Menuju konten utama

Download Modul Ajar Kelas 5 Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka

Download modul ajar Kelas 5 Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka bisa diakses melalui tautan link berikut ini.

Download Modul Ajar Kelas 5 Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka
Kurikulum Merdeka. foto/https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us

tirto.id - Beberapa tautan (link) berikut ini bisa dipakai untuk download modul ajar kelas 5 Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka semester 1 dan 2.

Sejumlah contoh modul ajar Bahasa Inggris kelas 5 Kurikulum Merdeka itu dapat menjadi rujukan bagi guru untuk membuat perangkat ajar.

Dalam implementasi kurikulum merdeka, para guru diarahkan untuk menggunakan tiga perangkat ajar, yakni: Modul Ajar; Modul Projek; dan Bahan Ajar.

Khusus untuk modul ajar, guru bisa membuatnya dengan memodifikasi beberapa contoh yang sudah tersedia. Namun, isinya perlu disesuaikan dengan kondisi siswa di kelas yang diampu oleh guru.

Prosedur Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Modul ajar adalah dokumen yang isinya memuat tujuan, langkah, media pembelajaran, hingga asesmen yang diperlukan dalam pembelajaran satu topik (unit) pelajaran tertentu, dan disusun berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Adapun ATP adalah rangkaian Tujuan Pembelajaran, yang disusun dengan logis dan sistematis sesuai fase pembelajaran siswa, supaya peserta didik dapat memenuhi Capaian Pembelajaran (CP). Istilah CP bermakna kompetensi peserta didik yang diharapkan tercapai pada akhir fase pembelajaran.

Sementara itu, fase pembelajaran murid di implementasi kurikulum merdeka terbagi dalam enam tahapan (etape), yakni Fase A [kelas 1 dan 2 SD], Fase B [Kelas 3 dan 4 SD], Fase C [kelas 5 dan 6 SD], Fase D [kelas 7,8 dan 9 SMP], Fase E [kelas 10 SMA], Fase F [kelas 11 dan 12 SMA].

Oleh karena itu, modul ajar perlu disusun berdasarkan topik tertentu di suatu pelajaran, sekaligus sesuai etape atau fase pembelajaran siswa.

Sebelum menyusun modul ajar, para guru sebaiknya memahami tiga hal penting terkait dengan pengembangannya.

Mengutip publikasi resmi Kemdikbudristek, ketiga hal itu adalah komponen, prinsip, dan prosedur dalam mengembangkan modul ajar yang penjelasannya adalah sebagai berikut.

1. Komponen Modul Ajar

Isi modul ajar sebenarnya mirip dengan RPP, tetapi lebih lengkap komponennya. Secara umum, daftar komponen modul ajar adalah sebagai berikut:

A. Fase Pembelajaran

B. Capaian dan Tujuan Pembelajaran:

  • Capaian Pembelajaran: Elemen dan cuplikan elemen pembelajaran yang disasar
  • Tujuan Pembelajaran (TP): Tujuan Pembelajaran dari keseluruhan Modul Ajar
  • Alur Tujuan Pembelajaran (ATP): ATP yang dibuat sendiri atau memilih referensi
  • Profil Pelajar Pancasila: Dimensi yang diharapkan dicapai

C. Detail Penggunaan:

  • Jumlah Pertemuan: Kontributor dapat menentukan jumlah pertemuan untuk menyelesaikan Tujuan Pembelajaran
  • Model Belajar: Daring, Luring, Campuran
  • Sarana Prasarana: Perlengkapan pembelajaran
  • Persyaratan Pembelajaran: Pengetahuan yang diharapkan dimiliki murid sebelum pembelajaran dimulai

D. Detail Modul Ajar Per-Pertemuan

Bagian ini berisi informasi lengkap soal rencana pembelajaran hingga material pendukung untuk setiap pertemuan di kelas, dengan rincian berikut:

  • Alokasi Waktu: Alokasi waktu Jam Pembelajaran (JP) per-pertemuan
  • Dokumen Rencana Pembelajaran yang berisi: Tujuan Pembelajaran pada pertemuan secara spesifik; Pertanyaan Pemantik & Pemahaman Bermakna; Indikator Keberhasilan; Daftar Perlengkapan Ajar; Daftar Lampiran Bahan Ajar; Rencana Langkah / Kegiatan Pembelajaran; Rencana Asesmen; Diferensiasi.
  • Dokumen Material Pendukung atau Lampiran yang dapat berupa: Bahan Ajar / Referensi Materi; Lembar Kerja Murid / Asesmen; Instrumen Refleksi.

2. Prinsip Pengembangan Modul Ajar

Selain perlu memperhatikan komponen modul ajar, guru juga mesti memahami sejumlah prinsip dalam menyusunnya. Ada 5 prinsip pengembangan modul ajar, yaitu:

  • Pembelajaran dirancang sesuai kebutuhan dan karakteristik siswa yang beragam agar proses belajar menjadi bermakna dan menyenangkan.
  • Pembelajaran dirancang dan dilaksanakan untuk mendorong murid menjadi pembelajar sepanjang hayat.
  • Proses pembelajaran mendukung perkembangan kompetensi dan karakter peserta didik secara holistik.
  • Pembelajaran dirancang sesuai konteks, lingkungan dan budaya murid.
  • Pembelajaran berorientasi pada masa depan yang berkelanjutan.

3. Prosedur Pengembangan Modul Ajar

Setidaknya terdapat 9 langkah dalam prosedur pengembangan modul ajar, yakni:

  • Melakukan identifikasi tujuan pembelajaran dari Capaian Pembelajaran yang dapat dikelompokkan dalam satu lingkup materi (1 Modul Ajar dapat mencakup beberapa tujuan pembelajaran).
  • Melakukan asesmen diagnosis dengan mengidentifikasi kompetensi awal murid.
  • Menentukan teknik dan instrumen asesmen beserta indikator keberhasilannya yang akan dijalankan pada akhir penyampaian materi.
  • Menentukan periode waktu atau jumlah jam pelajaran yang dibutuhkan.
  • Menentukan teknik dan instrumen asesmen formatif sesuai aktivitas pembelajaran.
  • Menyusun rangkaian kegiatan pembelajaran dari awal-akhir (Aktivitas pembelajaran harus dipastikan selaras dengan tujuan pembelajaran).
  • Menyiapkan lampiran-lampiran, seperti: lembar belajar, materi belajar, dan media belajar sesuai dengan kesiapan, minat, dan profil belajar peserta didik.
  • Melampirkan instrumen asesmen seperti ceklis, rubrik atau lembar observasi yang dibutuhkan.
  • Periksa kembali kelengkapan komponen modul ajar.

Download Modul Ajar Kelas 5 Bahasa Inggris

Berikut ini link download contoh-contoh modul ajar Bahasa Inggris Kelas 5 Kurikulum Merdeka:

1. Modul Ajar Kelas 5 Bahasa Inggris - The Procedure Text

2. Modul Ajar Kelas 5 Bahasa Inggris - All About Me

3. Modul Ajar Kelas 5 Bahasa Inggris - Strawberry Tastes Sour

4. Modul Ajar Kelas 5 Bahasa Inggris - My Favorite Sport

5. Modul Ajar Kelas 5 Bahasa Inggris - My Awesome Holiday

6. Kumpulan Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 5

7. Contoh Modul Ajar Kelas 5 Bahasa Inggris Semester 1.

Baca juga artikel terkait MODUL AJAR atau tulisan lainnya dari Muhammad Iqbal Iskandar

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Muhammad Iqbal Iskandar
Penulis: Muhammad Iqbal Iskandar
Editor: Addi M Idhom