Luis Enrique Undur Diri Sebagai Pelatih Barcelona

Oleh: Mutaya Saroh - 2 Maret 2017
Dibaca Normal 1 menit
Pelatih Barcelona Luis Enrique mengonfirmasi bakal mengundurkan diri sebagai entrenador Nou Camp di akhir musim kompetisi La Liga menyusul kekalahan 0-4 Barcelona dari Paris Saint-Germain di ajang Liga Champions.
tirto.id - Pelatih Barcelona Luis Enrique mengonfirmasi pengunduran diri sebagai entrenador Nou Camp setelah Barcelona menekuk Sporting Gijon dengan skor telak 6-1 di ajang La Liga.

“Saya akan mengakhiri jumpa pers ini dengan cara yang sedikit berbeda; Saya mengumumkan bahwa saya tidak akan melanjutkan karier sebagai pelatih Barcelona. Saya ingin berterima kasih kepada klub atas semua kepercayaan yang diberikan selama ini. Tiga tahun yang tidak akan terlupakan. Anda tidak banyak waktu istirahat manakala mengemban tugas ini, dan saya perlu beristirahat. Kami berharap dapat mengukir prestasi mengesankan dalam tiga bulan yang tersisa, jika memang kami mampu, kami bakal bangkit di ajang Liga Champions,” kata Enrique dalam jumpa pers, seperti dilansir dari Antara, Kamis (2/3/2017).

Berita pengunduran dirinya membuat gelandang Barcelona Ivan Rakitic terkejut. Rakitic mengaku dirinya bersama dengan rekan-rekan satu tim tidak mampu berkata apapun mengenai keputusan pelatih berusia 46 tahun itu.

"Luis Enrique yang memberitahu pertama kali," kata Rakitic, "Ia datang ke ruang ganti dan berkata bahwa ia akan mengundurkan diri dari tim,” ungkapnya.

"Kami semua terkejut. Kami tidak tahu apapun. Saya tidak menyangka keputusan itu dia utarakan. Saya mengira ia bakal terus bersama kami."

"Kami ingin mengakhiri musim ini dengan meraih sukses, dan bukan tidak mungkin kami berusaha meraih gelar. Ia telah memberi segalanya dan ia senang dengan keputusan yang dia ambil."

Selanjutnya dikabarkan, Manajer Sevilla Jorge Sampaoli menjadi kandidat kuat untuk menggantikan posisi Enrique, sementara manajer Eveton Ronald Koeman juga berpeluang.

Sementara itu, presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu menyebut bahwa Barcelona bakal mendapat "super coach" yang akan diumumkan pada 1 Juli 2017.

"Musim panas ini, kami akan memperoleh super coach," katanya.

Berikut fakta seputar pengunduran diri pelatih yang akrab dipanggil Lucho:

1. Enrique yang kini berusia 46 tahun berada dalam tekanan karena dituntut membawa Barcelona meraih gelar La Liga untuk kali ketiga.
2. Ia mengutarakan pengunduran diri justru ketika Barcelona meraup kemenangan besar 6-1 atas Sporting Gijon dalam ajang La Liga
3. Gelandang Barcelona Ivan Rakitic mengatakan skuad "tersentak" dengan keputusan Enrique mengundurkan diri.
4. Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu sontak mengeluarkan taklimat bahwa bakal ada "super coach" yang siap mengisi posisi yang ditinggalkan Enrique di akhir musim.
5. Para direktur Barcelona bakal mengumumkan pengganti Enrique pada 1 Juli 2017.
6. Empat kandidat kuat pengganti Enrique, yakni Jorge Sampaoli, Ernesto Valverde, Eusebio Sacristan, Ronald Koeman.

Baca juga artikel terkait BARCELONA atau tulisan menarik lainnya Mutaya Saroh
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Mutaya Saroh
Penulis: Mutaya Saroh
Editor: Mutaya Saroh
DarkLight