Penggusuran Taman BMW

Petugas tampak meredam emosi salah satu warga pada penggusuran Taman BMW, Jakarta Utara, Selasa (1/8). tirto.id/Arimacs Wilander
4 Agustus 2017
Lahan yang terletak di Kelurahan Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara, itu punya nama yang elok: Taman Bersih, Manusiawi, Berwibawa—biasa disingkat menjadi Taman BMW.
Pada 1 Agustus 2017, ia berubah menjadi hamparan puing-puing. Hancur lebur, menyedihkan, dan jauh dari kesan hidup. Sekitar 300 "bangunan liar" di kawasan itu telah dirobohkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, yang dikawal pasukan Satpol PP, Polisi, dan TNI.

Lahan seluas 66,6 hektare itu dikelilingi tembok setinggi 4 meter. Tetapi ratusan warga, yang umumnya bekerja sebagai pemulung dan sopir, mendirikan tempat tinggal berupa bangunan semi permanen atau sekadar memanfaatkan peti-peti kemas bekas.

Usai penggusuran, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan segera membangun posko-posko keamanan, sembari menunggu jadwal pembangunan stadion yang telah dicanangkan sejak masa pemerintahan Gubernur Joko Widodo.

Foto dan Teks: Arimacs Wilander