Lyon Disebut Calon Kuat Juara Liga Perancis Putri 2020

Oleh: Wan Faizal - 12 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
FFF disebut telah memutuskan Lyon sebagai juara Liga Perancis Putri 2020.
tirto.id - Olympique Lyon Feminin atau tim sepak bola putri Lyon akan didaulat sebagai juara Liga Perancis musim kompetisi 2019-2020. Keputusan ini diambil karena di Perancis sudah tidak diizinkan lagi adanya kegiatan berskala besar selama beberapa bulan ke depan.

AFP melaporkan bahwa keputusan tersebut sebenarnya belum diumumkan secara resmi. Namun, masih menurut AFP, mereka mendapatkan sumber terpercaya dari FFF atau Federasi Sepak Bola Perancis bahwa Lyon akan diberi gelar juara musim ini. Kabar ini juga menegaskan pemberitaan sebelumnya dari RMC Sport.

Lyon saat ini berlaga di level tertinggi sepak bola wanita Perancis, yakni di Division 1 Feminine, yang terdiri dari 12 tim. Lyon menempati posisi tertinggi dengan koleksi 44 poin. Kompetisi baru memainkan 16 pekan sebelum dihentikan karena adanya pandemi COVID-19.

Gelar juara ini akan menjadi yang ke-14 secara beruntun bagi Lyon. Mereka sudah rutin menjadi juara sejak tahun 2007 lalu. Koleksi 13 gelar juara beruntun sejauh ini juga membuat Lyon memegang rekor tersendiri di kompetisi.

Apa yang diraih Lyon membuat sepak bola putri mendapatkan perlakuan yang sama oleh federasi. Yakni penentuan sisa musim ini berdasarkan klasemen mutakhir yang ada. Ini tak ada ubahnya dengan kompetisi sepak bola pria di Perancis.

Di Ligue 1, PSG ditahbiskan menjadi juara setelah kompetisi resmi dihentikan beberapa waktu lalu. Penentuan lain seperti slot tiket ke Liga Champions, ke Liga Eropa, serta promosi dan degradasi mengambil acuan dari klasemen yang ada sebelum kompetisi dihentikan.

Kembali ke tim putri Lyon, tim ini kerap dianggap sebagai yang terhebat di Eropa. Selain mencatatkan rekor di kancah domestik, Lyon juga punya rekor mentereng lain di Liga Champions Wanita. Yaitu menjadi peraih gelar juara terbanyak dengan jumlah enam trofi.

Catatan gelar lainnya pun sangat mengagumkan. Mereka sudah mengoleksi delapan trofi Coupe de France Feminine dan Trophee des Championnes atau Piala Super Perancis. Lyon juga pernah juara di International Champions Cup 2019, Valais Cup 2014, dan International Women’s Club Championship 2012.

Melihat banyaknya gelar Lyon menjadi tak mengherankan jika mengetahui deretan pemain yang mereka punya. Ada beberapa bintang Timnas Perancis seperti Eugenie Le Sommer, Wendie Renard, atau kapten Perancis di Piala Dunia Wanita 2019, Amandine Henry.

Pemain bintang dari negara lain pun juga bisa mereka ajak kerja sama. Seperti dua pemain andalan Timnas Inggris yaitu Lucy Bronze dan Nikita Parris. Pemain andalan Timnas Belanda seperti Shanice van de Sanden dan striker Timnas Norwegia yakni Ada Hegerberg pun bermain di Lyon saat ini.

Bila melihat ke belakang, Lyon juga pernah diperkuat banyak pemain hebat. Sebut saja seperti empat pemain Amerika Serikat seperti Alex Morgan, Megan Rapinoe, Hope Solo, dan Morgan Brian.


Baca juga artikel terkait LIGA PERANCIS atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Ibnu Azis
DarkLight