Jadwal Rilis Mulan di Disney+ Hotstar Indonesia & Pengisi Suara

Oleh: Putri Avi Nursasi - 1 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
Film Mulan (2020) akan tayang di Disney+ Hotstar dengan sulih suara bahasa Indonesia pada awal bulan ini.
tirto.id - Film live action Mulan akan resmi tayang di Disney Plus Hotstar Indonesia pada 4 Desember 2020 mendatang. Film ini akan ditayangkan dengan dubbing (sulih suara) bahasa Indonesia. Di antara pengisi suara yang terlibat adalah dua aktris populer tanah air, Yuki Kato dan Luna Maya.

Mengadaptasi kisah legenda rakyat di Tiongkok "The Ballad of Mulan," film Mulan versi terbaru ini bercerita tentang Kekaisaran Cina yang sedang diserang oleh Bangsa Hun dari utara.

Ancaman dari utara itu memuat Kekaisaran Cina membangun pasukan dengan melibatkan rakyat biasa. Setiap keluarga diperintahkan mengirim satu orang laki-laki untuk bergabung ke angkatan militer kekaisaran.

Sementara keluarga Mulan tidak memiliki pria lain selain ayahnya yang sudah renta. Didasari rasa kasihan pada sang ayah, Mulan memutuskan kabur dari rumah untuk menyamar sebagai laki-laki dan bergabung dengan tentara kekaisaran.

Dia membawa peralatan dan pakaian perang milik ayahnya. Mulan berpakaian mirip laki-laki agar bisa masuk ke dalam barak pelatihan para prajurit kekaisaran.

Fokus cerita dalam film ini adalah petualangan Mulan sebagai perempuan yang harus berperang di tengah pasukan laki-laki. Di petualangannya itu, Mulan mengembangkan kekuatan luar biasa yang selama ini tersimpan dalam dirinya.

Film ini digarap oleh director ternama Niki Caro dengan menggandeng Liu Yifei sebagai pemeran utama sebagai Mulan. Selain itu ada pula Donnie Yen, Jason Scott Lee, Yoson An, Gong Li, dan Jet Li yang menjadi peran pendukung.

Film live action Mulan telah dirilis sejak 4 September 2020 lalu yang dapat diakses secara daring melalui platform streaming Disney+.

Sebelum dibuat versi live-action tahun 2020, kisah Mulan terlebih dahulu hadir pada 1998 dalam bentuk animasi dengan soundtrack “I’ll Make The Man Out Of You.”

Film berdurasi 1 jam 55 menit ini mendapat skor di Rotten Tomatoes sebanyak 75 persen, dengan versi penonton 51 persen. Sementara IMDb memberi skor 5,4/10 dari 59.665 penilai.

Sejumlah pesohor Indonesia ditunjuk menjadi pengisi suara dubbing bahasa Indonesia dalam film Live Action Disney Mulan yang tayang eksklusif di Disney+ Hotstar, pada 4 Desember 2020.

Suara dari karakter utama Mulan dalam film ini akan diisi oleh Yuki Kato. Sementara suara Prajurit Honghui akan diisi oleh Dion Wiyoko.

Selain itu, aktris dan model Luna Maya akan mengisi suara karakter Xianniang, tokoh antogonis di film Mulan dan sosok penyihir sekutu utama pemimpin Bangsa Hun dari utara, Bori Khan.

Film live action Mulan juga akan mendapat sentuhan lokal pada lagu ikonik dari Mulan. Yura Yunita, SIVIA, Agatha Pricilla, dan Nadin Amizah akan menyanyikan lagu “Reflection” yang dipopulerkan oleh penyanyi solo Christina Aguilera pada tahun 1998.

Mereka akan berkolaborasi untuk menghasilkan warna baru dalam lagu tersebut. Hasil kolaborasi keempat penyanyi tanah air ini sudah tersedia di semua layanan streaming digital termasuk Apple Music, YouTube Music, Spotify, Joox, Deezer, dan Langit Musik mulai 20 November 2020.



Baca juga artikel terkait FILM MULAN atau tulisan menarik lainnya Putri Avi Nursasi
(tirto.id - Film)

Penulis: Putri Avi Nursasi
Editor: Addi M Idhom
DarkLight