Hasil Ajax vs Bayern Munchen, Drama Enam Gol & Dua Kartu Merah

Oleh: Gilang Ramadhan - 13 Desember 2018
Dibaca Normal 2 menit
Skor akhir 3-3 menjadi hasil Ajax vs Bayern Munchen dalam laga lanjutan kompetisi Liga Champions 2018/2019 pada Kamis (13/12/2018).
tirto.id - Hasil pertandingan Ajax vs Bayern Munchen dalam lanjutan kompetisi Liga Champions 2018/2019 berkesudahan dengan skor akhir 3-3. Bertempat di Johan Cruyff Arena pada Kamis (13/12/2018), drama enam gol, dua kartu merah serta dua penalti mewarnai hasil imbang pada laga ini. Hasil ini tak membuat posisi mereka di klasemen berubah, Bayern Munchen tetap menjadi juara Grup E.

Tim tamu Bayern Munchen sukses terlebih dahulu unggul pada babak pertama. Kendati hanya mencatat 31% penguasaan bola, Bayern sukses mencatatkan 5 tendangan tepat sasaran yang 1 di antaranya berbuah gol. Sementara tuan rumah yang tampil dominan dengan 69% penguasaan bola pada babak pertama sukses mencatat 3 tendangan tepat ke gawang.

Bayern Munchen berhasil membuka keunggulan melalui sepakan Robert Lewandowski. Berawal dari sepak pojok pendek Thiago Alcantara, bola akhirnya jatuh di kaki Serge Gnabry yang kemudian langsung mengirim umpan terobosan kepada Robert Lewandowski di kotak penalti. Tanpa pengawalan, sepakan keras bomber Polandia itu menggetarkan jala gawang tuan rumah.

Ajax merespons pada menit 26 melalui tandukan Donny van de Beek. Menerima umpan tarik terukur dari David Neres dari sisi kiri pertahanan Die Bayern di depan kotak penalti, tandukan Van de Beek masih tepat mengarah kepada Manuel Neuer. Selang satu menit kemudian, Andre Onana melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis sepakan jarak dekat Robert Lewandowski.



Memasuki babak kedua, Ajax tidak mengendurkan tekanan mereka kepada tim tamu. Pressing tinggi yang ditunjukkan tuan rumah menyulitkan pergerakan para pemain tengah Bayern hingga seringnya kehilangan bola di daerah sendiri.

Pada menit 56, David Neres gagal mengeksekusi peluang terbuka untuk menjadi gol. Bermula dari pergerakan individu Hakim Ziyech di sisi kiri pertahanan tim tamu, winger asal Maroko tersebut sukses melewati dua pemain dan mengirim umpan pendek kepada Neres di depan kotak penalti. Akan tetapi sepakan yang kemudian dilepaskan Neres masih melambung di atas mistar.

Ajax akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit 61 melalui kerja sama tim yang sangat baik. Dusan Tadic berhasil menuntaskan dengan mudah umpan Donny Van De Beek dari sisi kanan kotak penalti. Tanpa penjagaan, Tadic menceploskan bola ke gawang yang tak terjaga dengan baik oleh Manuel Neuer.

Akan tetapi tuan rumah Ajax harus bermain dengan 10 orang pemain sejak menit 67. Maximilian Wober menerima kartu merah usai melakukan tekel keras dengan dua kaki kepada Leon Goretzka.

Wasit kembali mengeluarkan kartu merah pada menit 75. Kali ini Thomas Muller dari Bayern Munchen melakukan tendangan keras kepada Nicolas Tagliafico tepat di kepalanya. Keadaan kembali berimbang dengan 10 lawan 10.

Pada menit ke-80, wasit menunjuk titik putih setelah Kasper Dolberg dari Ajax dilanggar di kotak terlarang oleh Jerome Boateng. Dusan Tadic yang maju menjadi eksekutor sukses menyarangkan bola dan membuat Manuel Neuer mati langkah. Skor berbalik untuk keunggulan Ajax.

Pertandingan memasuki menit 85, tuan rumah berhasil mencatatkan 7 sepakan tepat sasaran dari 54% penguasaan bola. Sementara Bayern Munchen menciptakan 11 peluang yang 7 di antaranya menemui sasaran.

Empat menit jelang laga bubaran, Bayern Munchen juga mendapat hadiah penalti dari wasit buah pelanggaran yang dilakukan Nicolas Tagliafico terhadap Thiago Alcantara. Robert Lewandowski yang maju menjadi algojo berhasil menyarangkan bola dengan baik.

Tim tamu justru kembali unggul secara dramatis berkat gol pemain pengganti, Kingsley Coman pada menit 90. Bermula dari kesalahan lini belakang Ajax, thiago Alcanatara berhasil memberikan umpan kepada Coman yang tak terkawal. Dengan tenang pemain asal Perancis itu membobol gawang Andre Onana.

Akan tetapi, Ajax tidak menyerah begitu saja pada 7 menit waktu tambahan yang diberikan wasit. Menit 95, Niklas Sule melakukan gol bunuh diri setelah salah dalam mengantisipasi umpan Klas Jan Huntelaar di muka gawang sendiri. Hasil 3-3 bertahan hingga pertandingan berakhir.

Susunan Pemain

Ajax (4-3-3): Andre Onana; Noussair Mazraoui, Matthijs de Ligt, Maximilian Wober, Nicolas Tagliafico; Frenkie de Jong, Daley Blind, Donny van de Beek; Hakim Ziyech, David Neres, Dusan Tadic.

Bayern Munchen (4-2-3-1): Manuel Neuer; Rafinha, Jerome Boateng, Niklas Sule, David Alaba; Joshua Kimmich, Leon Goretzka; Serge Gnabry, Thomas Muller, Franck Ribery; Robert Lewandowski.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Gilang Ramadhan