Hasil Liga Negara Eropa: Kroasia Kalahkan Spanyol Lewat Drama 5 Gol

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 16 November 2018
Dibaca Normal 2 menit
Pertandingan Liga Negara Eropa UEFA antara Timnas Kroasia vs Spanyol berakhir dengan skor 3-2.
tirto.id - Pertandingan Kroasia vs Spanyol dalam lanjutan Liga Negara Eropa UEFA di Stadion Maksimir, Jumat (16/11/2018) dini hari waktu Indonesia berakhir dengan skor 3-2. Sepasang gol Tin Jedvac dan satu lainnya dari Andrej Kramaric hanya dapat dibalas dua kali oleh Spanyol, lewat aksi Dani Ceballos serta Sergio Ramos.

Tambahan tiga poin mengantarkan Kroasia total mengemas empat angka di klasemen Grup 4 Liga A. Mereka menyamai torehan Inggris, namun kalah selisih gol. Sementara bagi Spanyol, kekalahan ini tak menggeser mereka dari posisi teratas dengan torehan enam poin.

Pada laga ini Spanyol yang membutuhkan kemenangan untuk lolos ke Piala Eropa tampil dengan formasi 4-3-3. Pelatih Luis Enrique mengandalkan trisula Rodrigo-Isco-Aspas di lini depan. Sergio Busquets tetap jadi otak di lini tengah, sementara sektor belakang dihuni duet bek solid: Sergio Ramos dan Inigo Martinez.

Di lain pihak, Kroasia mengandalkan formasi 4-2-3-1. Andrej Kramaric diberi kesempatan tampil sebagai ujung tombak tunggal, ditopang trisula Rebic-Modric-Perisic.

Laga baru berlangsung enam menit saat Kroasia menebar ancaman lewat skema bola mati, namun dapat dihadang De Gea. Hingga pada menit 14 Andrej Kramaric nyaris memecah kebuntuan. Ia menyambar umpan kiriman Ivan Perisic, namun hasilnya bola menyamping tipis dari gawang.

Pada menit ke-32 giliran Perisic mengancam gawang De Gea lewat sundulan. Hasilnya bola melambung tipis di atas mistar.

Spanyol sendiri bukannya tak merespons. Beberapa tekanan sempat dihadirkan La Furia Roja, namun lebih banyak tak efektif. Jual beli serangan dilancarkan kedua tim, namun kebuntuan tak terpecahkan sepanjang paruh pertama. Babak pertama ditutup dengan skor sementara 0-0.

Di awal babak kedua, Spanyol mulai memegang alur permainan. Hingga laga memasuki menit 50, mereka bahkan sempat menguasai ball possession hingga angka 70 persen.

Sayangnya, dominasi tersebut seolah tak berarti lantaran pada menit 54, gawang David De Gea akhirnya bobol juga. Sapuan tak sempurna Sergio Roberto membuat Perisic yang mampu merebut bola membaca dengan jitu pergerakan Andrej Kramaric. Perisic lantas mengirim umpan, yang disambar Kramaric dengan sepakan ke tiang dekat. David De Gea tak berkutik menghadang laju bola, dan skor menjadi 1-0.

Namun, tak butuh waktu lama bagi Spanyol untuk merespons. Hanya dua menit sejak gol Kramaric, La Furia Roja membalas lewat aksi Dani Ceballos. Visi sempurna Isco dalam mengirim umpan kepada Ceballos dimaksimalkan dengan baik. Kerja sama dua pemain Real Madrid itu berakhir dengan sepakan yang berujung gol internasional pertama bagi Ceballos. Skor 1-1.

Dua gol cepat yang tak mengubah posisi imbang membuat kedua kesebelasan tampil kian termotivasi. Laga memasuki menit 61 saat Spanyol melakukan perubahan. Enrique memasukkan Marco Asensio untuk menggantikan peran Rodrigo di lini depan.

Kemudian, pada menit 62 La Furia Roja hampir membalikkan kedudukan. Iago Aspas menyambar bola muntah hasil umpan Isco dengan sepakan yang sayangnya hanya mellebar dari sasaran.

Peluang tersebut jadi yang terakhir untuk Aspas. Pada menit 64 ia digantikan oleh bomber asal Chelsea, Alvaro Morata.

Kroasia turut merespons perubahan komposisi lawan. Pada menit 69 Nikola Vlasic masuk menggantikan Ivan Rakitic.

Kroasia akhirnya kembali unggul pada menit 70. Kecemerlangan Luka Modric yang menusuk di sisi sayap dan melepaskan umpan silang ke tiang jauh dituntaskan dengan baik oleh Tin Jedvac. Sang bek sayap menuntaskan dengan baik umpan sang kapten untuk memperdaya De Gea dan menjadikan skor 2-1.

Kroasia bahkan hampir kian menjauh pada menit 72, namun David De Gea melakukan penyelamatan apik. Ia menghalau bola hasil kerja sama umpan silang pemain lawan di depan gawang, sekaligus menjadikan skor tetap 2-1.

Performa apik De Gea hampir diimbangi oleh agresivitas lini depan Spanyol yang nyaris membuahkan hasil di menit 76. Umpan akurat Asensio dituntaskan Morata dengan sepakan akurat. Sayang, gol tak tercipta karena arah bola dapat dibaca dan diblok Sime Vrsaljko.

Sayang, penyelamatan apik Vrsaljko ternoda, lantaran menjelang laga usai ia melakukan handsball di kotak penalti sendiri. Wasit tak ragu menunjuk titik putih dan memberi hadiah tendangan penalti untuk Spanyol.

Sergio Ramos yang mengeksekusi penalti tersebut pada menit 80 menjalankan tugasnya dengan baik. Sepakan penggawa Real Madrid itu menggetarkan jala dan memaksa Lovre Kalinic memungut bola untuk kali kedua. Skor berubah menjadi 2-2.

Laga seolah akan berakhir imbang hingga pada injury time Kroasia mengunci kemenangan lewat gol kedua Tin Jedvaj. Ia memaksimalkan dengan baik bola muntah hasil penyelamatan tak sempurna De Gea terhadap aksi Brekalo. Dengan jitu, Jedvaj menyarangkan si kulit bundar ke gawang kosong dan menjadikan laga berakhir dengan skor 3-2.

Statistik Laga

Kroasia
Aspek
Spanyol
15 Tendangan 13
7 Tendangan ke arah gawang 6
33% Penguasaan bola 67%
11 Pelanggaran 11
2 Kartu kuning 2
0 Kartu merah 0
0 Offside 4
5 Tendangan Sudut 3

Susunan Pemain

Timnas Kroasia: Lovre Kalinic; Sime Vrsaljko, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Tin Jedvaj; Ivan Rakitic, Marcelo Brozovic; Ante Rebic, Luka Modric, Ivan Perisic; Andrej Kramaric.

Cadangan: Mateo Kovacic, Milan Badelj, Filip Bradaric, Matej Mitrovic, Marko Rog, Dominik Livakovic, Karlo Letica, Nikola Vlasic, Antonio Milic, Josip Brekalo, Marko Pjaca, Mario Pasalic.

Timnas Spanyol: David De Gea; Sergi Roberto, Sergio Ramos, Inigo Martinez, Jordi Alba; Saul Niguez, Sergio Busquets, Dani Ceballos; Rodrigo, Isco, Iago Aspas.

Cadangan: Rodri, Marco Asensio, Alvaro Morata, Diego Llorente, Mario Hermoso, Jonny, Suso, Pau Lopez, Jose Gaya, Kepa Arrizabalaga, Cesar Azpilicueta, Pablo Fornals.

Baca juga artikel terkait LIGA NEGARA EROPA atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan