Hari Bangga Buatan Indonesia: Tujuan Program & Promo 5-13 Mei 2021

Oleh: Addi M Idhom - 3 Mei 2021
Dibaca Normal 1 menit
Pemerintah dan 72 e-commerce bekerja sama menggelar program Hari Bangga Buatan Indonesia.
tirto.id - Pemerintah menetapkan tanggal 5 Mei 2021 sebagai Hari Bangga Buatan Indonesia atau BBI 2021. Hari BBI 2021 yang bertema "Semakin Bangga Buatan Indonesia" dicanangkan oleh Kementerian Kominfo dan Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi menyatakan Hari BBI 2021 diharapkan dapat mendorong konsumsi rumah tangga pada Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini, meskipun ada larangan mudik.

Dia menambahkan pencanangan Hari BBI 2021 menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo agar momentum Ramadan dan Idulfitri 2021 dapat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi.

"Untuk itu, beberapa kebijakan dan program perlu dilakukan agar konsumsi masyarakat bisa terus meningkat di tengah kebijakan peniadaan mudik," kata Lutfi pada Senin, 3 Mei 2021, dikutip dari siaran resmi Kementerian Kominfo.

Selain itu, kata Lutfi, penyelenggaraan program Hari BBI 2021 diharapkan mendorong kecintaan masyarakat terhadap produk buatan Indonesia.

"Bentuk yang paling sederhana dari wujud kecintaan terhadap Indonesia adalah dengan membeli dan menggunakan produk-produk buatan dalam negeri," ujar dia.

"Semoga belanja daring di Hari BBI 2021 turut membantu menggerakkan perekonomian nasional," tambah Lutfi.

Dalam pelaksanaan program Hari BBI 2021, menurut Lutfi, pemerintah dan pelaku usaha saling mendukung dan berbagi tugas untuk mendorong konsumsi masyarakat.

Pemerintah mengambil peran dalam kampanye melalui berbagai media, sedangkan pelaku usaha menyediakan berbagai bentuk promo menarik yang bisa menumbuhkan minat belanja masyarakat.

Menteri Kominfo Johnny G. Plate menambahkan program Hari BBI 2021 digelar untuk mendukung usaha pemerintah memulihkan ekonomi, mendorong pertumbuhan industri karya anak bangsa dan menyokong Akselerasi Transformasi Digital Nasional.

"Penyelenggaraan Hari BBI secara daring diharapkan memudahkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan selama Bulan Suci Ramadan dan jelang Hari Raya Idulfitri. Dengan berbelanja secara daring, diharapkan juga mobilitas masyarakat dapat semakin berkurang," kata dia.

Program Hari BBI 2021 digelar dengan melibatkan 72 platform e-commerce. Puluhan platform itu akan menyediakan sejumlah promo belanja selama tanggal 5-13 Mei 2021.

Melalui pelaksanaan Hari BBI 2021, pemerintah mendorong platform-platform e-commerce untuk menyediakan promo gratis ongkos kirim (ongkir) dan berbagai promo belanja lainnya.

Kemendag, Kementerian Kominfo, dan Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) hari ini menyepakati sejumlah poin kerja sama terkait dengan pelaksanaan program Hari BBI 2021.

Sejumlah poin dalam kesepakatan bersama itu terkait dukungan platform digital dalam kampanye Hari BBI 2021, pemberian fasilitas bebas biaya pengiriman sampai nilai tertentu oleh platform e-commerce, dan penyampaian laporan penyelenggaraan Hari BBI 2021 dari pihak e-commerce ke pemerintah.


Baca juga artikel terkait PROMO BELANJA atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Addi M Idhom
Editor: Agung DH
DarkLight