Hasil Plzen vs Roma di UCL 2018 Skor Akhir 2-1, Masuk Liga Eropa

Oleh: Ikhsan Abdul Hakim - 13 Desember 2018
Dibaca Normal 2 menit
Hasil Viktoria Plzen vs AS Roma dengan skor akhir 2-1 dalam laga pamungkas Grup G Liga Champions 2018/2019 membawa tuan rumah masuk ke 32 besar Liga Eropa.
tirto.id - Laga pekan terakhir Grup G Liga Champions 2018/2019 antara Viktoria Plzen vs AS Roma di Stadion Doosan Arena, Kamis (13/12/2018) berkesudahan dengan skor akhir 2-1. Gol kemenangan yang dicetak Thomas Chory sukses mengantarkan Viktoria Plzen melaju ke Liga Europa sebagai peringkat ketiga Grup G.

Dalam laga ini, tuan rumah berlaga dengan patron 4-2-3-1. Untuk menjamu AS Roma, pelatih Pavel Vrba memasang Thomas Chory sebagai penyerang tunggal. Untuk mendukung Chory, Vrba memplotkan Jan Kopic, Ales Cernak, dan Jan Kovarik sebagai gelandang serang.

Sementara itu, kubu tim tamu juga turun dengan formasi 4-2-3-1. Di lini serang, Patrik Schick menjadi penyerang tunggal dengan disokong trio Cengiz Under, Javier Pastore, dan Justin Kluivert.

Di babak pertama, AS Roma tampil lebih dominan. Meskipun demikian, Viktoria Plzen pun berani keluar untuk menantang lini pertahanan tim tamu. Kendati sempat berbalas serangan, kedua tim masih gagal memecah kebuntuan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, tim tamu coba membangun serangan cepat untuk mengejutkan Plzen. Pada menit 46, usaha Justin Kluivert sempat mengejutkan tuan rumah. Menerima bola dari sayap kanan, Kluivert melepaskan tembakan first-time ke sudut gawang Plzen. Untung bagi tuan rumah, tembakan Kluivert masih sempat diblok bek Plzen sehingga bola ke luar lapangan permainan.

Pada menit 56, giliran Javier Pastore yang mendapat kesempatan. Dari sayap kiri, Kluivert berakselerasi dan mengirim umpan kepada Pastore. Dari jarak dekat, Pastore melepaskan tembakan melengkung yang tidak tepat sasaran. Peluang tim tamu sia-sia.

Semenit berselang, giliran tuan rumah yang menyia-nyiakan peluang emas. Jan Kovarik sukses mengirim umpan terobosan ke Ales Cermak di kotak penalti. Cermak pun melepaskan sepakan first-time dari jarak dekat. Namun sepakan Cermak jusru melambung ke atas mistar.

Tuan rumah akhirnya memecah kebuntuan pada menit 62. Jan Kopic merangsek dari sayap kanan dan mengirim umpan mendatar ke kotak penalti. Umpan Kopic dapat disambut Kovarik dengan sontekan dari jarak dekat. Sontekan Kovarik pun gagal diantisipasi Antonio Mirante. Skor 1-0 untuk Plzen.

Tim tamu hanya butuh waktu lima menit untuk membalas gol. Memanfaatkan kesalahan lawan, Davide Santon menerima bola di sayap kanan dan mengirim umpan mendatar ke kotak penalti. Cengiz Under menyambut umpan tersebut dengan sepakan first-time yang bersarang ke sudut gawang Ales Hruska. Skor 1-1.

Plzen kembali unggul pada menit 72. Berawal dari umpan kiriman Patrik Hrosovsky, Kovarik mampu melepaskan tembakan keras ke gawang Roma. Tembakan Kovarik pun dimentahkan oleh Mirante. Namun bola liar mengarah ke Thomas Chory yang langsung menyundul bola untuk mencetak gol kedau Plzen. Skor 2-1.

Pada 10 menit terakhir, Roma yang tertinggal terus berusaha menekan pertahanan Plzen. Namun Roma justru mendapat kerugian pada menit 90+2. Luca Pellegrini mendapat kartu kuning kedua karena dinilai terlalu keras dalam situasi duel udara. Pellegrini pun diusir ke luar lapangan pada masa injury time.

Skor 2-1 pun bertahan hingga laga bubaran. Berkat hasil ini, Viktoria Plzen berhak melaju ke Liga Europa dengan mengamankan peringkat ketiga Grup G. Plzen unggul rekor head to head atas CSKA Moskow yang sama-sama mengemas tujuh poin. CSKA sendiri pada saat bersamaan menang telak 0-3 atas Real Madrid di Stadion Santiago Bernabeu.

Meskipun kalah, AS Roma tetap berhak melaju ke fase gugur dengan torehan sembilan poin di peringkat kedua. Sementara itu, Real Madrid juga melaju ke babak 16 besar sebagai juara Grup G dengan torehan 12 poin.


Susunan Pemain Viktoria Plzen vs AS Roma.

Viktoria Plzen (4-2-3-1): Ales Hruska; Milan Havel, Lukas Hejda, Roman Hubnik, David Limbersky; Roman Prochazka, Patrik Hrosovsky; Jan Kopic (Milan Petrzela 71'), Ales Cermak (Tomas Horava 82'), Jan Kovarik; Tomas Chory (Jakub Reznicek 87').

Pelatih: Pavel Vrba.

AS Roma (4-2-3-1): Antonio Mirante; Davide Santon (Alessandro Florenzi 75'), Kostas Manolas, Ivan Marcano, Aleksandar Kolarov; Bryan Cristante, Steven Nzonzi (Luca Pellegrini 80' (kartu merah 90+2'); Cengiz Under, Javier Pastore (Nicolo Zaniolo 59'), Justin Kluivert; Patrik Schick

Pelatih: Eusebio Di Fransesco.


Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Ikhsan Abdul Hakim
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Ikhsan Abdul Hakim
Editor: Ikhsan Abdul Hakim
DarkLight