Panduan Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021: Alur & Cara Buat Akun

Oleh: Maria Ulfa - 7 April 2021
Dibaca Normal 2 menit
Pendaftaran sekolah kedinasan tahun 2021 dijadwalkan akan dibuka pada 9 April mendatang.
tirto.id - Pendaftaran sekolah kedinasan tahun 2021 dijadwalkan akan dibuka pada 9 April mendatang.

Pendaftaran ini dilakukan secara online melalui laman sscasn.bkn.go.id, dengan memilih menu Dikdin atau melalui dikdin.bkn.go.id.

Sekolah Kedinasan adalah perguruan tinggi negeri yang dikelola oleh instansi pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan.

Syarat Masuk Sekolah Kedinasan 2021


Terdapat sejumlah dokumen utama yang harus dipenuhi pelamar sebagai persyaratan mendaftar Sekolah Kedinasan 2021.

Mengutip "Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021 yang dirilis oleh BKN" dokumen-dokumen tersebut antara lain:
  1. Kartu Keluarga Kartu Tanda Penduduk ( KTP).
  2. Ijazah Rapor SMA sederajat.
  3. Pas foto.
  4. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar.

Alur dan Tata Cara Masuk Sekolah Kedinasan 2021

Informasi alur pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2021 adalah sebagai berikut:

1. Pelamar mengakses portal SSCASN di alamat https://sscasn.bkn.go.id.

2. Membuat akun SSCN Sekolah Kedinasan 2021 dan mencetak Kartu Informasi Akun.

3. Login ke SSCN Sekolah Kedinasan dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan

4. Upload swafoto, memilih Sekolah Kedinasan, melengkapi nilai, upload berkas dan melengkapi biodata.

5. Mengecek resume dan mencetak kartu pendaftaran.

6. Verifikator instansi melakukan verifikasi data dan berkas pelamar yang telah masuk.

7. Pelamar login ke SSCN, mengecek status kelulusan verifikasi administrasi.

8. Pelamar mendapatkan kode billing dan melakukan proses pembayaran (bagi pelamar yang lulus verifikasi). Aturan mengenai pembayaran silahkan cek di sekolah kedinasan terkait.

9. Mencetak kartu ujian di SSCN setelah pembayaran diterima dan dikonfirmasi oleh sistem.

10. Mengikuti proses seleksi sesuai dengan ketentuan instansi.

11. Informasi status kelulusan pelamar akan diumumkan oleh panitia seleksi Sekolah Kedinasan instansi dapat dilihat di SSCN.

Secara lengkap, alur pendaftaran Sekolah Kedinasan dapat dilihat lewat file Dikdin dan bisa diunduh lewat tautan berikut ini.

Cara Buat Akun di SSCN


Untuk membuat akun di SSCN, pelamar harus mengakses laman https://sscasn.bkn.go.id. Apabila pelamar sudah siap untuk mendaftar, langkah-langkahnya adalah:

1. Klik “Registrasi” atau “Daftar” di laman SSCASN.

2. Masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

3. Masukan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga yang tercantum pada Kartu Keluarga.

Apabila pelamar tidak bisa mendaftar terkait data NIK dan Nomor Kartu Keluarga, silahkan hubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sesuai dengan KTP pelamar bukan ke instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

4. Nama lengkap sesuai KTP.

5. Tanggal lahir sesuai KTP.

6. Kabupaten/Kota sesuai KTP.

7. Masukan kode captcha yang terlampir.

8. Setelah data di atas dimasukan, klik “Lanjutkan”. Bila data sesuai maka akan tampil form Pendaftaran Akun SSCASN Sekolah Kedinasan seperti gambar di bawah ini.

9. Lengkapi data-data yang terdapat pada form di atas dengan benar. Data yang perlu diisi terdiri dari data :

a) Alamat
b) Tempat Lahir
c) Tanggal Lahir
d) Jenis kelamin
e) Email
f) Password (Harap catat dan simpan password Anda karena akan digunakan untuk login)
g) Konfirmasi Password
h) Pertanyaan Pengaman 1
i) Jawaban Pengaman
j) Pertanyaan Pengaman 2
k) Jawaban Pengaman
l) Masukan kode captcha yang tampil di layar

10. Upload pas foto dengan latar belakang merah dalam format JPG minimal 120 kb maksimal 200 kb.

11. Pastikan Anda mengisi semua data dengan benar dan lengkap.

12. Selanjutnya klik “Lanjutkan”.

13. Halaman Pendaftaran Akun SSCASN, cek kembali data Anda jika ada yang perlu diperbaiki klik “Kembali” dan jika sudah benar klik “Proses Pendaftaran Akun”.

Setelah itu, halaman pemberitahuan bahwa pembuatan akun SSCASN Sekolah Kedinasan 2021 berhasil, klik “Cetak Informasi Pendaftaran” untuk mencetak Kartu Infromasi Akun sebagai bukti bahwa pelamar berhasil membuat akun.

14. Simpan kartu tersebut dengan baik.

15. Klik “Lanjutkan Login Pendaftaran” untuk ke form berikutnya.

16. Kemudian, login ke https://dikdin.bkn.go.id menggunakan info akun Anda yang telah terdaftar.

17. Masukan NIK dan password yang telah Anda daftarkan lalu akan tampil halaman form untuk mengisi biodata peserta.

18. Lanjutkan dengan pengisian biodata Anda.


Baca juga artikel terkait SEKOLAH KEDINASAN 2021 atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Maria Ulfa
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight