One Piece 948: Kawamatsu Muncul, Identitas Kiku Terungkap

Oleh: Fitra Firdaus - 5 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Di One Piece Chapter 948, Kawamatsu akhirnya terbebas dari penjara. Identitas asli Kiku juga terungkap.
tirto.id - Manga One Piece Chapter 948, "Kappa no Kawamatsu' Tōjō" akan dirilis pada Senin (8/7/2019). Dalam chapter ini, identitas Kiku yang sebenarnya terungkap, bahwa ia adalah samurai bernama Kikunojo. Sementara itu, wajah Kawamatsu sang Kappa akhirnya ditampilkan.

Perjalanan Bajak Laut Topi Jerami dalam mencari One Piece, harta karun milik Gol D. Roger, berlanjut hingga ke Negeri Wano. Luffy Si Topi Jerami, kapten bajak laut tersebut, terperangkap di Penjara Udon. Namun, teman-temannya yang berafiliasi dengan pengikut Momonosuke Kozuki datang untuk membebaskannya.

Pada Chapter 947, kekacauan di Penjara Udon mencapai puncaknya dengan kemunculan Big Mom, salah satu Yonko (Kaisar Lautan). Namun, ketika Big Mom sudah pulih dari amnesia, ia justru tertidur. Hal ini membuat Queen, penguasa Udon, bertindak cepat.

Queen membawa Big Mom yang tidak sadarkan diri ke Onigashima, tempat Kaido, jenderal Bajak Laut Beast, bersemayam. Tetapi, keputusan Queen meninggalkan Udon sementara waktu, membawa konsekuensi tersendiri.

Di Chapter 948, Luffy Si Topi Jerami terbebas dan siap mengamuk di penjara. Namun, Babanuki yang ditunjuk untuk menjaga Udon, memanfaatkan jiwa para tahanan yang sudah hancur. Babanuki menghasut tahanan untuk menangkap Luffy, karena orang-orang ini tidak punya pilihan lagi.

Saat ini, penguasa Negeri Wano adalah Orochi dan Kaido. Hendak kabur kemanapun, para tahanan ini akan bernasib sama. Mereka juga trauma dengan kekalahan dari Kaido 20 tahun lalu. Para tahanan ini tidak yakin Luffy bisa mengalahkan sosok mengerikan seperti Kaido.

Dari chapter inilah terungkap "rahasia" julukan Queen Sang Wabah (Ekisai no Kuin). Ternyata, salah satu tangan kanan Kaido ini hobi menciptakan senjata dan penyakit menular. Wakil kepala sipir, Daifugo, melepaskan peluru yang menularkan wabah kepada tahanan yang ditembak.

Dalam situasi terdesak, Luffy mendapatkan bantuan lain. Kawamatsu yang selama 13 tahun ada di dalam penjara, akhirnya terbebas. Menyantap ikan beracun bertahun-tahun tak membuat semangat Kawamatsu hancur. Apalagi berkat Raizo, dia bisa menggunakan pedang kesayangannya, Soto Musou.

Tidak hanya Kawamatsu yang bergabung dengan Luffy, tetapi juga Raizo dan Kiku. Tampilnya Kiku dengan topeng oni, membuat semua orang sadar siapa dirinya. Kiku bukanlah perempuan, melainkan lelaki, samurai bernama Kikunojo, atau juga dikenal sebagai Zansetsu no Kikunojo.

Sebenarnya, petunjuk bahwa Kiku adalah seorang pria sudah diungkapkan oleh Eiichiro Oda. Pada Chapter 914, "Okobore-cho" Kiku menyebut dirinya dengan kata "sessha", kata ganti "aku" yang biasa digunakan oleh para samurai pria.

Nama Kikunono sendiri mungkin saja terinspirasi dari Segawa Kikunojo, nama yang pernah digunakan oleh onnagata, atau aktor pria yang memainkan peran sebagai wanita di teater Kabuki.

Sementara itu, dari Chapter 948, Raizo diketahui sebagai rival utama Fukurokuju sebagai ninja. Fukurokuju adalah kapten Orochi Oniwabanshu, yang melayani Kurozumi Orochi.

Berkumpulnya Luffy, Raizo, Kiku, Kawamatsu, ditambah Kakek Hyo yang sebenarnya adalah Hyogoro Sang Bunga, yakuza ternama di Negeri Wano, membuat peluang Udon hancur berantakan semakin besar. Kekacauan di tempat tersebut juga bakal menjadi latihan yang bagus untuk Luffy sebelum pertarungan sesungguhnya melawan Kaido di Onigashima.

Catatan penting lain dari Chapter 948 adalah, terungkapnya tokoh-tokoh dari Bajak Laut Firetank yang selamat usai pertempuran di Whole Cake Island. Mereka ada dalam sampul chapter ini, dengan judul "Pelarian yang Sukses". Tampak Capone Bege, Charlotte Chiffon, Vito, Gotti, dan Pez berlayar dengan Tarte 25.




One Piece adalah serial manga karya Eiichiro Oda yang chapter demi chapternya diterbitkan oleh Weekly Shonen Jump. Hingga saat ini, manga tersebut sudah mencapai 947 chapter dan 93 tankobon (volume). Pada 2019, One Piece sudah terjual lebih dari 450 juta kopi di seluruh dunia.

Baca juga artikel terkait ONE PIECE atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Film)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight