Daftar Smartphone dengan Layar Refresh di Atas 60Hz

Oleh: Adrian Samudro - 20 Januari 2020
Dibaca Normal 2 menit
Berikut 8 daftar rekomendasi ponsel pintar dengan layar refresh di atas 60Hz, dari
Asus ROG Phone 2 hingga Sharp Aquos R3.
tirto.id - Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah ponsel biasanya seseorang memiliki pertimbangan tersendiri, termasuk tampilan visual dari layar yang dimiliki perangkat tersebut.

Tak hanya soal resolusi, kini kualitas refresh rate yang ditawarkan dalam sebuah ponsel juga kerapkali menjadi perhatian, terutama bagi pembeli yang sangat menyukai menonton video atau bermain game.

Dilansir dari 91 Mobiles, refresh rate sendiri merupakan ukuran untuk mengetahui berapa kali layar dapat me-refresh ulang gambar per detik yang pada dasarnya dihitung dalam satuan Hertz (Hz).

Secara teknis ini adalah sebuah teknologi yang dapat menyajikan gambar dengan cara menampilkan potongan frame yang ditangkap mata manusia sebagai sebuah gambar bergerak atau video.

Kebanyakaan ponsel jaman sekarang telah dibekali dengan layar memiliki kecepatan refresh 60 Hz, yang berarti layar dapat menampilkan 60 frame dalam satu detik.

Sejumlah ponsel juga telah mengadopsi refresh rate yang lebih tinggi yaitu 90 Hz dan 120 Hz, di mana semakin tinggi kecepatannya diklaim dapat memberikan tampilan layar lebih halus, nyaris tanpa lag.

Detail yang ditampilkan pun akan lebih jelas terlihat mata bahkan saat gambar bergerak.
Dalam penggunaannya, kecepatan refresh Hz juga dipengaruhi oleh frame per second (FPS) berbeda yang dimiliki oleh masing-masing penyedia konten visual seperti game atau video.

FPS adalah ukuran berapa banyak frame yang ditampilkan pada layar setiap detiknya. Itu berarti konten dengan 90fps yang ditampilkan pada layar 90Hz dapat dilihat secara full frame, sebagaimana ditulis Smartprix.

Jika Anda ingin beralih menggunakan ponsel dengan refresh rate yang lebih tinggi, berikut adalah daftar ponsel yang bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan pengalaman visual dalam bermain game atau menonton video.

Asus ROG Phone 2

Asus telah meluncurkan produk bernama ROG Phone 2, ponsel dengan layar AMOLED yang telah dibekali dengan kecepatan refresh rate 120 Hz tertinggi untuk saat ini.

Terbentang dalam ukuran 6,59 inci, layar ponsel ini juga telah didukung resolusi Full HD dan dilapisi oleh pelindung Gorilla Glass 6.

Asus ROG Phone 2 ditenagai chipset Snapdragon 855 Plus dengan didukung 12 GB LPDDR4x RAM dan memori 512 GB.

Ponsel ini juga didukung dengan baterai berkapasitas 6000mAH dengan teknologi fast charging 30W.

OnePlus 7T Series

OnePlus 7T dan 7T Pro, merupakan dua ponsel yang memiliki layar 90Hz. Kedua ponsel itu juga telah ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 855 Plus.

Lengkap dengan tiga kamera, termasuk kamera utama 48 megapiksel, ruang penyimpanan 256 GB, teknologi fast charging, Android 10 dan fitur lainnya.

Kedua ponsel ini disebut sebagai pembuka lini baru dari jajaran produk OnePlus yang akan datang. OnePlus dikabarkan akan meninggalkan layar 60 Hz untuk beralih ke refresh rate lebih tinggi di masa depan.

Oppo Reno 3 Pro

Oppo Reno 3 Pro dikemas dengan tampilan yang menarik, ponsel ini berbekal segudang fitur mumpuni yang salahnya layar OLED Full HD+ 6,5 inci dengan kecepatan refresh rate 90 Hz.

Pada bagian layar juga telah disematkan pemindah sidik jari, dukungan HDR 10+, kamera selfie beresolusi 32 mp dan rasio layar yang mencapai 92,1 persen.

Ponsel yang ditenagai chipset Snapdragon 765G bersama dengan RAM 12 GB dan memori 256 GB ini telah berjalan dalam sistem operasi Android 10 dan mendukung konektivitas 5G.

Oppo Reno Ace

Oppo juga telah sematkan layar dengan ukuran refresh rate 90 Hz pada produk Reno Ace, ponsel yang juga telah ditenagai oleh chipset Snapdragon terbaru, 855+.

Oppo Reno Ace hadir dengan layar berukuran 6,5 inci, RAM hingga 12GB, port USB Type-C, NFC, pengisian daya cepat 65W, dan fitur lainnya.

Realme X2 Pro

Realme X2 Pro, ponsel pabrikan Cina ini menghadirkan layar FHD+ AMOLED 90Hz bersama dengan chipset Snapdragon 855+ dan penyimpanan UFS 3.0 256GB.

Ponsel ini juga memiliki baterai berkapasitas 4000mAh dengan didukung pengisian Super VOOC 65W, yang diklaim dapat mengisi dari nol sampai seratus persen hanya dalam waktu sekitar 30 menit.

Pixel 4 Series

Google juga turut serta hadirkan ponsel dengan layar yang memiliki refresh rate 90 Hz dalam produk terbarunya yakni Pixel 4 dan Pixel 4 XL.

Jajaran produk terbaru Google ini akan berjalan dalam sistem operasi Android 10, lengkap dengan sejumlah fitur lainnya seperti sensor radar Soli yang dapat digunakan untuk mendeteksi keberadaan dan gerakan serta pengenalan wajah.

Kedua ponsel ini ditenagai dengan chipset Snapdragon 855 dengan RAM 6GB dan kapasistas penyimpanan yang dapat disesuaikan yakni 64GB atau 128GB.

Sharp Aquos R3

Sharp Aquos R3 dikemas dengan layar QHD Pro IGZO 6,2 inci yang dapat menampilkan visual dalam kecepatan refresh 120 Hz.

Ponsel ini juga telah ditenagai Snapdragon 855 SoC, disertai dengan RAM 6GB dan ruang penyimpanan internal sebesar 128 GB.

Sejumlah fitur lain seperti kamera belakang 12,2 Mp dan 20 Mp dan kamera selfie beresolusi 16,3 Mp juga turut dihadirkan pada ponsel yang memiliki kapasistas baterai 3.200mAh ini.


Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Adrian Samudro
Penulis: Adrian Samudro
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight