Copa America 2019

Peru vs Brasil 0-5, Gareca: Kami Kewalahan Sejak Awal Laga

Oleh: Gilang Ramadhan - 23 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Peru sudah tertinggal 0-3 dari Brasil saat babak pertama berakhir.
tirto.id - Pelatih Peru, Ricardo Gareca mengaku timnya kewalahan sejak awal laga dan bertanggung jawab atas kekalahan memalukan 5-0 timnya saat melawan Brasil dalam laga terakhir Grup A Copa America 2019, Minggu (23/6/2019).

"Kami kewalahan dari awal hingga akhir, kami tidak mengharapkan ini, tetapi itu terjadi, hal yang paling penting adalah memanfaatkan semua yang telah terjadi pada kami ini, meskipun menyakitkan, untuk semua orang yang datang dan untuk kami khususnya ”, kata pelatih asal Argentina pada konferensi pers setelah pertandingan.

"Saya memikul semua tanggung jawab, pemimpin dan adalah orang yang membangkitkan permainan," tambahnya. "Untuk hasil sendiri yang sangat wajar ini, kami harus memikirkan kembali banyak hal."

Pada babak pertama, Peru sudah tertinggal tiga gol. Gol kedua yang terburuk. Kiper Pedro Gallese melakukan sapuan bola yang buruk di area kotak penalti sendiri dan langsung dihukum dengan gol oleh Roberto Firmino.

Peru bisa saja kalah 6-0 andai Pedro Gallese tidak mampu menepis penalti Gabriel Jesus pada injury time pertandingan.

Kekalahan ini membuat Peru terlempar ke posisi tiga klasemen dengan total 4 poin. Sementara di pertandingan Grup A lain, Venezuela berhasil menang 3-1 atas Bolivia dan memastikan lolos ke 8 besar sebagai runner up grup.



Peru hanya dapat berharap lolos ke perempat final sebagai salah satu dari dua peringkat tiga terbaik.

"Kami tidak lagi dapat melakukan apa-apa, jadi kami harus menunggu, ini situasi yang tidak nyaman dan secara logis kami masih memiliki harapan," lanjut Careca.

"Dalam jalur ini ada hambatan, kita harus terus maju, kita harus mengatasi, kita harus mengakomodasi diri kita lagi, adalah satu-satunya hal yang dapat saya analisis, kita harus melihat dan menemukan jalan kembali," katanya.

Apabila Jepang bermain imbang kontra Ekuador, Qatar mampu mengalahkan Argentina atau sebaliknya, Peru dipastikan lolos ke babak 8 besar. Andai seperti itu, Peru akan menghadapi juara Grup C antara Chile dan Uruguay yang masih akan ditentukan pada laga terakhir Selasa (25/6/2019).

Akan tetapi harapan Peru akan sirna jika Qatar dan Jepang mampu meraih kemenangan. Khusus Jepang, tim undangan tersebut minimal harus menang dengan marjin dua gol.

Baca juga artikel terkait COPA AMERICA 2019 atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight