FarmVille Tak Bisa Lagi Dimainkan di Facebook Mulai 2021

Oleh: Dede Mudopar - 5 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
FarmVille hengkang dari Facebook setelah 11 tahun, imbas dari Adobe yang tidak lagi mendukung program Flash Player.
tirto.id - Game simulasi peternakan milik Zynga, FarmVille tidak bisa dimainkan lagi di Facebook sejak 31 Desember 2020. Hengkangnya game legendaris yang sudah berada di Facebook selama sebelas tahun ini merupakan imbas dari Adobe yang tidak lagi mendukung program Flash Player.

Sebagaimana dilansir Indiatoday, Facebook akan berhenti mendukung game Flash di platform miliknya setelah Adobe yang telah meluncurkan Flash player pada tahun 1996 telah mencabut Flash Player-nya yang mengakibatkan penutupan FarmVille.

"Adobe akan berhenti mendistribusikan dan memperbarui Flash Player untuk semua browser web, dan Facebook akan berhenti mendukung game Flash di platform sepenuhnya setelah 31 Desember 2020. Oleh karena itu, FarmVille akan terpengaruh secara langsung sebagai akibatnya," ungkap pihak Zynga.

Dilansir NDTV, sejak diluncurkan pada 19 Juni 2009, FarmVille mencapai satu juta pengguna aktif harian pada akhir minggu pertama. Farmville telah menuai kesuksesan dan beragam orang dari semua kalangan memainkan game tersebut yang mencapai 30 juta orang memainkannya setiap harinya di puncak popularitasnya.

Salah satu pendiri dan mantan CEO Zynga, Mark Pincus menyatakan, Farmville mempunyai peran penting dalam evolusi game pada saat itu.

“Inovasi nyata dari FarmVille adalah membuat game yang dapat diakses oleh orang dewasa yang sibuk, memberi mereka tempat untuk berinvestasi dan mengekspresikan diri serta dilihat oleh orang-orang dalam kehidupan mereka sebagai orang yang kreatif," tulis Pincus dalam serangkaian cuitan di akun Twitternya, @markpinc.

"Orang menganggap FarmVille sebagai semacam Etch-a-Sketch. Itu adalah game pertama dalam skala yang memanfaatkan data besar, dan hampir semua yang ada di dalam game telah diuji dan dioptimalkan. FarmVille menjadi tempat pelatihan bagi generasi pengusaha dan manajer produk."

Namun, pihak Zynga kemudian menawarkan opsi lain bagi para penggemarnya yaitu dengan mengoperasikan FarmVille 2: Tropic Escape dan peluncuran FarmVille 3 di seluruh dunia yang akan datang pada perangkat seluler.

Selain game FarmVille, game Ninja Saga juga resmi berpisah dengan Facebook seiring dengan dimatikannya Adobe Flash secara global.

“Game Ninja Saga yang membawa jutaan pemain di seluruh dunia dan telah menjadi salah satu ninja terlama di Facebook akan tidak berfungsi karena berakhirnya Adobe Flash Player di semua browser utama pada akhir 31 Desember 2020.” ujar keterangan tertulis di laman resminya.


Baca juga artikel terkait FARMVILLE atau tulisan menarik lainnya Dede Mudopar
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Dede Mudopar
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight