Laga Wales vs Slovakia Pra Piala Eropa 2020, Aaron Ramsey Absen

Oleh: Permadi Suntama - 24 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Aaron Ramsey harus absen untuk melakoni jadwal Wales vs Slovakia. Cederanya belum pulih.
tirto.id - Aaron Ramsey dipastikan absen membela negaranya di kualifikasi Euro 2020, saat Wales menjamu Slovakia di Stadion Cardiff, Minggu (24/3/2019) pukul 21.00 WIB. Gelandang milik Arsenal itu mengalami masalah di pergelangan kakinya dan sudah dikembalikan ke klubnya.

Pemain berusia 28 tahun mengalami cedera saat membela Arsenal di pertandingan Liga Eropa, melawan Rennes, pada 14 Maret 2019. Kendati demikian, namanya tetap masuk daftar skuat Timnas Wales yang dipanggil pelatih Ryan Giggs, untuk menjalani pertandingan persahabatan melawan Trinidad & Tobago, dan kualifikasi Piala Eropa 2020 melawan Slovakia.

Namun, kondisi Ramsey tak kunjung membaik menjelang pertandingan kontra Slovakia, dan sebelumnya juga absen saat Wales menang tipis 1-0 atas Trinidad & Tobago. Ryan Giggs akhirnya memutuskan untuk mengembalikan sang pemain ke Arsenal karena tidak dalam kondisi cukup baik untuk dimainkan pada laga nanti.

"Kami berharap Aaron [Ramsey] akan pulih, tetapi ia telah dikembalikan ke Arsenal [karena tidak dalam kondisi bagus]. Ini merupakan pukulan [bagi Wales]," kata Ryan Gigg, kepada Sky Sport.

Namun, juru taktik berusia 45 tahun itu menyebut telah menyiapkan rencana kedua, jika Ramsey tidak dapat bermain melawan Slovakia. Mantan pemain Manchester United itu pun mengaku timnya telah mencobanya dalam latihan selama satu minggu belakangan.

"Kami memiliki rencana B dan kami telah mengerjakannya selama seminggu. Dia dalam performa bagus [di klub], tapi itu [cederanya berarti] memberi kesempatan bagi pemain lain," kata Ryan Giggs, dikutip BBC.

Selain kehilangan Aaron Ramsey, mereka juga kehilangan Ethan Ampadu, Tom Lawrence, dan Sam Vokes, yang mengalami masalah serupa dengaan Ramsey. Dengan absennya Ramsey, maka satu tempat di lini tengah Wales akan diisi antara Matt Smith, Lee Evans, atau Will Vaulks.

Sementara itu, gelandang muda milik Bournemouth David Brooks, yang juga absen di laga kontra Trinidad & Tobago, menunjukkan kondisi yang bagus dan siap diturunkan di laga kontra Slovakia. Begitu pula dengan Gareth Bale, yang diistirahatkan pada laga Kamis (21/3/2019). Bale mengaku siap.

"Kami siap memberikan segalanya untuk tim nasional. Kami ingin bermain di turnamen besar dan mengalami lagi apa yang telah kami lalui [di tahun2016]. Kami akan berada di posisi teratas [Grup E]. Tidak ada alasan mengapa kami tidak bisa menjuarai grup," tandas Gareth Bale, yang berhasil membawa Wales menjadi semifinalis Euro 2016.

Wales sendiri akan menjalani laga perdana dengan menjamu Slovakia pada Minggu (24/3/2019), sementara tamunya sudah bermain sekali, dan berhasil menang 2-0 di laga perdana atas Hungaria. Berkat hasil tersebut, Marek Hamsik dan kolega kini memimpin klasemen Grup E, unggul produktivitas gol dari Kroasia, yang juga menang di laga perdana.


Baca juga artikel terkait KUALIFIKASI PIALA EROPA 2020 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Permadi Suntama
Editor: Agung DH