Jadwal Pembukaan Liga 1 Tidak Ditunda Meski Bentrok dengan May Day

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 28 Februari 2019
PSSI memastikan Liga 1 bergulir sesuai jadwal yang telah ditetapkan yakni pada 1-8 Mei 2018.
tirto.id - PSSI dan PT LIB selaku operator liga tetap merencanakan jadwal pembukaan Liga 1 musim 2019 dimulai pada 1-8 Mei kendati berbarengan dengan May Day atau hari buruh internasional.

"Tetap sesuai komitmen awal. Keputusan kongres tahunan kemarin memang memiliki range waktu 1-8 Mei. Kami sedang memfasilitasi selambat-lambatnya agar tetap sesuai [jadwal]," kata Sekretaris Jendral (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria kepada reporter Tirto saat ditemui di Hotel Sultan, Kamis (28/2/2019).

Langkah PSSI dan PT LIB sempat diragukan para pecinta sepakbola di Indonesia setelah melihat pengalaman musim lalu. Pada saat Liga 1 musim 2018, beberapa jadwal pertandingan Liga 1 diundur karena aparat keamanan fokus mengawal peringatan hari buruh di berbagai wilayah.

Tisha beralasan, jadwal Liga 1 tidak bisa ditunda karena PSSI punya agenda tak kalah penting yakni Timnas Indonesia di berbagai level usia harus mengikuti turnamen internasional pada tahun ini. Padahal para pemain Timnas berasal dari klub-klub yang menjadi anggota PSSI dan PT LIB.

Lantaran itu PSSI enggan bila jadwal kompetisi yang tidak teratur malah mengganggu performa Timnas Indonesia.

"Ini karena agenda internasional. Apabila kami mundur, situasinya akan semakin sulit bagi Timnas. Tahun ini banyak kompetisi yang harus diikuti," kata Tisha.

Sebelum bergulirnya Liga 1, PSSI juga berencana menggelar turnamen pramusim Piala Presiden 2019. Ajang pemanasan ini bakal dibuka dengan pertandingan antara Persib vs Tira Persikabo di Stadion Siliwangi, Bandung, Sabtu (2/3/2019) akhir pekan ini.



Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Herdanang Ahmad Fauzan
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Agung DH