Facebook Rilis Tema Stiker TinyTAN BTS di Instagram dan Messenger

Oleh: Maria Ulfa - 26 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Facebook telah menambahkan tema obrolan khusus di Messenger dan Instagram dengan menampilkan TinyTAN, BTS.
tirto.id - Facebook telah menambahkan tema obrolan khusus di Messenger dan Instagram dengan menampilkan TinyTAN, yakni karakter animasi lucu dari ketujuh anggota boy group asal Korea Selatan, BTS.

Facebook juga melakukan integrasi pada kedua platform tersebut dan membuat pengguna bisa saling berkirim pesan.

Karakter animasi BTS tersebut hadir dengan dua opsi, yakni untuk tema ruang obrolan dan stiker yang bisa dikirim sebagai pesan melalui kolom chat.

Ada dua stiker per anggota TinyTAN dan dua stiker grup di paket stiker baru tersebut. Stiker ini tersedia secara gratis untuk diunduh dan digunakan.

Untuk mengganti tema edisi khusus BTS, pengguna cukup mengaktifkan Chat Themes di Instagram dan Messenger melalui pengaturan obrolan, kemudian klik Tema, dan pilih opsi TinyTAN.

Ketika tema sudah diterapkan, nantinya pengguna bisa mengirimkan pesan atau reaksi obrolan dengan animasi avatar BTS.

TinyTAN sendiri melakukan "debut" beberapa bulan yang lalu dengan animasi "Mic Drop" BTS. Sejak itu, akun Twitter resmi TinyTAN meluncurkan sejumlah merch baru dan berbagai klip animasi dan telah mencapai lebih dari satu juta pengikut.

Sebelumnya, Big Hit juga telah merilis BTS dan stiker ruang obrolan terkait BTS untuk platform messenger lain yang memiliki basis pengguna yang luas di Asia.

Perilisan tema dan stiker tersebut dilakukan untuk menyambut perilisan album terbaru BTS, BE. BE sendiri telah dirilis pada 20 November 2020 lalu dengan 8 lagu baru, termasuk title track "Life Goes On" dan lagu "Dynamite".

Fitur tema dan stiker edisi khusus BTS ini dirilis bersamaan dengan dua fitur lainnya yaitu Watch Together dan Vanish Mode.

Watch Together memungkinkan pengguna Facebook maupun Instagram menonton tayangan IGTV, Reels, film, dan konten video lainnya bersama teman atau keluarga secara bersamaan saat video call berlangsung.

Sementara, dengan Vanish Mode, pesan teks, foto, emoji, dan sebagainya yang dikirim pengguna bisa diatur agar terhapus secara otomatis dalam waktu tertentu. Agar bisa berfungsi, pengirim maupun penerima pesan harus sama-sama mengaktifkan Vanish Mode.

Vanish Mode sekarang tersedia pada Messenger di Amerika Serikat (AS) dan beberapa negara lain, dan akan segera hadir di negara-negara di Uni Eropa. Fitur tersebut bisa digunakan saat Anda memperbarui Messenger dalam versi terbaru.

Adapun, fitur Watch Together dan tema obrolan hanyalah dua dari sepuluh fitur Mesengger baru, termasuk stiker selfie, reaksi emoji khusus, efek pesan animasi, dan kontrol pesan, sekarang tersedia secara global bagi siapa saja yang memilih untuk memperbarui Messenger baru di Instagram mereka.

Dengan pembaruan ini, Anda dapat menjangkau teman dan keluarga baik mereka di Instagram atau Messenger, dan Anda dapat mengontrol di mana Anda menerima pesan dan panggilan, seperti dalam obrolan atau permintaan pesan Anda.



Baca juga artikel terkait BTS atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Maria Ulfa
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight