Lirik & Chord Lagu Rohani "Hanya Debulah Aku" Milik Lisa A Riyanto

Oleh: Ega Krisnawati - 24 Februari 2021
Dibaca Normal 2 menit
Berikut ini lirik lagu beserta chord "Hanya Debulah Aku" karangan Lisa A. Riyanto.
tirto.id - Hanya Debulah Aku merupakan lagu rohani karangan Lisa A. Riyanto. Lagu ini biasanya dinyanyikan selama masa Prapaskah utamanya ketika perayaan hari Rabu Abu.

Awal masa Prapaskah ditandai dengan adanya perayaan Rabu Abu, dan jatuh 46 hari sebelum Minggu Paskah. Selama masa ini, pastor atau pendeta biasanya akan memberikan khotbah dengan tema pertobatan yang sifatnya reflektif.

Periode masa pertobatan tersebut, juga akan ditandai dengan pantang dan berpuasa. Pantang dan berpuasa ini akan dijalani selama 40 hari.

Puasa ini mewakili waktu percobaan Kristus selama di padang gurun. Pada waktu itu Ia berpuasa, kemudian setan menggodanya.

Tidak hanya itu, umat juga akan diminta untuk mengaku dosa secara pribadi di hadapan Tuhan. Setelah melakukan pertobatan, umat akan diundang untuk menerima abu di dahi mereka.

Imam atau pendeta akan mencelupkan jarinya ke dalam abu, dan membentuk pola salib di dahi umat. Pemberian abu, biasanya dibarengi dengan perkataan, "Bertobatlah dan percayalah kepada injil".

Lagu Hanya Debulah Aku akan turut mengiringi Misa (untuk umat Katolik) atau kebaktian (untuk Protestan) pada perayaan Rabu Abu.

Biasanya, lagu tersebut akan dinyanyikan pada saat membagikan abu di dahi para umat. Tidak jarang, para umat menitikan air mata saat lagu ini dinyanyikan.

Lirik lagu Hanya Debulah Aku, mampu mengingatkan sebagian besar umat yang merayakan Rabu Abu, tentang diri umat yang sebenarnya. Sehingga, meski tahun 2021 sebagian umat Khatolik dan Protestan merayakan Rabu Abu dari rumah, namun dengan menyanyikan lagu tersebut, maka para umat yang merayakan tetap mampu merasakan perayaan Rabu Abu dengan penuh makna.

Lirik lagu karangan Lisa ini, juga tercantum dalam Puji Syukur halaman 481. Tidak hanya di Puji Syukur, lirik lagu Hanya Debulah Aku juga bisa diakses di platform musik seperti Joox, Musix Match, ataupun Spotify.

Berikut ini lirik lagu beserta chord Hanya Debulah Aku dari Lisa A. Riyanto:


Lirik & Chord Lagu Hanya Debulah Aku



Bait 1:
Bm
Hanya debulah aku
F# G F#
Di alas kakiMu Tuhan
Bm G Bm
Hauskan titik embun
Em F# Bm
Sabda penuh ampun

Reff:
G A
Tak layak aku tengadah
Em Bm
Menatap wajahMu
G A Bm
Namun tetap kupercaya
Em F# Bm
Maharahim Engkau

Bait 2:
Bm
Ampun seribu ampun
F# G F#
Hapuskan dosa-dosaku
Bm G Bm
Segunung sesal ini
Em F# Bm
Kuhunjuk padaMu

Selain lagu Hanya Debulah Aku, Lisa A. Riyanto juga menciptakan lagu rohani lainnya yang terncantum dalam Puji Syukur maupun madah lainnya. Lagu-lagu tersebut di antaranya, Ave Maria, Gereja Bagai Bahtera, dan Saudara Mari Semua.


Baca juga artikel terkait LIRIK LAGU atau tulisan menarik lainnya Ega Krisnawati
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Ega Krisnawati
Penulis: Ega Krisnawati
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight