tirto.id - Riset Pemasaran merupakan salah satu materi yang dipelajari siswa SMK Kelas 10 jurusan Pemasaran dalam Kurikulum Merdeka. Materi Riset Pemasaran melingkupi bahasan terkait pengertian menurut para ahli, tujuan, tahapan, serta metode riset pemasaran.
Ringkasan materi Riset Pemasaran yang akan disajikan di bawah ini juga mencakup contoh konkret penerapannya di lapangan.
Contoh konkret yang dipaparkan berikut ini akan membantu siswa dalam memahami materi Riset Pemasaran.
Apa Itu Riset Pemasaran Menurut para Ahli?
Riset pemasaran (marketing research) adalah proses pengumpulan dan analisis pasar secara sistematis.
Hasil data pengamatan dari pasar nantinya berguna mendukung pengambilan keputusan pemasaran yang lebih efektif.
Selain definisi umum di atas, terdapat beberapa pengertian riset pemasaran menurut para ahli.
1. Pengertian riset pemasaran menurut Philip Kotler
Menurut Philip Kotler, riset pemasaran adalah suatu perancangan, pengumpulan, analisis, dan pelaporan yang sistematis dari data atau berbagai penemuan yang relevan dengan adanya situasi pemasaran tertentu yang telah dihadapkan oleh perusahaan.2. Pengertian riset pemasaran menurut American Marketing Association
American Marketing Association adalah asosiasi untuk para pemasar profesional, yang telah berdiri sejak 1937.Menurut American Marketing Association, riset pemasaran adalah fungsi yang menghubungkan konsumen pelanggan dan publik dengan pemasar melalui informasi, digunakan untuk mengidentifikasi dan mendefinisikan peluang dan masalah pemasaran; menghasilkan, menyempurnakan, dan mengevaluasi upaya pemasaran; memantau kinerja pemasaran; serta memperbaiki pengertian pemasaran sebagai suatu proses.
3. Pengertian riset pemasaran menurut Robby Susatyo
Pengertian riset pemasaran juga disampaikan oleh Robby Susatyo. Menurutnya, pemasaran merupakan suatu pengindentifikasian yang lebih objektif dan tersistematis, yang akan dilanjutkan melalui pengumpulan, analisis, dan perangkaian beberapa informasi. Tujuannya adalah memperbaiki pengambilan keputusan yang masih berkaitan dengan solusi permasalahan dan penentuan berbagai peluang dalam proses pemasaran.Apa Tujuan dari Riset Pemasaran
Secara sederhana, tujuan riset pemasaran adalah mendapatkan informasi guna mendukung berbagai pengambilan keputusan untuk pemasaran yang lebih efektif.
Doman, dkk dalam buku Market Research Made Easy menuliskan empat tujuan riset pemasaran menurut majalan American Demographics sebagai berikut:
1. Menganalisis pasar
Riset pemasaran membantu dalam menghitung potensi baik dari produk produk, jasa, hingga usaha baru.2. Menganalisis respon pasar terhadap suatu produk atau jasa
Riset pasar membantu memperhitungkan potensi produk atau jasa di suatu pasar.3. Menganalisis efektivitas iklan atau promosi
Riset pasar membantu pemilihan iklan atau promosi yang dibutuhkan dalam upaya meningkatkan minat masyarakat terhadap produk atau jasa tertentu.4. Menyusun strategi
Riset pasar membantu menyusun strategi dalam melacak pertumbuhan atau kemerosotan produk atau jasa.Tahapan Proses Riset Pemasaran
Tahap pemasaran biasanya dimulai dengan mendefinisikan masalah. Secara rinci, berikut ini tahapan riset pemasaran menurut Kotler dan Keller:
1. Mendefinisikan masalah keputusan alternatif dan tujuan penelitian
Manajer sebaiknya tidak mendefinisikan masalah terlalu luas atau sempit, sehingga tujuan penelitian dapat diterima dengan mudah.2. Penyusunan rencana penelitian
Penyusunan rencana penelitian meliputi sumber data, metode penelitian, instrumen penelitian, rencana sampling, dan metode kontak.3. Mengumpulkan data
Pengumpulan data dilakukan untuk mendapatkan hasil riset yang kredibel, baik respons yang tergolong baik ataupun buruk.4. Menganalisis informasi
Tahap ini dilakukan dengan cara menabulasi data dan menciptakan langkah-langkah ringkas dengan memperhitungkan rata-rata, sebaran variabel utama, memakai statistik tingkat lanjut, dan metode pengambilan keputusan.5. Menyajikan hasil penelitian
Dalam tahap ini periset menerjemahkan data dan informasi menjadi suatu pengetahuan atau rekomendasi.6. Membuat keputusan
Dalam tahap ini, bukti penelitian akan ditimbang untuk memutuskan apakah hasil riset itu bakal ditindaklanjuti atau tidak.Jenis-jenis Metode Riset Pemasaran
Sebelum melakukan riset pemasaran, perusahaan harus lebih dulu mengetahui jenis-jenis metode riset. Hal itu berguna agar hasil risetnya kredibel. Berikut ini jenis-jenis metode riset pemasaran:
- Observasi, pengamatan dan pencatatan perilaku konsumen.
- Survey, cara pengumpulan data saat periset berinteraksi dengan responden.
- Kelompok fokus, dengan cara mengumpulkan responden dalam suatu tempat kemudian memberikan permasalahan untuk didiskusikan sehingga dapat terselesaikan.
- Eksperimen, berupa membandingkan pernyataan responden yang sama dengan situasi berbeda.
Contoh Riset Pemasaran
Cara mudah memahami riset pemasaran adalah dengan melihat contoh konkret. Dikutip dari jurnal "Riset Pasar Produk Keripik Tempe Sagu" (2014) tulisan Yacob Aditama, contoh riset pemasaran dapat ditemukan dalam berbagai bidang usaha, salah satunya produksi keripik tempe sagu. Tahapan riset pemasaran pada usaha tersebut meliputi:
1. Menentukan Topik Riset Pasar
Topik yang dipilih dalam riset pasar adalah "keripik tempe sagu Satefa sebagai oleh-oleh khas Yogyakarta".2. Perumusan Masalah
Perumusan masalah dalam riset pasar adalah bagaimana melakukan riset pasar bagi usaha keripik tempe sagu untuk menilai potensi dan minat pasar terhadap "keripik tempe sagu Satefa sebagai oleh-oleh khas Yogyakarta".Untuk contoh riset tersebut lebih lanjut dapat di-download melalui link sebagai berikut:
Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Fadli Nasrudin