Live Streaming Drawing 16 Besar Liga Champions Sore Ini 18.00 WIB

Oleh: Gilang Ramadhan - 16 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal drawing babak 16 besar Liga Champions 2019/2020 dapat disaksikan lewat live streaming Uefa.com pada Senin, 16 Desember 2019 mulai pukul 18.00 WIB.
tirto.id - Jadwal drawing babak 16 besar Liga Champions 2019/2020 dapat disaksikan lewat live streaming Uefa.com pada Senin, 16 Desember 2019 mulai pukul 18.00 WIB sore ini. Undian sendiri bertempat di Markas UEFA di Nyon, Swiss.

Peraturan utama masih sama seperti sebelum-sebelumnya. Tim yang lolos dari grup dan kompetisi liga yang sama tidak akan bertemu.

Misalnya, juara bertahan Liverpool tidak akan bertemu Napoli karena lolos dari grup yang sama. Begitupun dengan Manchester City, Tottenham Hotspur, dan Chelsea yang tidak akan bertemu Liverpool karena berasal dari kompetisi liga yang sama.

Alhasil, final dini mungkin saja terjadi. Pasalnya, dari total 16 tim yang lolos, semuanya berasal dari 5 besar negara koefisien tertinggi di Eropa. Inggris dan Spanyol menyumbang empat tim, Jerman dan Italia dengan 3 wakil, sementara Perancis 2 tim.

Duel-duel seperti Juventus vs Real Madrid, Liverpool vs Atletico Madrid Manchester City vs Napoli, dan Bayern Munchen vs Chelsea bisa saja terjadi di babak ini. Banyaknya kemungkinan pertandingan yang terjadi membuat potensi kecurangan dan kesalahan juga tinggi.


Michael Heselschwerdt selaku Kepala Kompetisi Klub UEFA mengatakan, pihak panitia berupaya meminimalisir kesalahan. Dia juga menjelaskan mengapa undian masih diselenggarakan secara manual dan tidak menggunakan komputer.

"Kami belajar dari undian lain yang berlangsung di UEFA dan dengan organisasi lain untuk meminimalkan kesalahan. Kami telah menetapkan beberapa prosedur dengan mengidentifikasi faktor-faktor penting yang secara negatif mempengaruhi pementasan undian. Prosedur ini akan memungkinkan kami untuk melanjutkan pengiriman layanan," kata Michael dikutip dari UEFA.com.

"Bisa saja diundi lewat komputer karena itu akan membuat undian menjadi lebih sederhana, tapi menurut saya klub-klub suka melihat tim mereka ditarik: mereka senang berada di sana, melihat bola-bola draw. Saya pikir akan ada sesuatu yang hilang jika Anda hanya menekan tombol dan whoosh, semua perlengkapan sudah selesai," tandasnya.

Berikut tim-tim yang dipastikan lolos ke babak 16 besar:

Juara Grup
Paris Saint Germain (Grup A)
Bayern Munchen (Grup B)
Manchester City (Grup C)
Juventus (Grup D)
Liverpool (Grup E)
Barcelona (Grup F)
RB Leipzig (Grup G)
Valencia (Grup H)

Runner Up
Real Madrid (Grup A)
Tottenham Hotspurs (Grup B)
Atalanta (Grup C)
Atletico Madrid (Grup D)
Napoli (Grup E)
Borussia Dortmund (Grup F)
Olympique Lyon (Grup G)
Chelsea (Grup H)

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Gilang Ramadhan
Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight