Piala AFF U-15 2019

Hasil Malaysia vs Vietnam Skor 3-1, Lolos Final Piala AFF U15 2019

Oleh: Fitra Firdaus - 7 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Malaysia vs Vietnam yang berakhir 3-1 memastikan Harimau Muda ke final Piala AFF U-15 2019, menunggu pemenang Thailand vs Indonesia.
tirto.id - Hasil pertandingan Malaysia vs Vietnam di semifinal Piala AFF U-5 2019 berakhir dengan skor 3-1. Dua gol yang dikemas Nabil Qayyum Zainuddin dan satu dari Aliff Izwan Yuslan dalam laga Rabu (7/8/2019) di Stadion Kampus Chonburi 1 menjadi kunci Harimau Muda lolos ke final.

Bagi Malaysia U-15, keberhasilan lolos ke final membuka harapan mereka untuk mengulang prestasi edisi 2013 lalu. Ketika itu Harimau Muda menang adu penalti dari Timnas Indonesia dengan skor 3-2.

Malaysia berangkat ke semifinal Piala AFF tahun ini dengan status juara Grup B di babak penyisihan. Sementara itu, Vietnam adalah runner-up Grup A, di bawah Indonesia. Kepastian Vietnam lolos baru terjadi di partai terakhir, ketika mereka menumbangkan Timor Leste 1-0.

Vietnam, yang di penyisihan grup hanya mencetak 8 gol --hampir setengah dari total gol Malaysia---, sempat unggul lebih dahulu. Menit kesembilan, Pham Van Phong membobol gawang Harimau Muda yang dikawal Zulhilmi Sarani.

Namun, keunggulan itu tidak berlangsung lama. Berselang lima menit, Malaysia mampu membalas. Penyerang nomor 7, Nabil Qayyum Zainuddin mencetak gol ketiganya sepanjang turnamen. Kedudukan imbang tersebut tidak berubah hingga turun minum.




9 menit memasuki babak kedua, Nabil Qayyum kembali tercatat sebagai pencetak gol. Sang penyerang menjaringkan bola masuk gawang Vietnam yang dijaga Nguyen Quang Truong. Vietnam berbalik tertinggal, dan ini untuk kedua kalinya The Golden Stars Junior terkoyak dua kali dalam satu laga di Piala AFF U-15 2019, setelah dipermak Indonesia 0-2 di laga perdana.

Sudah memimpin 2-1, Malaysia akhirnya mencetak gol ketiga dalam laga ini, sekaligus yang ke-18 di turnamen. Pelakunya, Aliff Izwan Yuslan ketika laga sudah berjalan 79 menit. Keunggulan Harimau Muda tidak terbantahkan lagi, dan mereka lolos ke final untuk pertama kalinya dalam 7 tahun terakhir.

Sebaliknya, impian Vietnam untuk lolos kembali ke final, seperti yang terakhir kali terjadi pada 2017, kandas. Kini, mereka menunggu lawan di perebutan tempat ketiga, antara Indonesia atau Thailand yang baru berlaga pada Rabu (7/8/2019) petang pukul 18.00 WIB.

Pencetak Gol: Nabil Qayyum Zainuddin 14 dan 49, Aliff Izwan Yuslan 78 (Malaysia)/ Pham Van Phong 9 (Vietnam)

Baca juga artikel terkait PIALA AFF U-15 2019 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight