Liga Italia

Hasil Juventus vs Chievo, Bianconeri Masih Kokoh di Puncak Klasemen

Oleh: Gilang Ramadhan - 22 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor akhir 3-0 menjadi hasil Juventus vs Chievo dalam laga penutup pekan 20 Liga Italia Serie A 2018/2019 pada Selasa (22/1/2019).
tirto.id - Hasil pertandingan Juventus vs Chievo dalam laga penutup pekan 20 Liga Italia Serie A 2018/2019 berkesudahan dengan skor akhir 3-0. Bermain di Allianz Stadium pada Selasa (22/1/2019) dini hari waktu Indonesia,

Dalam laga ini, Massimiliano Allegri sebagai pelatih tuan rumah menurunkan formasi 4-4-2 dengan mengandalkan duet Cristiano Ronaldo dan Paulo Dybala di lini depan. Selain itu, Wojciech Szczesny sebagai penjaga gawang digantikan oleh Mattia Perin. Douglas Costa turun menggantikan Mario Mandzukic yang mengalami cedera.

Di kubu lawan, Chievo arahan Domenico Di Carlo mengandalkan Sergio Pellissier dan Riccardi Meggiorini di lini serang. Sementara motor serangan dipercayakan kepada Ivan Radovanovic dan Paperim Hetemaj. Kehilangan Valter Birsa yang pindah ke Cagliari membuat Emanuele Giaccherini mengisi posisi gelandang serang.

Babak pertama dimulai, Chievo justru mengancam gawang Juventus terlebih dahulu pada menit ke-5. Sergio Pellissier dan Riccardo Meggiorini berhasil membuat pertahanan tuan rumah kalang kabut. Meggiorini berhasil lolos dari kawalan di sisi kanan kotak penalti Juventus dan melancarkan tendangan keras ke arah gawang. Beruntung bagi Juventus lantaran Mattia Perin dengan gemilang menepis sepakan tersebut.

Laga memasuki menit 13, Juventus berhasil memecah kebuntuan melalui sepakan Douglas Costa. Menerima umpan dari Paulo Dybala di lini tengah, pemain asal Brasil itu melakukan aksi individu dengan menggiring bola sendirian hingga depan kotak penalti. Tendangan keras kaki kirinya berhasil melaju deras ke sisi kanan bawah gawang Chievo yang dijaga Stefano Srrentino.



Juventus kembali mengancam gawang Chievo ketika laga bergulir pada menit 35. Kali ini Cristiano Ronaldo berhasil mengirim umpan kepada Federico Bernardeschi di depan kotak penalti. Mantan pemain Fiorentina itu melepaskan sepakan keras ke arah gawang, yang sayangnya masih dapat diblok oleh Sorrentino dengan kakinya dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Jelang babak pertama berakhir, tepatnya pada menit 45, Bianconeri berhasil menggandakan keunggulannya. Kali ini Emre Can berhasil mencatatkan namanya di papan skor usai memanfaatkan umpan dari Paulo Dybala di dalam kotak penalti. Bola hasil sepakannya melaju mulus ke sudut kanan bawah gawang. Skor 2-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Juventus langsung melancarkan ancaman ketika laga baru memasuki menit 51. Sepakan Douglas Costa membentur tangan dari Mattia Bani yang menghasilkan penalti. Cristiano Ronaldo yang maju menjadi eksekutor gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Stefano Sorrentino dengan gemilang menepis sepakan pemain asal Portugal itu.

Pada menit 67, Chievo hampir saja memperkecil ketertinggalan melalui aksi Riccardo Meggiorini. Sang bomber menyambut umpan silang dari Emanuele Giaccherini yang sayangnya masih dapat diselamatkan dengan baik oleh kiper tuan rumah, Mattia Perin.

Enam menit jelang laga bubar, Juventus berhasil mengunci kemenangan melalui gol Daniel Rugani. Bermula dari umpan Federico Bernardeschi memanfaatkan situasi tendangan bebas dari sisi kiri luar kotak penalti, bek internasional Italia itu dengan mudah menanduk bola. Stefano Sorrentino hanya terdiam melihat bola masuk ke gawangnya.

Dengan hasil ini, pasukan Max Allegri kembali menjauhi Napoli di klasemen sementara. Saat ini Juve unggul sembilan poin dari pesaing terdekatnya tersebut. Total, Juventus mencetak 20 peluang yang setengahnya mengarah tepat ke gawang dari 62% penguasaan bola. Sementara sang tamu hanya memiliki 8 peluang yang 3 di antaranya mengarah ke gawang.



Susunan Pemain Inti

JUVENTUS (4-4-2): Mattia Perin; Mattia De Sciglio, Daniele Rugani, Giorgio Chiellini (c), Alex Sandro; Federico Bernardeschi, Emre Can, Blaise Matuidi, Douglas Costa; Paulo Dybala, Cristiano Ronaldo

CHIEVO (4-3-1-2): Stefano Sorrentino; Fabio Depaoli, Nenad Tomovic, Luca Rossettini, Mattia Bani; Perparim Hetemaj, Ivan Radovanovic, Sofian Kiyine; Emanuele Giaccherini; Sergio Pellissier (c), Riccardo Meggiorini

Baca juga artikel terkait LIGA ITALIA atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Gilang Ramadhan