Klasemen Akhir Pra Piala Asia 2020 Grup G, Timnas U16 Runner Up

Oleh: Beni Jo - 22 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Klasemen akhir Grup G Pra Piala Asia U16 2020, menempatkan Timnas Indonesia U16 berada di posisi kedua. Dengan demikian, China lolos secara otomatis.
tirto.id - Duel antara Timnas Indonesia U-16 vs Cina yang digelar Minggu (22/9/2019) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, berakhir dengan skor imbang 0-0 tanpa gol. Hasil laga terakhir babak kualifikasi Pra-Piala Asia U-16 2020 ini menempatkan Timnas U16 Indonesia di posisi runner-up Grup G di bawah China.

Meladeni China, Indonesia tidak mampu membobol gawang lawan. Beberapa peluang emas sebenarnya mampu diciptakan oleh anak asuh Bima Sakti itu. Namun tidak ada yang berhasil menjadi satu gol.

Sementara Cina sendiri juga tampil menekan pertahanan Indonesia. Peluang-peluang mampu dimiliki oleh mereka. Tetapi masih saja gagal menjebol gawang kawalan I Made Putra Kaicen.

Hasil 0-0 tanpa gol ini cukup menguntungkan bagi Cina. Dengan demikian, Fan Chao dan kawan-kawan memuncaki klasemen akhir Grup G dengan raihan 10 poin meskipun sama dengan Indonesia.

Dari empat pertandingan, Cina menang tiga kali dan imbang sekali. Mereka mencetak total 28 gol tanpa kebobolan. Memiliki selisih gol plus 28. Unggul atas Indonesia yang mempunyai selisih gol plus 26. Tim asuhan Antonio Puche Vicente itu pun dipastikan lolos putaran final dengan status juara grup.

Sedangkan Garuda Asia yang juga meraih 10 poin, berada di peringkat kedua. Dari empat kali penampilan, Marcell Januar Putra dan kolega menang tiga kali dan imbang sekali.

Melesakkan total 27 gol, gawang timnas jebol sekali yaitu saat bersua Mariana Utara. Selisih gol pun menjadi plus 26. Indonesia harus menunggu kepastian menjadi runner-up terbaik untuk bisa lolos putaran final.

Sementara pada laga sebelumnya, Filipina mampu meraup kemenangan keduanya usai mengalahkan Brunei dengan skor 3-2.

Tambahan tiga poin itu mengantarkan The Young Azkals menempati peringkat ketiga dengan enam poin. Mereka menang dua kali dan kalah dua kali. Mencetak 10 gol dan kebobolan 12 kali.

Di tempat keempat, terdapat Brunei yang meraih tiga poin. Diikuti oleh Mariana Utara yang belum sekalipun meraup angka karena selalu kalah dalam empat laga.

Hasil pertandingan Grup G pada Minggu (22/9).

Filipina vs Brunei, skor akhir 3-2
Indonesia vs Cina, skor akhir 0-0

Berikut klasemen akhir Grup G Pra-Piala Asia U-16 2020.

Tim Main Menang SG Poin
Cina 4 3 +28 10
Indonesia 4 3 +26 10
Filipina 4 2 -2 6
Brunei 4 1 -12 3
Mariana Utara 4 0 -40 0


Baca juga artikel terkait PIALA ASIA atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Agung DH
DarkLight