Menuju konten utama

Penyebab Tidak Mendapat Email Saat Registrasi Akun SPAN PTKIN

Berikut informasi penyebab peserta tidak mendapat email saat registrasi akun SPAN PTKIN 2025 lengkap dengan problem dan cara mengatasinya secara cepat.

Penyebab Tidak Mendapat Email Saat Registrasi Akun SPAN PTKIN
Ilustrasi SPAN PTKIN. foto/istockphoto

tirto.id - Pendaftaran SPAN PTKIN 2025 telah dibuka sejak 10 Februari 2025. Namun, dalam prosesnya terdapat permasalahan mengenai akun siswa yang tidak mendapatkan konfirmasi email. Lantas, apa penyebabnya? Bagaimana cara mengatasinya?

Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) menjadi salah satu jalur seleksi yang dilaksanakan oleh seluruh PTKIN di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag).

Jalur seleksi ini dapat diikuti oleh siswa yang berasal dari MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah/Mu’adalah Muallimin/Mu’adalah Salafiyah. Salah satu yang menjadi pertimbangan mendaftar SPAN PTKIN ialah hasil capaian prestasi akademik siswa.

Seleksi ini diikuti oleh 59 PTKIN dengan 1.131 program studi dengan daya tampung 66.796 mahasiswa. Berdasarkan data yang ada saat ini sebanyak 11.822 sekolah telah melakukan finalisasi di PDSS.

Melalui beberapa laporan disebutkan, terdapat permasalahan yang kerap ditemui peserta, seperti tidak munculnya email saat registrasi SPAN PTKIN 2025. Berikut ini akan diinformasikan mengenai penyebab dan cara mengatasi permasalahan tersebut.

Penyebab Tidak Mendapat Email Saat Registrasi Akun SPAN PTKIN

Beberapa peserta kerap mengalami kendala pendaftaran SPAN PTKIN, terutama dalam hal tidak mendapatkan konfirmasi email. Kendala ini tentu dapat menjadi kekhawatiran bagi peserta, karena dikhawatirkan memengaruhi proses pendaftaran peserta itu sendiri.

Berikut ini akan disampaikan faktor yang menjadi penyebab email konfirmasi peserta SPAN PTKIN 2025 tidak muncul, berikut selengkapnya:

1. Salah Ketik Alamat Email

Tidak menerima email username akun bisa jadi karena salah ketik ketika mengisikan alamat email ketika registrasi akun. Sehingga hal tersebut berpengaruh pada proses pengiriman email konfirmasi.

2. Email Tidak Aktif dan Penuh

Peserta juga perlu memerhatikan status keaktifan email, karena hal ini tentu sangat memengaruhi proses pengiriman dan penyampaian pesan. Selain itu, pastikan juga ruang penyimpanan email masih tersedia, sehingga pesan baru bisa masuk.

3. Server Error

Sistem yang eror juga turut memengaruhi proses konfirmasi data peserta melalui email. Jika hal ini terjadi besar kemungkinan data yang sudah diinput tidak akan masuk ke dalam sistem.

Cara Mengatasi Tidak Mendapat Email Saat Registrasi Akun SPAN PTKIN

Hal yang perlu menjadi perhatian bagi peserta saat mengalami kendala ialah tetap cermat untuk mengikuti setiap tahapan. Peserta dapat memerhatikan informasi di bawah ini jika tidak mendapat email saat regostrasi akun SPAN PTKIN, berikut informasi selengkapnya:

1. Pastikan Email yang Digunakan Benar dan Aktif

Jika peserta sudah memastikan alamat email benar dan aktif tetapi masih belum menerima email username maka peserta dapat menggunakan fasilitas Lupa Password dengan mengisikan NISN, Tanggal Lahir, dan email yang benar.

2. Pastikan Email yang Digunakan Aktif dan Tidak Penuh

Pastikan email yang digunakan aktif dan ruang penyimpanan masih tersedia. Silahkan menghapus email-email yang dirasa tidak perlu agar email baru bisa kembali masuk.

3. Daftar Ulang Kembali Jika Karena Server Error

Jika dirasa kendala terjadi karena kesalahan sistem, maka peserta dapat melakukan daftar ulang kembali dengan email yang telah digunakan sebelumnya.

Baca juga artikel terkait EDUKASI DAN AGAMA atau tulisan lainnya dari Indyra Yasmin

tirto.id - Edusains
Kontributor: Indyra Yasmin
Penulis: Indyra Yasmin
Editor: Wisnu Amri Hidayat