Hasil Timnas Indonesia vs Afghanistan Skor 3-4, Gagal ke Final

Oleh: Fitra Firdaus - 20 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Timnas Futsal Indonesia vs Afghanistan di semifinal Piala AFC U-20 2019 berakhir dengan skor 3-4. Dengan demikian, tim Merah-Putih gagal ke final dan hanya bertarung untuk perebutan tempat ketiga.
tirto.id - Hasil Tim Nasional (Timnas) Futsal Indonesia vs Afghanistan di semifinal Piala AFC U-20 2019 berakhir dengan skor 3-4 melalui babak perpanjangan waktu. Dengan kekalahan pada Kamis (20/6/2019) di Shahid Poursharifi Arena, Tabriz, Iran, tim Merah-Putih gagal melaju ke final. Mereka hanya bisa bertarung untuk perebutan tempat ketiga.

Sepanjang babak pertama, Timnas Indonesia kesulitan untuk mencari peluang ke gawang Afghanistan. Sebaliknya, dengan keunggulan fisik, lawan asal Asia Tengah tersebut berhasil mencetak gol ketika babak pertama tersisa 13 menit.

Bermula dari kekalahan Indonesia dalam mengamankan perebutan bola di lini tengah, Morteza Haidari tinggal berhadapan dengan Habibie. Dia memilih mengirim umpan silang, yang diselesaikan oleh Seyed Hosein Mousavi menjadi gol kelima sepanjang turnamen.

Indonesia tidak dapat membalas gol ini hingga turun minum. Sebaliknya, kesempatan emas Afghanistan untuk menggandakan kedudukan mentah. Padahal, ada umpan silang Dawood Yousufi ketika gawang Indonesia kosong melompong.



Awal babak kedua, kejadian yang mirip gol Afghanistan tercipta. Pemain lawan yang dalam tekanan di wilayah sendiri, kehilangan bola akibat desakan Muhammad Rizki Xavier. Tidak membuang kesempatan, Xavier mendorong bola masuk gawang Afghanistan untuk menyamakan kedudukan.

Gol tersebut menjadi inspirasi Indonesia untuk bisa berbuat lebih jauh. Agung Pandega yang mencetak hattrick dalam laga kontra Vietnam punya kesempatan manis. Namun, tembakan datarnya bisa dimentahkan Javad Safari.

Menit keenam babak kedua, terjadi benturan keras antara Firman Adriansyah dan Javad Safari saat hendak berebut bola. Kedua pemain dapat melanjutkan pertandingan.

Sekali lagi Afghanistan memimpin. Permainan cantik mereka diakhiri dengan umpan tumit Farzad Mahmoodi ke belakang. Di sana sudah ada Ali Arab Zada yang melepaskan tembakan datar mematikan. Indonesia kembali dalam tekanan.

Tim Merah-Putih tidak berlama-lama dalam posisi tertinggal. Mereka membalas berkat kesalahan lawan. Hamid Reza Hossani tidak dapat mengontrol bola dengan baik, dan ini dimanfaatkan Agung Pandega. Menyerobot bola, tembakannya membuat kedudukan imbang kembali.

Serangan Afghanistan semakin gencar menjelang babak kedua usai. Namun, skor 2-2 berlanjut hingga babak perpanjangan waktu.

Setelah pertarungan ketat yang melelahkan, Afghanistan sukses menjebol gawang Indonesia ketika pertandingan tersisa sesaat. Skill individual yang diperagakan Ali Arab Zada membuat pertahanan Indonesia terbuka. Ia kemudian mengumpan yang tinggal diselesaikan oleh Seyed Hossein Mousavi. Skor menjadi 2-3.

Indonesia yang berupaya memakai power play, melakukan blunder. Hamid Reza Hossaini yang bisa merebut bola segera mengumpan kepada Dawood Yousufi. Mudah saja baginya mencetak gol keempat Afghanistan.

Ketika laga bersisa 9 detik, Indonesia bisa mencetak satu gol melalui Muhammad Sanjaya. Namun, tetap saja hal tersebut tidak cukup.

Dengan kedudukan 3-4, Afghanistan berhak melaju ke final. Sebaliknya, Indonesia hanya bisa mengharapkan gelar hiburan, perebutan tempat ketiga pada Sabtu (22/6/2019).

Pencetak Gol: Muhammad Rizki Xavier, Agung Pandega/ Seyed Hossein Mousavi (2 gol), Ali Arab Zada, Dawood Yousufi

Baca juga artikel terkait TIMNAS INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus