Hasil Drawing 16 Besar UCL

Hasil Drawing Ulang 16 Besar Liga Champion 2021 & Daftar Big Match

Penulis: Fitra Firdaus - 13 Des 2021 21:22 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Hasil drawing ulang 16 besar Liga Champion 2021/22: PSG vs Madrid, Inter vs Liverpool, ATM vs Man United. Jadwal 16 besar UCL mulai 16-17 Februari 2022.
tirto.id - Hasil drawing ulang 16 besar Liga Champions 2021/2022 di di House of European Football, Nyon, Swiss pada Senin (13/12/2021) memastikan terjadi big match antara PSG vs Real Madrid, Inter Milan vs Liverpool, dan Atletico Madrid vs Manchester United.

Rangkaian duel lain yang terjadi di 16 besar UCL 2021/2022 adalah Salzburg vs Bayern Munchen, Sporting CP (Lisbon) kontra Manchester City, Benfica lawan Ajax, Chelsea vs Lille, dan Villarreal yang berduel menghadapi Juventus.

Jadwal leg pertama 16 besar UCL akan berlangsung pada 16, 17, 23, dan 24 Februari 2022. Sementara itu, leg kedua berlangsung pada 9, 10, 16, dan 17 Maret 2022.



Awalnya, drawing 16 besar Liga Champions musim ini sudah dilakukan pada Senin (13/12) pukul 12.00 CET atau 18.00 WIB. Hasilnya, terjadi duel Benfica vs Real Madrid, Villarreal vs Manchester City, Atletico Madrid vs Bayern Munchen, Salzburg vs Liverpool, Inter Milan vs Ajax Amsterdam, Sporting Lisbon vs Juventus, Chelsea vs Lille, dan terakhir PSG vs Manchester United.

Namun, UEFA menyatakan undian tersebut tidak sah. Dalam keterangan resmi mereka, Badan Sepak Bola Eropa itu menyebutkan, "Terkait masalah teknis dengan perangkat lunak dari penyedia layanan eksternal yang menginstruksikan ofisial tentang tim mana yang berhak untuk bertemu satu sama lain, kesalahan material terjadi dalam pengundian untuk babak 16 besar Liga Champions. Sebagai akibatnya, hasil undian telah dinyatakan batal dan diulang pada pukul 15.00 CET."

Salah satu kesalahan yang disorot adalah ketika Atletico Madrid (runner-up Grup B) tidak masuk sebagai salah satu lawan yang mungkin dihadapi oleh Manchester United (juara Grup F).

Padahal, dalam aturan UEFA, tim yang tidak boleh bertemu satu sama lain hanyalah mereka yang berasal dari negara (asosiasi sepak bola) yang sama, dan mereka yang berasal dari grup yang sama.

Alhasil, terjadi pengundian ulang dengan hasil 7 dari 8 undian berbeda dari hasil drawing sebelumnya. Hanya duel Chelsea vs Lille yang tidak berubah, sedangkan tim-tim lain mengalami perubahan lawan.



Jika dalam undian sebelumnya Bayern Munchen diundi untuk bertemu Atletico Madrid, kali ini tidak demikian. Die Roten yang berstatus juara Grup E, akan menghadapi Red Bull Salzburg, klub Austria yang lolos sebagai runner-up Grup G.

Perubahan juga terjadi untuk Manchester City, juara Grup A. Tim asuhan Pep Guardiola awalnya akan berduel dengan Villarreal. Namun, dalam drawing ulang, The Citizens mesti meladeni Sporting Lisbon, tim yang dalam perjalanan di Grup C mampu menyingkirkan Borussia Dortmund ke Europa League.

Perubahan lain terjadi untuk Ajax Amsterdam. Wakil Liga Belanda itu awalnya akan meladeni juara Liga Italia musim lalu, Internazionale. Namun, dalam undian ulang, bukan Nerazzurri yang akan menjadi lawan De Amsterdammers, melainkan Benfica, yang di Grup E mampu menjegal Barcelona ke UEL.

Namun, Chelsea sang juara bertahan UCL mendapatkan keunikan tersendiri. The Blues kembali dipertemukan dengan Lille, sang juara Liga Perancis musim lalu. Lille sendiri musim ini cukup tertatih di Ligue 1, hanya berada di papan tengah. Namun, fakta bahwa LOSC lolos sebagai juara Grup G layak jadi catatan Thomas Tuchel.

Di antara deretan pertandingan sengit di 16 besar Liga Champions 2021/2022, terdapat 3 laga yang tergolong big match. Yang pertama adalah PSG vs Real Madrid. Klub Paris yang awalnya bertemu Manchester United, kini harus bertemu Los Blancos, sang juara UCL 13 kali.

Dalam 10 pertemuan sebelumnya, Real Madrid masih unggul jumlah kemenangan dari PSG, dengan 4 menang, 3 seri, dan 3 kalah. Namun, kedua tim terakhir kali berjumpa di fase grup Liga Champions 2020/2021. Kala itu, Paris menang 3-0 di Parc des Princes lalu imbang 2-2 di Santiago Bernabeu.

Selain itu, PSG musim panas ini mendatangkan para bintang, termasuk Sergio Ramos yang pernah menjadi kapten Los Blancos. Belum lagi Lionel Messi yang pernah menghantui Madrid dalam El Clasico ketika berseragam Barcelona.

Sementara itu, Atletico Madrid akan meladeni Manchester United. ATM punya kenangan indah ketika mengandaskan Iblis Merah di ronde kedua Piala Winners 1991/1992 dengan agregat 4-1. Kala itu ATM menyingkirkan United yang berstatus juara bertahan.

Namun, kali ini pasukan Diego Simeone mesti berhadapan dengan United yang bukan cuma diperkuat oleh mesin gol Cristiano Ronaldo, tetapi juga diracik oleh pelatih kawakan, Ralf Rangnick.

Duel lain adalah Internazionale vs Liverpool, sesama tim yang pernah merasakan gelar Liga Champions. Inter penah menyingkirkan The Reds ketika hendak juara European Cup 1964/1965. Namun, kubu Anfield pernah pula membenamkan Nerazzurri di 16 besar UCL 2007/2008.



Hasil Drawing Ulang 16 Besar Liga Champion 2021/22


Berikut ini hasil undian ulang babak 16 besar Liga Champions 2021/2022 yang dilakukan oleh UEFA pada Senin, 13 Desember 2021 pukul 15.00 CET atau 12.00 WIB.

Undian ini melibatkan 4 wakil Liga Inggris (EPL), 3 wakil Liga Spanyol (LaLiga), 2 wakil Liga Italia (Serie A), 2 wakil Liga Perancis (Ligue 1), 2 wakil Liga Portugal (Primeira Liga), 1 wakil Liga Jerman (Bundesliga), 1 wakil Liga Belanda (Eredivisie), dan 1 wakil Liga Austria.

Red Bull Salzburg vs Bayern

Sporting Lisbon vs Manchester City

Benfica vs Ajax

Chelsea vs Lille

Atletico Madrid vs Manchester United

Villarreal vs Juventus

Inter Milan vs Liverpool

PSG vs Real Madrid

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPION 2021 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight