Hasil Drawing Semifinal Piala FA 2019: Manchester City vs Brighton

Oleh: Permadi Suntama - 18 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil drawing semifinal Piala FA 2019: Manchester City vs Brighton, dan Watford vs Wolverhampton.
tirto.id - Berdasarkan hasil drawing semifinal Piala FA 2019 yang digelar pada Minggu (17/3/2019), Manchester City akan bertarung melawan Brighton & Hove Albion. Sementara itu, Wolverhampton yang pada babak perempat final mengalahkan Manchester United, berjumpa dengan Watford.

Undian semifinal Piala FA 2019 langsung dilaksanankan usai pertandingan Millwall vs Brighton di Stadion The Den, pada Minggu (17/3) lalu. Dalam laga tersebut, tim tamu Brighton berhasil mengamankan tiket ke babak empat besar setelah mengalahkan Millwall melalui drama adu penalti.

Dalam waktu normal, kedua tim bermain imbang 2-2. Brighton akhirnya keluar sebagai pemenang, usai penendang ke-6 Millwall, Jake Cooper gagal mengeksekusi bola dengan sempurna. Skor pun berubah menjadi 6-7 untuk kemenangan di pihak Brighton.

Jika melihat empat tim yang berada di semifinal Piala FA 2019, Manchester City dapat dikatakan sebagai tim terkuat. Mereka bahkan masih berpeluang meraih empat gelar musim ini. Selain di Piala FA, City berpotensi menjadi juara Liga Champions dan Liga Inggris. Satu trofi sudah didapatkan, yaitu Piala Liga Inggris.

Juru taktik Brighton, Chris Hughton, menyebut 3 tim lain di babak semifinal jelas tak ingin berjumpa dengan The Citizens. Namun, dalam undian, timnyalah yang akan coba membendung laju Sergio Aguero dan rekan-rekan melaju ke partai puncak.

“Ketiga tim [termasuk kami] mungkin tidak ingin menghadapi Manchester City [di semifinal] tetapi pada saat ini, kami sangat senang [dan akan mencoba] untuk melewati [Manchester City] dan jika kami berpikir kami tidak bisa menang, maka itu tidak ada gunanya," kata Hughton dikutip Guardian.

"Kami menghadapi salah satu tim terbaik di negara ini, tetapi pada hari itu [semifinal], kami memiliki kesempatan dan kami harus memastikan segalanya berjalan sesuai keinginan kami," tambahnya.



Juru taktik asal Irlandia itu pun menyebut segalanya masih mungkin bagi Brighton untuk melaju ke partai puncak. Pasalnya, mereka juga menang secara dramatis atas Millwall sempat tertinggal 2-0 hingga menit ke-88.

The Seagulls berhasil menyamakan kedudukan lewat Jurgen Locadia dan Solly March, yang membuat pertandingan berlanjut ke perpanjangan waktu dan akhirnya menang adu penalti.

“Tapi seperti yang [kami] tunjukkan hari ini [menghadapi Millwall] dan kemarin, kami bisa membuat kejutan. Jika Anda memiliki cukup uang untuk Anda, dan lawan tidak memiliki salah satu hari terbaik mereka, siapa yang tahu apa yang bisa terjadi? [di semifinal]," tandas sang juru taktik.

Musim ini, Brigton sudah bertemu dengan Machester City sekali di Liga Inggris, yakni pada 29 September 2018, yang berakhir dengan skor 2-0 untuk City. Sementara di Piala FA, kedua tim pernah bertemu 2 kali, yakni pada 1983, ketika Brighton berhasil menumbangkan City 4-0, dan tumbang 5-1, pada 1924.

Hasil drawing semifinal Piala FA 2018/2019 adalah sebagai berikut.

Manchester City vs Brighton
Watford vs Wolverhampton

Baca juga artikel terkait PIALA FA 2019 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight