Liga Spanyol

Espanyol Menolak Dikaitkan Dengan Partai Politik Vox

Oleh: Beni Jo - 20 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Espanyol menyatakan dengan keras menolak segala penggunaan nama dan lambang klub untuk kepentingan urusan politik.
tirto.id - Espanyol menolak dengan keras upaya mengaitkan mereka dengan urusan politik. Sikap klub asal Catalunya itu dinyatakan pada Selasa (19/3/2019) setelah salah satu partai di Spanyol, Vox melakukan kegiatan pengumpulan tanda tangan di sekitar Stadion RCDE, kandang mereka.

"Dari Espanyol, kami ingin menolak dengan keras segala kaitan dan penggunaan lambang kami dengan urusan
politik mereka. Tujuan utama kami adalah selalu untuk mempromosikan nilai-nilai olahraga," bunyi pernyataan klub dilansir dari akun Twitter resmi Espanyol.




Masalah bermula dari cuitan wakil presiden Vox, Antonio Armado yang menyatakan, "Lebih dari 500 tanda tangan dikumpulkan di Stadion Espanyol". Dalam tweet tersebut, Armado mengucapkan terima kasih kepada Espanyol. Hal inilah yang tidak disepakati oleh Los Periquitos.

Langkah pertama yang dilakukan olen Espanyol adalah melakukan balasan tweet. Mereka menegaskan, Espanyol hanya mempromosikan kegiatan olahraga, dan dengan demikian bukan kegiatan politik. Espanyol juga meminta agar siapa pun tidak menggunakan nama dan lambang klub untuk kepentingan urusan partai politik.

"Karena menghormati klub dan sejarahnya, kami meminta semua kelompok politik untuk menahan diri dari penggunaan nama dan lambang entitas klub untuk kepentingan partisan," bunyi balasan klub asal Catalunya itu kepada Vox.

Vox sendiri merupakan salah satu partai politik di Spanyol yang didirikan sejak 2013 silam. Mereka telah berhasil merebut 12 kursi parlemen dalam pemilihan regional di Andalusia pada Desember 2018.

Terkait komplain yang dilancarkan oleh Espanyol, Vox sudah merilis pernyataan bahwa mereka tidak bermaksud menyeret paksa klub tersebut ke ranah politik.

"Dari Vox kami ingin meminta maaf kepada @RCDEspanyol dan menegaskan bahwa pihak kami tidak menggunakan citra mereka [untuk kepentingan parpol]. Bukanlah keinginan kami untuk mempolitisasi olahraga, maupun klub mana pun. Kami memahami olahraga sebagai kegiatan yang dengan nilainya menyatukan semua rakyat Spanyol," tulis akun Twitter Vox Barcelona.

Sementara itu Espanyol saat ini masih berkutat pada zona papan tengah di La Liga Spanyol dengan raihan 34 poin dan menempati posisi ke 13 dari 20 tim. Los Periquitos sejauh ini sudah menang sembilan kali, imbang tujuh kali, serta kalah 12 kali dalam musim kompetisi 2018/2019 ini.



Baca juga artikel terkait LIGA SPANYOL atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus