Hasil Persiwa vs Persib, Piala Indonesia: Dominasi Tak Berujung Gol

Oleh: Hendi Abdurahman - 27 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 0-0 menjadi hasil akhir laga Persiwa vs Persib di leg pertama babak 32 besar Piala Indonesia, Minggu (27/1/2019) di Stadion Wijayakusuma, Cilacap.
tirto.id - Laga Persiwa vs Persib pada leg pertama 32 besar Piala Indonesia yang berlangsung di Stadion Wijayakusuma, Cilacap, Minggu (27/1/2019) berakhir dengan skor 0-0. Meski mendominasi jalannya laga, Maung Bandung gagal menghasilkan gol hingga 90 menit pertandingan.

Pelatih Persiwa, Winaryo, menurunkan pemain terbaiknya dengan menunjuk Agus Salim di posisi penyerang. Ia ditopang Fabio Marko dan Noldi Saputra di lini tengah. Sementara untuk posisi bek, duet Ridwan Ramadhani dan M. Erwin dipercaya untuk membendung serangan tim tamu sekaligus melapisi Endang Subrata di posisi penjaga gawang.

Di lain pihak, Persib memasang beberapa pemain baru yang dikombinasikan muka-muka lama. Di lini depan, Maung Bandung turun dengan pemain muda, Wildan Ramdhani. Sementara lini tengah diisi nama-nama seperti Frets Butuan, Srdan Lopicic, dan Febri Hariyadi. Adapun duet lini belakang ditempati Wildansyah dan Indra Mustafa.

Persib tampil mendominasi di awal laga. Hingga pertandingan berjalan sepuluh menit, satu tendangan yang mengarah ke gawang dihasilkan Maung Bandung melalui Febri Hariyadi. Namun, sepakannya masih bisa ditangkap dengan baik oleh Endang Subrata.

Di sisi lain, Persiwa lebih banyak bertahan. Penampilan Endang Subrata di bawah mistar cukup apik dalam menahan serangan dari tim tamu. Tak hanya itu, rapatnya lini belakang yang dikomandoi oleh M. Erwin dan kawan-kawan membuat lini depan Persib buntu.

Kendati demikian, Srdan Lopicic dan kolega terus-menerus melakukan serangan. Tak hanya mengandalkan lini tengah, beberapa kali serangan ditempuh melalui sisi sayap untuk kemudian melakukan crossing. Namun, hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya paruh pertama, skor tetap bertahan 0-0.

Di babak kedua, masuknya Ezechiel N’Douassel dan Esteban Vizcarra menggantikan Wildan Ramdhani dan Frets Butuan menjadi indikasi bahwa Maung Bandung bakal tampil lebih menyerang guna mencetak gol.

Hasilnya, baru lima menit berada di lapangan, Ezechiel langsung menebar ancaman melalui tendangan bebas. Sayang, meski mengarah ke gawang, sepakannya masih bisa diantisipasi dengan baik oleh kiper Persiwa.

Tuan rumah bukannya tanpa peluang. Pada menit ke-62, Fabio Marko hampir saja menggetarkan gawang I Made Wirawan lewat skema serangan balik cepat. Dua menit berselang, Persib langsung membalas melalui sepakan first time Ezechiel yang masih dapat ditepis Endang Subrata. Skor tetap 0-0.

Di pengujung laga, penyerang Persiwa, Agus Salim mendapatkan kartu kuning kedua yang membuatnya memperoleh kartu merah lantaran mengulur-ulur waktu.

Tak lama berselang, wasit meniupkan peluit yang menandakan berakhirnya pertandingan. Leg pertama 32 besar Piala Indonesia antara Persiwa vs Persib pun berakhir dengan skor 0-0.

Dengan hasil ini, kedua tim mesti meraih kemenangan di leg kedua yang dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (4/2/2019) di Stadion Gelora Bandung Lautan Api untuk memastikan satu tempat di 16 besar Piala Indonesia 2019.

Susunan Pemain

Persiwa: Endang Subrata; Abdul Gafur; Ridwan Ramadhani; M. Erwin; Sedek Sanaky; Munawir Basri; Arfan Arywijaya; Noldi Saputra; Fabio Marko; Samsul Bahri; Agus Salim.

Cadangan: Burhanudin; Andi Usman; Jojo; Reynaldi Junior; Rondi Alfera; Bakhrudin Al Ayubi.

Persib: I Made Wirawan; Henhen Herdiana; Wildansyah; Indra Mustafa; Ardi Idrus; Febri Hariyadi; Kim Kurniawan; Srdan Lopicic; Erwin Ramdani; Frets Butuan; Wildan Ramdhani.

Cadangan: Aqil Savik; Abdul Aziz; Beckham Putra; Esteban Vizcarra; Hariono; Zalnando; Ezechiel N’Douassel.

Baca juga artikel terkait PIALA INDONESIA 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Hendi Abdurahman