Mengenal Zhongtong yang Dipakai Jadi Bus TransJakarta

Oleh: Destri Ananda Prihatini - 17 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
bus TransJakarta yang bermerek Zhongtong sempat dihentikan operasionalnya sebab Gubernur DKI Jakarta saat itu, Basuki Tjahaja Purnama (BTP), menilai bus-bus asal China tak layak jalan berdasarkan rentetan kasus kebakaran dan mogok yang terjadi.
tirto.id - PT Transportasi Jakarta secara resmi kembali mengoperasikan bus TransJakarta yang bermerek Zhongtong sebanyak 21 unit sejak Jumat (11/10/2019) lalu. Bus ini buatan China yang sebelumnya pernah terbakar pada 2015. Keputusan penggunaan kembali bus Zhongtong menuai kontrovesi dari berbagai pihak termasuk masyarakat.

Seperti dilansir dari Antara, bus ini sempat dihentikan operasionalnya sebab Gubernur DKI Jakarta saat itu, Basuki Tjahaja Purnama (BTP), menilai bus-bus asal China tak layak jalan berdasarkan rentetan kebakaran hingga mogok yang terjadi.

Bus TransJakarta dengan marek Zhongtong diputuskan kembali beroperasi atas dasar masa kontrak kerja sama Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) yang belum tuntas.

Mengenal Bus Zhongtong

Zhongtong Bus Holding Co, Ltd adalah salah satu produsen bus paling awal yang terdaftar di China dengan total aset 12 miliar Renminbi serta 592.900.000 saham.

Zhongtong Bus Holding Co, Ltd merupakan perusahaan bisnis bus terkemuka di China yang telah memproduksi bus lebih dari 40 tahun. Sebagai perusahaan yang memiliki pengalaman selama bertahun-tahun di bidang teknologi bus, Zhongtong mengklaim memperhatikan keselamatan, hemat energi, dan teknologi energi baru untuk bus dengan lebih dari 100 paten penelitian dan 30 standar negara.

Zhongtong juga telah memperoleh lebih dari 50 penghargaan domestik dan internasional, sehingga mendorong kemajuan industri bus China dengan kuat. Bus Zhongtong telah membantu menyediakan layanan untuk kegiatan penting bertaraf internasional seperti Beijing Olympic Games, 11th National Games of China, dan Xi’an International Horticultural Exposition pada 2011.

Bus Zhongtong merupakan perusahaan yang berkomitmen untuk berkembang dan berinovasi. Pada masa kini, bus Zhongtong memperkenalkan teknologi manufaktur bus Eropa yang canggih dan mengembangkan serangkaian produk bus yang memimpin industri bus Tiongkok.

Teknologi bus itu mencakup bus jalan raya, bus umum, bus wisata, bus sekolah, RV, termasuk bus cahaya 5,5m hingga 18m bus mewah, 13 seri, dan dengan total 260 model.

Produk-produk yang diproduksi oleh Zhongtong memiliki daya saing pasar yang kuat dan reputasi yang baik di pasar.

Produk Zhongtong telah diekspor ke lebih dari 90 negara. Dalam beberapa tahun terakhir, Zhongtong Bus telah tumbuh lebih dari 30 persen dengan perkembangan yang berkelanjutan, cepat dan sehat.

Produsen bus besar asal China termasuk Zhongtong Bus Holding Co Ltd secara masif mendorong penjualan produknya ke luar negeri. Menurut English Mofcom, Zhongtong Bus menjual dengan biaya keuntungan 30 hingga 50 persen lebih rendah dari para pesaing global seperti Volvo AB dan model DaimerChrysler AG dari Mercedes-Benz kepada pelanggan potensial.

Saat ini Zhongtong Bus telah berkembang menjadi salah satu perusahaan bus paling kuat dan kompetitif. Zhongtong Bus juga berkomitmen untuk membangun klaster industri bus hijau terkemuka dunia.

Zhongtong berupaya melihat ke masa depan dengan menghadirkan produk-produk yang menggunakan energi baru dan berkontribusi dalam transformasi transportasi hijau di dunia.


Baca juga artikel terkait TRANSJAKARTA atau tulisan menarik lainnya Destri Ananda Prihatini
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Destri Ananda Prihatini
Penulis: Destri Ananda Prihatini
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight