Serie A

Pelatih Torino, Mazzarri, Kritik Kebijakan Pemain Muda di Serie A

Oleh: Gilang Ramadhan - 18 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Walter Mazzarri merasa kebijakan pemain muda klub-klub Serie A dari akademi harus dikembangkan demi perkembangan pemain muda Italia.
tirto.id - Pelatih Torino, Walter Mazzari, merasa klub-klub di Serie A wajib memiliki setidaknya empat atau lima pemain muda dari akademi. Untuk saat ini, klub-klub Serie A dibolehkan mendaftar maksimal 25 pemain tanpa menghitung para pemain yang berada di bawah umur 21 tahun. Menurut mantan pelatih Watford itu, jumlah tersebut lebih baik dikurangi demi mempromosikan pemain-pemain muda Italia.

“Ada kecenderungan klub-klub Italia untuk membangun skuad tanpa memikirkan pengembangan para pemain, misalnya untuk kepentingan skuat Primavera,” kata Mazzarri di acara Golden Foot pada (17/12) dikutip dari football italia. “Sebagai contoh, kami menemukan diri kami harus membawa para pemain pinjaman ke laga pra-musim dan itu menutup jalan tiga atau empat pemuda yang saya inginkan tinggal bersama kami. Terkadang ketika ada siklus baru dan jalur baru, hal tersebut tidak dipertimbangkan."

Mantan pelatih Napoli tersebut juga menilai para pemain muda akan lebih mendapat manfaat jika diberi kesempatan bermain ataupun berlatih dengan tim utama. Selain itu, para pemain muda juga akan lebih termotivasi untuk berkembang lebih baik dengan bimbingan pelatih senior.

"Ini jelas merupakan motivasi, dan kami Pelatih dapat memberi mereka sesuatu yang lebih dari apa yang mereka pelajari di sektor pemuda. Menurut saya, Anda harus membuat skuad berisi 22 pemain dengan empat atau lima pemain Primavera yang, berlatih dengan tim pertama, dapat tumbuh dan berlatih bersama para juara," tandas pelatih berusia 57 tahun itu.



Mazzarri memulai karir kepelatihannya bersama tim Serie C2, Acireale pada musim 2001/2002 sebelum sukses membawa Livorno promosi dari Serie B ke Serie A pada musim 2003/2004. Prestasi terbaik Mazzari terjadi ketika mengasuh Napoli periode 2009-2013 dengan mengantarkan Il Partenopei menjuarai Coppa Italia 2011/2012 dan runner up Serie A di musim yang sama.

Hingga pekan 16 Liga Italia Serie A 2018/2019, Torino arahan Mazzari masih menghuni posisi 11 dengan koleksi 22 poin. Torino hanya berjarak 3 poin dari peringkat 5 klasemen yang dihuni oleh Lazio. Granata sukses meraih 5 kemenagan, 7 kali hasil imbang dan hanya menelan 4 kekalahan dari 16 pertandingan Serie A musim ini.

Baca juga artikel terkait LIGA ITALIA atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Gilang Ramadhan