Liga Champions

Jadwal Liga Champion 2020: Drawing 8 Besar UCL Jumat 10 Juli

Oleh: Beni Jo - 7 Juli 2020
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal drawing (undian) 8 besar Liga Champion pada Jumat (10/7/2020), sedangkan jadwal leg kedua 16 besar UCL pada 7/8 Agustus 2020.
tirto.id - Drawing babak 8 besar Liga Champions 2019/2020 diselengggarakan pada Jumat (10/7/2020) di Nyon, Swiss, mendahului sisa leg kedua babak 16 besar UCL yang baru digelar pada Agustus mendatang. Sejauh ini baru 4 tim yang lolos ke perempat final, yaitu PSG, Atletico Madrid, Atalanta, dan RB Leipzig.

"Undian babak perempat final, semifinal dan final Liga Champions 2019/2020 berlangsung di markas UEFA di Nyon, Swiss, pada Jumat 10 Juli," pengumuman UEFA melalui laman resmi mereka.

4 tiket tersisa untuk lolos ke 8 besar Liga Champions akan diperebutkan 8 tim yang masih belum memainkan leg kedua 16 besar UCL karena pandemi COVID-19. Laga-laga yang belum digelar adalah Bayern München vs Chelsea, Barcelona vs Napoli, Manchester City vs Real Madrid, dan Juventus vs Olympique Lyon.



Muncul spekulasi tentang di manakah laga-laga di atas akan dimainkan. Dua kemungkinan muncul di permukaan, yaitu tempat netral atau sesuai dengan jadwal awal.

Sejauh ini UEFA belum memberikan kepastian. Meskipun demikian, dalam laporan Joaquin Maroto untuk Diario AS, tidak akan ada perubahan yang membuat laga digelar di tempat netral.

Artinya, empat tim yang melakoni laga tandang pada leg pertama akan tetap berhak berstatus tuan rumah di leg kedua. Mereka adalah Manchester City, Bayern Munchen, Juventus, serta Barcelona.

Di leg pertama 16 besar, Manchester City mampu mengungguli Real Madrid dengan skor 1-2 di Stadion Santiago Bernabeu. Kini, tim besutan Pep Guardiola bakal menjamu Los Blancos di Etihad.

Bagi City, ini kesempatan untuk meraih trofi UCL pertama dalam sejarah. Menyingkirkan Madrid yang berlabel tim dengan gelar Liga Champions terbanyak akan membuat The Citizens semakin percaya diri.

Sedangkan Bayern Munchen juga dalam kondisi unggul agregat 3-0 atas Chelsea. Die Roten sukses memetik kemenangan tandang di Stamford Bridge. Kemenangan di Allianz Arena akan membuka asa Bayern meraih treble, mengingat mereka sudah juara Liga Jerman dan DFB Pokal.

Sementara itu, Juventus berpeluang membalas kekalahan 0-1 atas Lyon. Tampil di kandang sendiri, kesempatan itu terbuka lebar. Pada musim ini, Cristiano Ronaldo dan kolega tidak pernah tumbang selama bermain di Stadion Allianz di semua kompetisi.

Duel lain adalah Barcelona kontra Napoli di Camp Nou. Di leg pertama, Barca bermain imbang 1-1 dengan wakil Serie A di Stadion San Paolo. Dari segi pengalaman dan kualitas, pasukan Quique Setién di atas angin.



Meraba Tim yang Lolos 8 Besar UCL


Terkait undian babak perempat final Liga Champions pada Jumat (10/7) mendatang, ada peluang tim-tim yang berasal dari asosiasi sepak bola (negara) yang sama, saling bentrok di fase tersebut. Ini berbeda dengan aturan 16 besar UCL, yang menghindarkan dua tim dari asosiasi yang sama, berhadapan.

Sejauh ini, ada 4 negara yang sudah memiliki wakil di 8 besar, yaitu Jerman, Italia, Spanyol, dan Perancis. Jika ditambah dengan tim-tim yang masih berada di fase 16 besar leg kedua, bisa saja ada 5 negara di perempat final.

Dari Italia, ada Atalanta yang pasti lolos. Sedangkan Juventus dan Napoli, masih punya asa ke 8 besar.



Jerman sudah punya RB Leipzig. Wakil mereka bisa bertambah jika Bayern menyingkirkan Chelsea. Dengan agregat sementara 3-0, Die Roten di atas angin.

Sementara itu, Spanyol sudah memiliki Atletico Madrid. Masih ada dua raksasa La Liga, yakni Barcelona dan Real Madrid, yang belum memastikan nasib. Jika Madrid lolos, dengan asumsi tidak ada keajaiban dalam laga Bayern kontra Chelsea, berarti hanya ada 4 negara di 8 besar. Pasalnya, Los Blancos berjumpa Manchester City.

Perancis sudah diwakili PSG. Namun, jumlah wakil bisa bertambah jika Olympique Lyon yang dipoles Rudi García mampu menjaga keunggulan satu gol atas Juventus.

Meskipun musim lalu Liga Inggris jadi pemenang UCL lewat Liverpool, kompetisi tersebut bisa saja tak punya wakil lagi di 8 besar. Manchester City akan menjaga keunggulan 1-2 saat menjamu Real Madrid, sedangkan Chelsea sulit bicara dengan ketinggalan 3 gol atas Bayern.



Jadwal Lengkap Liga Champions 2020 Terbaru


Jadwal 16 Besar UCL

7/8 Agustus 2020
Barcelona vs Napoli
Camp Nou, Barcelona/ Estádio D. Afonso Henriques, Guimarães/ Estádio do Dragão, Porto

7/8 August 2020
Bayern Munchen vs Chelsea
Allianz Arena, Munich/ Estádio D. Afonso Henriques, Guimarães/ Estádio do Dragão, Porto

7/8 Agustus 2020
Juventus vs Lyon
Stadion Juventus, Turin/ Estádio D. Afonso Henriques, Guimarães/ Estádio do Dragão, Porto

7/8 Agustus 2020
Manchester City vs Real Madrid
City of Manchester Stadium, Manchester/ Estádio D. Afonso Henriques, Guimarães/ Estádio do Dragão, Porto



Jadwal 8 Besar UCL

13 Agustus 2020: PEREMPAT FINAL 1
Estádio da Luz/ Estádio José Alvalade, Lisbon

14 Agustus 2020: PEREMPAT FINAL 2
Estádio da Luz/ Estádio José Alvalade, Lisbon

15 Agustus 2020: PEREMPAT FINAL 3
Estádio da Luz/ Estádio José Alvalade, Lisbon

16 Agustus 2020: PEREMPAT FINAL 4
Estádio da Luz/ Estádio José Alvalade, Lisbon



Jadwal Semifinal UCL

19/20 Agustus 2020: SEMIFINAL 1
Estádio da Luz/ Estádio José Alvalade, Lisbon

19/20 Agustus 2020: SEMIFINAL 2
Estádio da Luz/ Estádio José Alvalade, Lisbon

Jadwal Final UCL

24 Agustus 2020
Estádio da Luz, Lisbon

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPION atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight