Pep Ingin Tutup Karier Cemerlang David Silva dengan Musim yang Baik

Oleh: Ikhsan Abdul Hakim - 27 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
David Silva mengonfirmasi bakal meninggalkan Manchester City pada akhir musim 2019/2020.
tirto.id - Musim 2019/2020 akan menjadi musim terakhir David Silva memperkuat Manchester City. Gelandang berkebangsaan Spanyol itu akan meninggalkan Stadion Etihad ketika kontraknya berakhir pada akhir musim mendatang, mengakhiri 10 tahun kariernya membela The Citizens.

"Tidak, ini yang terakhir kalinya. Sepuluh tahun sudah cukup untuk saya. Ini adalah waktu yang tepat bagi saya [meninggalkan Manchester City]," ucap Silva dilansir BBC.

"Sebenarnya, City meminta untuk dua tahun, tetapi saya memutuskan untuk bertahan satu musim lagi, jadi saya berakhir [di Manchester City] setelah sepuluh tahun," tambahnya.

Juru taktik Man City, Pep Guardiola meugakn ingin menyenangkan Silva pada tahun terakhirnya. Eks pelatih Barcelona itu menyebut Silva adalah pemain hebat yang sangat membantunya selama mengasuh Sergio Aguero dan rekan-rekan.

"Dia telah menjadi salah satu yang terhebat, tidak hanya di sepak bola Spanyol, tapi di sepak bola Eropa juga. Dia bermain sepuluh tahun di Manchester [City] dan tidak mudah untuk bermain di Liga [Inggris], bahkan untuk seseorang dengan kapasitas sepert dia," ucap Pep dilansir SkySports.

"Kami punya setahun laga dan saya harap kami bisa bersama-sama melakoni tahun baik yang lain," tambah pelatih berusia 48 tahun tersebut.

Silva didatangkan dari Valencia dengan mahar 21 juta paun pada musim 2010/2011 silam. Di musim perdananya, gelandang kreatif itu total bermain 53 kali, mencetak enam gol dan 14 assist. Hingga akhir musim 2018/2019, Silva total bermain dalam 396 pertandingan bersama The Citizens, mencetak 71 gol dan 129 assist.

Pada musim 2018/2019, Silva masih menjadi andalan Pep Guardiola di lini tengah. Kendati sudah berumur 33 tahun, visi mengumpan dan kemampuan olah bola Silva masih diandalkan City. Cedera panjang Kevin De Bruyne pun membuat pemain dengan 129 caps bersama Spanyol itu lebih sering dimainkan Guardiola.

Di Liga Inggris musim ini, eks pemain Valencia tersebut membantu The Citizens meraih gelar keenamnya. Di kasta tertinggi sepakbola Inggris, Silva berkontribusi dalam 33 pertandingan bersama City, mencetak enam gol, delapan assist, dan menorehkan 2015 umpan.

Musim ini, gelandang berusia 33 tahun itu total bermain dalam 50 pertandingan di semua kompetisi, mencetak 10 gol dan 15 assist. Pemain berjuluk El Mago ini pun mencetak gol pembuka dalam kemenangan 6-0 City atas Watford di final Piala FA lalu.

Sembilan tahun karier Silva di Stadion Etihad pun tergolong gemilang. Pemain yang identik dengan nomor punggung 21 itu mempersembahkan empat gelar Liga Inggris, dua Piala FA, empat Piala Liga, dan dua Community Shield selama membela The Citizens.


Baca juga artikel terkait BURSA TRANSFER PEMAIN atau tulisan menarik lainnya Ikhsan Abdul Hakim
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Ikhsan Abdul Hakim
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Ikhsan Abdul Hakim