Pengumuman SIMAK UI 2019 S1 Internasional hingga S3 pada 5 Agustus

Oleh: Yantina Debora - 3 Agustus 2019
Hasil SIMAK S1 internasional, S2, Profesi hingga S3 Universitas Indonesia bakal diumumkan pada 5 Agustus 2019
tirto.id - Pengumuman hasil SIMAK Universitas Indonesia (UI) untuk S1, S2, Profesi, Spesialis dan S3 bakal diumumkan pada 5 Juli 2019 pukul 14.00 WIB.

Dikutip adri situs UI, hasil SIMAK bakal diumumkan melalui portal https://penerimaan.ui.ac.id/.

Dalam pengumuman SIMAK itu, UI akan menyampaikan hasil seleksi masuk untuk S1 Kelas Internasional, S1 untuk lulus D3, S2, Profesi, Spesialis, Spesialis 2 dan S3.

Kuota Jalur Penerimaan untuk S1 Kelas Internasional UI adalah 60 persen (melalui SIMAK UI) dan 40 persen (Talentscouting UI).

Sebelumnya, UI sudah mengumumkan hasil SIMAK untuk program Vokasi, S1 Reguler dan S1 Paralel pada 31 Juli 2019.


Dalam penerimaan mahasiswa baru di UI, prodi Ilmu Hukum menjadi favorit dengan jumlah pendaftar terbanyak yaitu 6.302 orang.

SIMAK UI merupakan program seleksi mahasiswa UI yang diselenggarakan oleh UI untuk semua program pendidikan dari jenjang Vokasi, Sarjana (S1) Kelas Reguler, Paralel, hingga Doktoral (S3).

Mahasiswa yang diterima melalui jalur SIMAK UI membayar biaya pendidikan sesuai dengan program pendidikan berdasar SK Rektor.

Biaya pendidikan ditetapkan berdasar program pendidikan, bukan berdasar jalur masuk. Perbedaan biaya pendidikan antar program pendidikan secara umum adalah, biaya pendidikan S1 Reguler bebas uang pangkal sedangkan Vokasi (D3), S1 Paralel dan S1 Kelas Internasional dibebankan uang pangkal pada saat pertama kali diterima.

Baca juga artikel terkait SIMAK UI atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
DarkLight