Iker Casillas Pensiun: Kiper Terbaik Real Madrid, Berakhir di Porto

Oleh: Iswara N Raditya - 4 Agustus 2020
Dibaca Normal 2 menit
Iker Casillas resmi pensiun, kiper terbaik Real Madrid, LaLiga, Timnas Spanyol, dan mengakhiri karier klub Liga Portugal, FC Porto.
tirto.id - Iker Casillas resmi pensiun dari sepak bola dalam usia 39 tahun. Casillas adalah salah satu kiper terbaik yang pernah dimiliki Real Madrid, LaLiga, dan Timnas Spanyol. Ia mengakhiri karier di klub raksasa Liga Portugal, FC Porto.

Sempat mengalami serangan jantung pada Mei 2019, Iker Casillas berhasil pulih dan masuk dalam skuad FC Porto di Liga Portugal untuk musim 2019/2020, serta menuntaskannya dengan kesuksesan.

Ia juga sempat turut mencalonkan diri sebagai Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) tapi kemudian mengundurkan diri pada pertengahan Juni 2020 akibat pandemi COVID-19.

Balik ke lapangan hijau dan ikut mengantarkan FC Porto meraih trofi juara Liga Primer Portugal 2019/2020, Iker Casillas akhirnya memutuskan gantung sarung tangan alias mengakhiri kariernya sebagai pemain sepak bola.

"Hal terpenting adalah jalan yang Anda lalui dan orang-orang yang menemani Anda, bukan tujuannya," cuit Iker Casillas melalui akun Twitter, Selasa (4/8/2020).

"Saya dapat berkata tanpa ragu bahwa ini adalah jalan yang tepat dan tujuan yang merupakan impian. Terima kasih,” tutup sang legenda pamit.


Kebanggaan Madrid & Spanyol

Iker Casillas adalah anak asli ibu kota, lahir di Madrid pada 20 Mei 1981. Ia merupakan didikan asli Real Madrid dan menjalani karier sepak bola dari akademi, Real Madrid C, Real Madrid B, hingga memperoleh posisi sebagai kiper utama Los Blancos dalam periode yang lama, lebih dari 15 tahun.

Bersama Real Madrid, Iker Casillas yang juga cukup lama mengemban jabatan kapten tim, turut meraih seabrek juara: trofi La Liga sebanyak 5 kali, 2 kali Copa del Rey, 4 kali Piala Super Spanyol, 3 kali Liga Champions, 2 kali Piala Super Eropa, dua kali Intercontinental Cup, serta 1 kali trofi Piala Dunia Antar-klub.

Total, selama kariernya di El Real dari 1999 hingga 2015, Iker Casillas telah mencatatkan tampil di bawah mistar gawang Madrid sebanyak 725 pertandingan di seluruh ajang kompetitif. Sederet capaian pribadinya sebagai sosok kiper mumpuni juga telah diraihnya selama berkiprah di LaLiga Spanyol.

Di level tim nasional, torehan Iker Casillas tak kalah mentereng. Penjaga gawang bernama lengkap Iker Casillas Fernández ini turut membawa Spanyol merengkuh trofi Piala Dunia 2010, serta juara Euro alias Piala Eropa dua kali, yakni tahun 2008 dan 2012.

Ia mengoleksi 167 caps bersama tim matador di ajang resmi. Iker Casillas memperkuat negaranya sejak tahun 2000 sebelum akhirnya undur dari tim nasional pada 2015.

Infografik Iker Casillas
Infografik Iker Casillas. tirto.id/Fuadi

Atas pensiunnya Iker Casillas dari sepak bola, pihak Real Madrid pun memberikan penghormatan terhadap salah satu legenda hidup klub ibu kota tersebut.

"Real Madrid CF ingin memperlihatkan apresiasi, kekaguman, dan cinta kepada salah satu legenda terbaik untuk klub kami dan dunia sepak bola,” demikian cuit Real Madrid via akun Twitter resmi klub, Selasa (4/8/2020).

"Kiper terbaik sepanjang sejarah Real Madrid dan sepak bola Spanyol datang ke rumah kami saat ia masih berusia 9 tahun. Di sinilah ikatan kami terbentuk dan bertahan selama 25 tahun, menjadi salah satu kapten paling ikonik bagi kami,” tambahnya.

“Iker Casillas telah mendapatkan cinta Real Madrid dan merupakan patokan nilai-nilai yang mewakili Real Madrid," pungkas klub juara LaLiga Spanyol 2019/2020 ini.


Mengakhiri Karier di Porto

Iker Casillas memutuskan pergi dari Real Madrid pada 11 Juli 2015 dengan resmi meneken kontrak di klub mapan Portugal, Porto FC. Kepergian sang legenda hidup dari Bernabeu saat itu banyak menuai kritikan dari fans Los Bancos.

Di Porto, penjaga gawang berpostur 1,82 meter ini langsung menunjukkan pengaruh yang signifikan.

Iker Casillas turut mengantarkan klub keduanya itu merengkuh beberapa prestasi, termasuk dua kali juara Liga Primer Portugal dan masing-masing satu kali meraih trofi Piala Portugal dan Piala Super Portugal.


Sebelum mengakhiri karier profesionalnya di lapangan hijau, Iker Casillas telah mencatatkan 116 penampilan bersama Porto FC di seluruh ajang kompetitif. Namanya pun amat dihormati oleh publik klub besutan Sergio Conceicao itu.

Pada 2019 lalu, nama Iker Casillas masuk dalam UEFA Ultimate Team of the Year bersama para legenda hidup sepak bola Eropa lainnya seperti Philipp Lahm, Carles Puyol, Alessandro Nesta, Sergio Ramos, Andrés Iniesta, Steven Gerrard, Xavi, Thierry Henry, bahkan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Baca juga artikel terkait IKER CASILLAS PENSIUN atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Agung DH
DarkLight