MAMA 2019 pada 4 Desember di Nagoya Akan Dipandu Park Bo Gum

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 2 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Park Bo Gum disebut akan kembali memandu MAMA 2019 di Nagoya Dome, Jepang pada 4 Desember.
tirto.id - Park Bo Gum akan menjadi pembawa acara di Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2019, demikian sebagaimana diwartakan Soompi. Tahun ini, merupakan tahun ketiga Park Bo Gum memandu MAMA sejak tahun 2017.

"Park Bo Gum telah setuju untuk menghadiri MAMA 2019, meski tidak mudah. Awalnya dia menolak tawaran itu karena ketegangan antara Korea Selatan dan Jepang," ujar sebuah sumber dari industri penyiaran kepada Sports Donga.

"Namun dia menerima argumen CJ ENM soal interaksi budaya diperlukan, meskipun ada konflik politik dan ia pun memutuskan berubah pikiran," katanya.

Sumber dari agensi Bo Gum, Blossom Entertainment menyatakan, Bo Gum telah memutuskan untuk memandu MAMA 2019.

“Park Bo Gum telah memutuskan untuk menghadiri MAMA 2019 sebagai pembawa acara. Dia memutuskan untuk hadir untuk tujuan pertukaran budaya daripada [fokus pada] masalah politik," katanya.

MAMA 2019 akan diadakan pada 4 Desember di Nagoya Dome, Jepang. Semua penggemar di seluruh dunia bisa memberikan dukungan mereka untuk para nominee dengan memberikan voting melalui laman resmi Mwave MAMA dan akun media sosial (Medsos) Twitter.

Suara dari penggemar, untuk kategori Artist of the Year akan digunakan sebanyak 30 persen, sedangkan untuk kategori Song of the Year, voting penggemar akan digunakan sebanyak 20 persen. Untuk kategori Worldwide Fans' Choice TOP 10, sebanyak 80 persen (60 persen laman resmi & 20 persen voting Twitter) suara penggemar akan digunakan untuk menentukan pemenang.

Sementara itu, MAMA tahun ini memiliki 18 kategori berbeda. Para penggemar bisa mendukung idola mereka dengan melakukan voting di laman resmi MAMA mulai 24 Oktober-3 Desember 2019 waktu Korea Selatan. Berikut ini adalah cara voting MAMA 2019 melalui laman resmi merka.
  1. Kunjungi laman Mwave MAMA 2019.
  2. Log in melalui akun media sosial seperti KakaoTalk, Line, Twitter, Facebook, Weibo, WeChat, Naver, tumblr, Instagram, dan menggunakan akun Google.
  3. Setelah log in menggunakan akun tersebut, pilihlah menu “Vote”.
  4. Setelah itu, penggemar bisa memilih sebanyak 18 kategori yang tersedia. Voting terbagi menjadi dua bagian, yakni voting pada Mandatory Voting Categories (Artist of the Year, Song of the Year), dan Optional Voting Categories (kategori lainnya).
  5. Jika penggemar hanya ingin memberikan suara untuk Mandatory Voting Categories, tanpa memberikan suara untuk kategori yang lain, maka diperbolehkan. Akan tetapi, jika penggemar hanya ingin memberikan suara untuk Optional Voting Categories, tanpa memberikan voting untuk Mandatory Voting Categories, voting tidak bisa dianggap selesai.
  6. Setelah memilih semua kategori yang diinginkan, klik tombol “Voting Complete”, lalu klik “Ok” , lalu ketik ulang karakter yang tertera di laman tersebut untuk menyelesaikan proses voting.
  7. Voting hanya diperbolehkan sekali dalam sehari. Akan tetapi, penggemar bisa melakukan voting lebih dari sekali dengan menggunakan sejumlah akun yang berbeda.
Acara Red Carpet MAMA 2019 akan dimulai pukul 04.00 p.m waktu setempat, dan acara penghargaan akan dimulai pukul 06.00 p.m waktu setempat.


Baca juga artikel terkait MAMA 2019 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Musik)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight