Menuju konten utama

Modul Projek Bhinneka Tunggal Ika Kurikulum Merdeka Fase D SMP

Berikut contoh modul projek tema Bhinneka Tunggal Ika fase D beserta penjelasan dimensi dan elemennya.

Modul Projek Bhinneka Tunggal Ika Kurikulum Merdeka Fase D SMP
Ilustrasi Dokumen. foto/istockphoto

tirto.id - Salah satu tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMP atau Fase D (kelas 7-9) adalah Bhinneka Tunggal Ika. Untuk menyiapkan projek tema ini, para pengajar di SMP perlu merancang dan membuat Modul P5 Bhinneka Tunggal Ika Fase D.

Modul Proyek P5 merupakan dokumen yang berisi tujuan, langkah, media pembelajaran, hingga asesmen untuk pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Pembuatan perangkat ajar ini diawali dengan analisis kondisi dan kebutuhan peserta didik (asesmen diagnostik), kemudian pemilihan dimensi Profil Pelajar Pancasila yang hendak dicapai.

Saat menyusun dokumen semacam Modul Projek Bhinneka Tunggal Ika Fase D, pengajar pun perlu melakukan kontekstualisasi tema. Tujuannya agar kegiatan proyek bisa sesuai dengan karakteristik peserta didik dan memenuhi elemen Bhinneka Tunggal Ika dalam P5.

Maka, guru perlu memahami elemen tema P5 ini. Guru juga dapat melihat contoh Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Bhineka Tunggal Ika yang bisa diunduh via link di bawah.

Tema Modul Projek P5 Bhineka Tunggal Ika Fase D

Bhinneka Tunggal Ika merupakan salah satu tema utama Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD/SMP/SMA/Sederajat. Tema ini bisa memuat beberapa dimensi P5 beserta elemen-elemennya.

Agar para guru lebih memahami tema ini modul P5 Bhinneka Tunggal Ika Fase D, berikut penjelasan singkatnya:

1. Deskripsi Bhineka Tunggal Ika P5 Kurikulum Merdeka

Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan negara Republik Indonesia. Dari segi artinya, yakni berbeda-beda tetapi tetap satu jua, semboyan ini menggambarkan kondisi negara Indonesia yang mempunyai masyarakat beragam. Sebagai bangsa, Indonesia terdiri atas beragam budaya, agama, suku, dan kelompok.

Proyek P5 tema Bhinneka Tunggal Ika diharapkan dapat mendorong peserta didik agar mengenal serta mempromosikan budaya anti-kekerasan, perdamaian, dan dialog penuh hormat tentang keberagaman.

Melalui projek P5 tema Bhinneka Tunggal Ika juga diarahkan mendorong peserta didik memahami perspektif berbagai budaya dan keyakinan secara kritis dan reflektif. Peserta didik juga didorong menelaah

Peserta didik juga didorong mempelajari perspektif berbagai agama dan kepercayaan, secara kritis dan reflektif. Melalui tema proyek yang sama, peserta didik diharapkan dapat menelaah berbagai stereotip negatif dan dampaknya terhadap fenomena konflik dan aksi kekerasan.

2. Kontekstualisasi Tema Bhinneka Tunggal Ika di P5

Kontekstualisasi tema-tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila perlu dilakukan oleh guru sebelum menyusun modul proyek P5. Tujuannya agar projek P5 dapat sesuai dengan karakteristik peserta didik dan lingkungan sekitar mereka.

Contoh kontekstualisasi tema P5 Bhinneka Tunggal Ika adalah membuat proyek menelaah masalah keberagaman di lingkungan sekitar serta menelaah potensi solusinya. Contoh lainnya, membuat proyek untuk menghormati serta merayakan keberagaman di sekolah.

3. Tujuan P5 Tema Bhinneka Tunggal Ika

Tujuan projek P5 menjadi salah satu komponen modul proyek. Rumusan tujuan P5 dapat bervariasi sesuai dengan jenis proyek.

Contoh, tujuan P5 tema Bhinneka Tunggal Ika dengan tajuk merayakan keberagaman di kehidupan sehari-hari adalah:

Mendorong peserta didik memahami sekaligus mempraktikkan nilai-nilai perdamaian di kehidupan sehari-hari dengan: (1) Memahami dan menghilangkan hambatan perdamaian berupa prasangka; dan (2) membangun pemahaman dan penghargaan pada keragaman.

4. Dimensi dan Elemen Bhinneka Tunggal Ika

Tema P5 Bhinneka Tunggal Ika perlu dirancang untuk mencapai dimensi Profil Pelajar Pancasila dan elemen-elemennya. Di setiap modul projek, termasuk modul P5 Bhinneka Tunggal Ika Fase D, ada komponen penjelasan jenis dimensi ini beserta elemennya.

Profil Pelajar Pancasila mencakup enam dimensi. Saat merancang modul projek, guru bisa mengidentifikasi dimensi dan elemen hingga subelemen yang sesuai dengan jenis proyek.

Sebagai contoh, Tema P5 Bhinneka Tunggal Ika untuk proyek 'merayakan keberagaman di sekolah' dapat terkait dengan dua dimensi Profil Pelajar Pancasila berikut:

a. Dimensi 1: Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia

  • Elemen: Akhlak kepada manusia
  • Subelemen: Mengutamakan persamaan dan menghargai perbedaan; dan Berempati kepada orang lain yang berbeda.

b. Dimensi 2: Berkebhinekaan Global

  • Elemen:
    • Mengenal dan menghargai budaya
    • Komunikasi dan interaksi antar budaya
    • Refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebhinekaan
  • Subelemen:
    • Mendalami budaya dan identitas budaya
    • Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta prakteknya
    • Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya
    • Berkomunikasi antar budaya
    • Mempertimbangkan berbagai perspektif
    • Menghilangkan stereotip dan prasangka
    • Menyelaraskan perbedaan budaya.

Link Unduh Modul Projek P5 Bhineka Tunggal Ika Fase D

Untuk mempermudah proses menyusun modul projek Bhinneka Tunggal Ika Fase D, para guru bisa mencermati dulu sejumlah contoh dokumennya.

Berikut beberapa link download modul P5 Bhinneka Tunggal Ika Fase D:

1. Contoh Modul P5 Bhinneka Tunggal Ika Fase D

2. Contoh Modul projek Bhinneka Tunggal Ika Fase D

3. Kumpulan Modul P5 Bhinneka Tunggal Ika Fase D

4. Kumpulan Modul projek Bhinneka Tunggal Ika Fase D

Baca juga artikel terkait MODUL AJAR atau tulisan lainnya dari Ririn Margiyanti

tirto.id - Edusains
Kontributor: Ririn Margiyanti
Penulis: Ririn Margiyanti
Editor: Yulaika Ramadhani
Penyelaras: Addi M Idhom