tetap membawa Joe yang telah memiliki pengalaman, atau memberi kesempatan pada tiga nama lain yang sebenarnya memiliki musim lebih baik [di level klub]," sambung Southgate.

Tiga nama penjaga gawang selain Hart yang dimaksud Southgate adalah Jordan Pickford (Everton), Jack Butland (Stoke), dan Nick Pope (Burnley). Sebagai catatan, menurut data OptaJoe musim ini Pickford menorehkan 10 cleansheet di ajang Liga Inggris. Statistik tak kalah mentereng dimiliki Butland dan Pope. Pada musim 2017-2018 Butland mencatatkan 144 penyelamatan, sementara Pope memiliki torehan 76,5 persen penyelamatan berhasil di kompetisi domestik.

Untuk posisi Bertrand, pertimbangan yang tak berbeda jauh diakui Southgate. Pada akhirnya Bek asal Southampton itu tidak disertakan ke Russia.

"Ryan [Bertrand] juga sangat tidak beruntung karena sejujurnya dia mungkin pemain terkuat yang kami miliki di posisi bek sayap. Ryan memiliki musim yang baik, tapi saya merasa ada beberapa nama yang lebih baik," tutur Southgate.

Posisi Ryan sendiri bakal diisi pemain muda Liverpool, Trent Alexander-Arnold. Pemain yang berhasil membawa Liverpool melangkah hingga final Liga Champions 2018 itu mengaku sempat terkejut mendapat panggilan dari Southgate. Pasalnya, sebelumnya ia tak menyangka bakal mendapat kesempatan untuk melakoni debut di kompetisi sebesar Piala Dunia.

"Ini merupakan momen luar biasa, untuk mengetahui bahwa saya akan ke Piala Dunia, khususnya di usia muda. Ini mungkin merupakan musim yang benar-benar baik untuk saya," tutur Arnold seperti dikutip situs resmi Liverpool.

Selain Arnold, Southgate memanggil tiga nama lain di posisi bek sayap. Mereka adalah Kyle Walker (Manchester City), Danny Rose (Tottenham), dan Kieran Trippier (Tottenham).

Berikut skuat resmi Timnas Inggris untuk Piala Dunia 2018

Penjaga Gawang: Jack Butland (Stoke), Jordan Pickford (Everton), Nick Pope (Burnley).

Belakang: Trent Alexander-Arnold (Liverpool), Gary Cahill (Chelsea), Fabian Delph (Manchester City), Phil Jones (Manchester United), Harry Maguire (Leicester), Danny Rose (Tottenham Hotspur), John Stones (Manchester City), Kieran Trippier (Tottenham Hotspur), Kyle Walker (Manchester City), Ashley Young (Manchester United).

Tengah: Dele Alli (Tottenham Hotspur), Eric Dier (Tottenham Hotspur), Jordan Henderson (Liverpool), Jesse Lingard (Manchester United), Ruben Loftus-Cheek (Chelsea).

Depan: Harry Kane (Tottenham), Marcus Rashford (Manchester United), Raheem Sterling (Manchester City), Jamie Vardy (Leicester), Danny Welbeck (Arsenal).

Cadangan: Lewis Cook (Bournemouth), Tom Heaton (Burnley), Adam Lallana (Liverpool), Jake Livermore (West Brom), James Tarkowski (Burnley).

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Herdanang Ahmad Fauzan
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Yulaika Ramadhani
* Data diambil dari 20 top media online yang dimonitor secara live
a