Bursa Transfer Pemain

Kalahkan PSG, Barcelona Rekrut Frenkie de Jong Musim Depan

Oleh: Fitra Firdaus - 24 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Barcelona bakal merekrut Frenkie de Jong dari Ajax Amsterdam pada 1 Juli 2019. Untuk mendapatkan sang pemain di bursa transfer, Barca mesti mengalahkan PSG yang sama-sama mengincarnya.
tirto.id - Barcelona merilis pernyataan resmi bakal merekrut Frenkie de Jong dari Ajax Amsterdam pada 1 Juli 2019. Barca mengeluarkan biaya transfer 75 juta Euro untuk sang gelandang. Klub Catalunya itu mengontrak de Jong selama lima musim hingga 2023/2024.

"FC Barcelona dan Ajax telah mencapai kesepakatan untuk transfer gelandang Frenkie de Jong, yang akan bergabung dengan klub Catalunya mulai 1 Juli 2019.

"Biaya operasi transfer mencapai 75 juta euro, ditambah 11 juta (Euro) untuk variabel lainnya. Sang pemain akan menandatangani kontrak untuk lima musim berikutnya, hingga 2023/24," demikian keterangan di situs resmi Barca pada Kamis (24/1).

Frenkie de Jong termasuk salah satu talenta muda paling bersinar di Eropa belakangan. Lahir pada 5 Mei 1997, gelandang 21 tahun tersebut sudah menjadi tulang punggung Ajax di usia yang sangat muda. Musim lalu ia tampil 26 kali untuk Ajax di semua kompetisi, dan musim ini de Jong sudah memperkuat tim Amsterdam itu 28 kali.

Bagi Barcelona, de Jong adalah sosok yang dibutuhkan untuk kekuatan lini tengah mereka. Klub Catalunya mengklaim sang gelandang adalah, "pemain yang mampu membaca permainan dengan sangat baik, dan memiliki kemampuan untuk memberikan umpan mematikan."

"Dengan (tumpuan) kaki kanan dan tangguh dalam duel satu lawan satu, Frenkie de Jong bisa bermain sebagai gelandang bertahan atau gelandang serang. Visi yang luar biasa dan kemampuan alami untuk menemukan umpan yang tepat berarti ia adalah pilihan yang sempurna sebagai playmaker," tambah Barca.

De Jong sudah memiliki 5 caps internasional bersama Belanda. Debutnya terjadi pada 4 September 2018 lalu kala tim Oranje menghadapi Peru, di bawah pelatih Ronald Koeman, yang dahulunya merupakan bek andalan Barcelona.

Barcelona sendiri, sukses memenangi pertarungan sengit untuk mendapatkan Frenkie de Jong setelah bersaing ketat. Selain mereka, disebutkan Marca, ada Manchester City dan PSG yang bernafsu mendapatkan pemain yang memulai karier di akademi Willem II itu.

Rabu (23/1) lalu, delegasi Barcelona yang dipimpin langsung oleh presiden mereka, Josep Maria Bartomeu, berkunjung langsung ke Amsterdam untuk meraih kesepakatan dengan Ajax dan sang pemain. Namun, langkah Bartomeu ini bukannya tanpa risiko.

PSG yang baru saja kalah dari Barcelona diklaim sumber AS bersiap melakukan "balas dendam". Kemungkinan, klub Paris bakal mengincar para pemain bintang Barca dan mengaktifkan klausul pemutusan kontrak salah satu dari mereka.

Ousmane Dembélé (dengan klausul 400 juta Euro), Philippe Coutinho (400 juta Euro), Sergio Busquets (500 juta Euro), Samuel Umtiti (500 juta Euro), dan Marc-André ter Stegen (180 juta Euro) adalah deretan pemain yang diperkirakan Barca akan dibidik PSG. Meskipun demikian, klausul mereka yang sangat tinggi akan jadi kendala klub Paris, yang untuk de Jong saja hanya menyediakan uang di bawah 75 juta Euro.

Baca juga artikel terkait LIGA SPANYOL atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight