Hasil UCL 2019: Olympiakos vs Tottenham Diwarnai 4 Gol & 2 Penalti

Oleh: Ibnu Azis - 19 September 2019
Dibaca Normal 2 menit
Hasil Olympiakos vs Tottenham pada laga perdana Grup B Liga Champions 2019 berkesudahan dengan skor akhir 2-2.
tirto.id - Pasukan Mauricio Pochettino sukses mencuri poin di laga Olympiakos vs Tottenham Hotspur setelah berkesudahan dengan skor akhir 2-2. Pertandingan perdana Grup B Liga Champions musim 2019/2020 ini dihelat di Stadion Karaiskakis, Yunani, Kamis (19/9/2019) dini hari waktu Indonesia.

Gol pembuka laga Olympiakos vs Tottenham diawali dari pelanggaran Yassine Meriah pada menit ke-25 atas Harry Kane di area terlarang. Satu menit kemudian, Kane yang tampil sebagai algojo, melepaskan tembakan dengan kaki kanan ke bagian tengah atas gawang. Jose Sa tak kuasa menghalaunya.

Opta mencatat, Kane telah mencetak 15 gol dari 20 penampilan di Liga Champions. Hanya 2 pemain yang memiliki pencapaian serupa, yakni Ruud van Nistelrooy dan Roberto Soldado, namun diciptakan dalam 19 laga.

3 menit berselang, Olympiakos berupa menyamakan kedudukan. Namun, tembakan kaki kanan Mathieu Valbuena dari luar kotak penalti masih melebar ke sisi kanan gawang Hugo Lloris. Peluang matang ini tercipta berkat umpan cerdik Konstantinos Tsimikas.

Malapetaka tuan rumah terjadi pada menit ke-30. Lucas Moura dari luar kotak 16 melepaskan tembakan dengan kaki kanan ke sudut kiri bawah gawang, hasil assist Ben Davies. Bagi Moura, ini adalah gol kedua yang ia ciptakan dari luar kotak penati sejak Agustus 2018 saat melawan Fulham, demikian catatan Opta. Olympiakos tertinggal 0-2 dari tamunya.

Usai 2 gol Spurs yang tercipta dalam 4 menit, tuan rumah ganti menyerang. Tercatat ada 2 peluang matang yang masing-masing diciptakan oleh Giorgos Masouras dan Ruben Semedo. Masouras melepaskan tembakan dengan kaki kanan dari luar kotak 16, sementara Semedo memanfaatkan bola mati dengan tendangan bebas di paruh lapangan bagian pertahan.

2 peluang itu seakan jadi momentum Olympiakos untuk bangkit. Puncaknya terjadi pada menit ke-44, saat tembakan kaki kanan Daniel Podence dari sebelah kanan kotak 16 ke sudut kiri bawah gawang gagal diantisipasi Lloris. Gol balasan ini tercipta berkat assist cantik Valbuena.

Tak ada tambahan gol setelah 2 menit injury time yang diberikan wasit rampung. Skor 1-2 menutup laga Olympiakos vs Tottenham Hotspur pada babak pertama.

Pada awal babak kedua, tuan rumah langsung tancap gas. Penampilan agresif Valbuena di area terlarang terpaksa dihentikan Jan Vertonghen dengan sebuah pelanggaran. Sang pengadil pun tak ragu menunjuk titik putih pada menit ke-52.

2 menit kemudian, Valbuena tak menyia-nyiakan kesempatan emas untuk menyamakan kedudukan melalui eksekusi penalti. Ia sukses melepaskan tembakan dengan kaki kanan ke sudut kanan bawah gawang. Lloris hanya terpaku melihat si kulit bundar menyentuh jaring.

Usai gol itu, laga berjalan dengan tempo lambat. Spurs tercatat dua kali mendulang peluang matang, pertama dari tembakan kaki kanan Delle Alli dari luar kotak penalti pada menit ke-65, berikutnya dari sundulan jarak dekat Kane pada 1 menit setelahnya.

Guna meningkatkan daya serang, Mauricio Pochettino pun memasukkan Son Heung Min menggantikan Alli pada menit ke-73.

Pasukan Pedro Martins pun tak tinggal diam. Olympiakos membalas 2 ancaman terakhir Spurs melalui Yassine Benzia, yang melepaskan tembakan dengan kaki kanan dari luar kotak penalti, hasil umpan matang Daniel Podence pada menit ke-75.

Setali tiga uang, Spurs juga tak ingin pulang ke London dengan 1 poin. Namun, peluang pemungkas Kane pada masa injury time melalui tembakan kaki kiri jarak dekat masih bisa diblok Jose Sa. Laga Olympiakos vs Tottenham pun berakhir dengan skor 2-2.

Statistik mencatat, Spurs unggul tipis dalam penguasaan bola, yakni 56% berbanding 44% atas Olympiakos. Soal peluang, kedua tim sama-sama mengemas 5 tembakan ke arah gawang.

Hasil imbang ini membuat Tottenham dan Olympiakos sama-sama mengoleksi 1 poin. Spurs untuk sementara memimpin klasemen Grup A berkat agresivitas gol tandang. Sementara 2 tim lainnya, yakni Bayern Munchen dan Red Star, belum meraih poin, lantaran keduanya baru bertanding setelah laga Olympiakos vs Tottenham.

Susunan Pemain

Olympiacos (4-2-3-1): Jose Sa (GK); Omar Elabdellaoui, Ruben Semedo, Yassine Meriah, Konstantinos Tsimikas; Guilherme, Andreas Bouchalakis; Daniel Podence, Mathieu Valbuena, Giorgos Masouras; Guerrero.

Cadangan: Vasilis Torosidis (GK), Mohamed Camara, Youssef El-Arabi, Bobby Allain, Avraam Papadopoulos, Lazar Randjelovic, Yassine Benzia.

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Hugo Lloris (GK); Davinson Sanchez, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Ben Davies; Tanguy Ndombele, Harry Winks; Christian Eriksen, Dele Alli, Lucas Moura; Harry Kane.

Cadangan: Paulo Gazzaniga (GK), Kyle Walker-Peters, Son Heung-Min, Eric Dier, Erik Lamela, Moussa Sissoko, Victor Wanyama.


Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight