Harga OPPO F11 Pro dengan F11 Terpaut Rp1 Jutaan, Apa Bedanya?

Oleh: Ibnu Azis - 12 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Apa yang tak dimiliki OPPO F11 varian reguler sehingga dibanderol lebih terjangkau dari versi Pro?
tirto.id - OPPO F11 Pro akan resmi meluncur di Indonesia pada Rabu (13/3/2019) esok setelah diperkenalkan di India pada pekan lalu. Di India, varian tanpa Pro juga dirilis dengan harga lebih terjangkau.

Baik OPPO F11 Pro dan F11 diluncurkan bersamaan di India pada 5 Maret 2019. Di sana, OPPO F11 Pro dibanderol 24.990 rupee atau sekitar Rp5,1 juta, sedangkan harga F11 reguler lebih urah, yakni 19.990 rupee atau sekitar Rp4 juta (kurs Rp204).

Dengan harga terpaut Rp1 jutaan, dapat dikatakan bahwa varian reguler tak memiliki "sesuatu" yang dipunyai versi Pro sehingga dibanderol lebih terjangkau. Apabila berkaca dari spesifikasi yang diusung, maka ada dua hal yang membedakan di antara keduanya.

Desain

Apabila kedua perangkat dilihat secara sekilas, maka antara OPPO F11 Pro dan F11 tampak identik. Kendati begitu, keduanya terlihat berbeda jika dilihat dari sisi depan. OPPO F11 Pro tampil dengan layar Panoramic Screen tanpa kehadiran "poni" atau notch.

OPPO F11 menghadirkan desain dewdrop yang menempatkan kamera depan di notch-nya. OPPO F11 Pro tersedia dalam dua varian warna, yakni Thunder Black dan Aurora Green, sedangkan F11 memiliki lebih banyak opsi warna, yakni Flourite Purple, Marble Green, dan Jewelry White

Kamera Depan

Kendati sama-sama dibekali resolusi 16MP, OPPO F11 Pro menggunakan mekanisme motorized pop-up, sedangkan kamera depan F11 masih konvensional layaknya smartphone "berponi" pada umumnya yang tersemat di notch-nya.

Karena kamera depan OPPO F11 Pro tak menyita ruang, maka layarnya terlihat lapang sekaligus menawarkan sensasi pengalaman FullView Display. Meski begitu, kedua perangkat dibekali spesifikasi layar identik, yakni diagonal 6,53 inci FHD+ tipe IPS.

Selain dua sektor di atas, OPPO F11 dan F11 Pro mengusung spesifikasi serupa, seperti dual kamera belakang, yakni 48MP dan 5MP, menjalankan OS Android 9.0 Pie dengan antarmuka ColorOS 6.0, chipset MediaTek Helio P70, opsi RAM + ROM hingga 6GB + 128GB, termasuk baterai 4.000mAh.

Jelang peluncurannya di Tanah Air, OPPO Indonesia mengisyaratkan sepertinya hanya akan memboyong varian Pro ke Indonesia. Hal ini diketahui dari beberapa teaser bertagar #OPPOF11Pro yang mereka unggah ke Twitter melalui akun @oppoindonesia.

"Dengan rasio layar-ke-badan hingga 90.9%, main game favorit jadi lebih menyenangkan! O-Fans, apa sih game yang ingin kamu mainkan di #OPPOF11Pro," tulis akun @oppoindonesia di Twitter, Selasa (12/3/2019) siang.

Sementara itu, pihak OPPO Indonesia saat dimintai keterangan Tirto tentang kehadiran F11 Pro di Tanah Air enggan berbicara lebih lanjut.

"Kita liat nanti mas [saat diluncurkan di Indonesia], tunggu saja," kata Aryo Meidianto selaku PR Manager Oppo Indonesia, Selasa.


Baca juga artikel terkait OPPO F11 PRO atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH