Hasil Liverpool vs Chelsea: Tuan Rumah Mendominasi di Babak Pertama

Oleh: Hendi Abdurahman - 14 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 0-0 menjadi hasil babak pertama Liverpool vs Chelsea di pekan 34 Liga Inggris yang digelar di Stadion Anfield, Minggu (14/4/2019).
tirto.id - Laga Liverpool vs Chelsea di babak pertama yang dihelat di Stadion Anfield, Minggu (14/4/2019) berkesudahan dengan skor sementara 0-0. Kendati mendominasi jalannya laga, kukuhnya lini pertahanan The Blues membuat The Reds tak mampu membobol gawang Kepa Arrizabalaga.

Tuan rumah Liverpool tampil dengan formasi 4-3-3. Tiga penyerang andalan, Sadio Mane, Roberto Firmino, dan Mohamed Salah mengisi lini serang yang dibantu oleh Jordan Henderson di area tengah. Adapun duet lini belakang dipercayakan kepada Virgil van Dijk dan Joel Matip.

Sama halnya dengan tuan rumah, tim tamu pun mengusung formasi serupa 4-3-3. Willian, Hudson-Odoi dan Eden Hazard menempati barisan lini depan. Jorginho ditempatkan di lini tengah untuk menjadi penyeimbang sekaligus menjaga kedalaman. Sementara Antonio Rudiger dan David Luiz menjadi duet di lini pertahanan.


Peluang pertama pada pertandingan ini dimiliki Liverpool saat babak pertama berjalan enam menit. Sadio Mane yang bergerak dari sisi kanan pertahanan Chelsea memberikan crossing ke kotak penalti yang disambut oleh sepakan Mohamed Salah. Namun, kesigapan Kepa Arrizabalaga membuat keadaan tak berubah.

Liverpool kerap mendominasi penguasaan bola. Garis pertahanan tinggi yang diterapkan pun membuat Chelsea lebih banyak bertahan. Namun, dalam satu momentum serangan balik pada menit 30, The Blues nyaris unggul andai sepakan Willian yang berlari cepat dari tengah lapangan tak melebar. Skor tetap 0-0.

Tujuh menit jelang paruh pertama berakhir, Sadio Mane memperoleh peluang. Diawali serangan dari sayap kanan yang dilakukan Mohamed Salah, Sane yang mendapatkan bola langsung melakukan tendangan keras dari dalam kotak penalti yang sayangnya melebar di sisi kiri gawang.

Pada menit 40, Antonio Rudigor mengalami cedera dan tidak bisa melanjutkan pertandingan. Maurizio Sarri pun menunjuk Andreas Christensen sebagai teman David Luiz di lini belakang.

Di sisa waktu, tak ada gol dari kedua tim. Skor 0-0 pun bertahan hingga turun minum. Liverpool mendominasi penguasaan bola dengan 63 persen berbanding 37 persen milik Chelsea.

Susunan Pemain

Liverpool:Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Jordan Henderson (c), Fabinho, Naby Keita; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane.

Cadangan: Xherdan Shaqiri, Daniel Sturridge, Simon Mignolet, Dejan Lovren, Divock Origi, James Milner, Georginio Wijnaldum.

Chelsea: Kepa Arrizabalaga; Cesar Azpilicueta (c), Antonio Rudiger, David Luiz, Emerson Palmieri; N'Golo Kante, Jorginho, Ruben Loftus-Cheek; Willian, Eden Hazard, Callum Hudson-Odoi.

Cadangan: Ross Barkley, Gonzalo Higuain, Andreas Christensen, Mateo Kovacic, Willy Caballero, Pedro, Olivier Giroud.

Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight