Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Perusahaan, Bank, & Beasiswa

Kontributor: Ririn Margiyanti, tirto.id - 25 Jan 2023 09:00 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Surat keterangan kerja diperlukan untuk hal-hal terkait perusahaan/pekerjaan, kredit bank, hingga urusan akademis di kampus.
tirto.id - Surat keterangan kerja dari suatu perusahaan menjadi salah satu syarat yang dapat digunakan untuk berbagai hal. Selain untuk melamar pekerjaan di perusahaan baru, surat keterangan kerja juga diperlukan untuk hal-hal lainnya, misalnya untuk keperluan terkait kredit bank atau urusan akademis di kampus, termasuk pengajuan beasiswa.

Lantas, apa itu surat keterangan kerja? Surat keterangan kerja merupakan dokumen berisi informasi terkait karyawan, baik posisi, pekerjaan, maupun konfirmasi atas posisi dan pekerjaan di sebuah perusahaan.

Sesuai dengan namanya, surat keterangan kerja berisi tentang informasi bahwa seseorang memang pernah bekerja di perusahaan yang menerbitkan surat tersebut. Tidak hanya itu, surat keterangan kerja juga dapat membantu menjelaskan mengenai riwayat kerja dari seseorang seperti durasinya bekerja, besaran gaji, dan sebagainya.


Surat keterangan kerja dapat digunakan juga sebagai surat pengalaman atau paklaring yang nantinya akan diberikan oleh karyawan kepada pihak ketiga.

Pihak ketiga yang dimaksud adalah pihak yang akan melakukan pengecekan terhadap surat keterangan kerja tersebut untuk memastikan bahwa orang itu memang benar-benar berstatus sebagai karyawan di suatu perusahaan.


Kegunaan atau Fungsi Surat Keterangan Kerja

Dengan adanya pengajuan permohonan untuk pembuatan surat keterangan kerja dari karyawan, hal itu tentunya memiliki maksud dan tujuan tertentu. Selain digunakan untuk kepentingan pribadi dari karyawan, surat tersebut juga dibutuhkan perusahaan sebagai data.

Surat keterangan kerja memiliki berbagai fungsi yang pembuatannya akan disesuaikan dengan tujuan pengajuannya dari karyawan. Beberapa kegunaan dari surat keterangan kerja yaitu sebagai berikut:


Untuk Melamar Pekerjaan di Tempat Baru

Seorang pelamar kerja membutuhkan surat keterangan kerja sebagai salah satu dokumen yang dapat dilampirkan ketika melamar kerja.

Dengan melalui surat keterangan kerja tersebut, perusahaan dapat melakukan verifikasi terkait dengan kebenaran riwayat kerja pelamar.


Untuk Memenuhi Kebutuhan Dokumen Perbankan

Surat keterangan kerja ini biasanya diminta oleh bank apabila calon nasabahnya bukan penduduk asli dari wilayah kantor bank tersebut.

Bagi calon nasabah yang tinggal di suatu kota karena pekerjaan, maka calon nasabah itu harus melampirkan surat keterangan kerjanya sebagai bukti.

Dengan adanya surat keterangan kerja, maka pihak bank dapat mengetahui bahwa calon nasabahnya memang memiliki pekerjaan dengan penghasilan yang tetap sehingga mampu membayar angsurannya secara teratur.

Selain digunakan untuk pengajuan pembuatan kartu kredit, surat keterangan kerja juga dapat digunakan untuk mengajukan pinjaman bank seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), dan lainnya.

Untuk Mengajukan Beasiswa

Surat keterangan kerja yang sudah dilegalisir menjadi salah satu syarat yang harus dilengkapi untuk mengajukan beasiswa agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.


Untuk Persyaratan Pendaftaran Mahasiswa

Bagi seorang karyawan yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi dengan mengikuti kelas karyawan baik kelas sore, kelas malam, maupun kelas akhir pekan, maka surat keterangan kerja dari perusahaan tempatnya bekerja menjadi salah satu dokumen yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa tersebut.



Contoh Surat Keterangan Kerja

Surat keterangan kerja dibuat dengan berbagai keperluan sesuai dengan permohonan yang diajukan oleh karyawan. Berikut ini contoh membuat surat keterangan kerja:


(1) Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Melamar di Perusahaan Baru


SURAT KETERANGAN KERJA


Nomor Surat : 345/SKK/2021


Dengan hormat,

Yang bertandatangan di bawah ini:

Nama : Anjasmara Tugiyo

Jabatan : Manajer Digital Marketing

Alamat : Jalan Belakang No. 1, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta


Dengan ini menerangkan bahwa:

Nama : Chairil Gufron

Jabatan : Staf Manajer Digital Marketing dan Content Creator

Alamat : Jalan Olahraga No. 9, Klaten, Jawa Tengah

Adalah benar-benar merupakan karyawan yang bekerja di PT. Merdeka Jaya sejak 1 Januari 2018 sampai dengan 30 Juni 2021.

Demikian surat ini dibuat dengan sebenar-benarnya untuk dipergunakan dengan semestinya.

Yogyakarta, 15 Juli 2021

Anjasmara Tugiyo



(2) Contoh Surat Keterangan Kerja dari Perusahaan untuk KPR Bank


PT. GRIYA PANCARAN SENJA

Jalan Perumnas Raya Kav. 8 No. 18, Seturan Tenggara, Kabupaten Sleman, Yogyakarta

Telp. 0274-7089876, Fax. 0267-234323

No : 01/SKK/PT. GPS/12/2019

Perihal : Surat Keterangan Kerja


Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Suci Batiniah

Jabatan : Direktur PT Griya Pancaran Senja

Dengan ini menerangkan bahwa:

Nama : Franca Supanji

Alamat : Jl. Sahid Raya 20, Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta

NIP : 77304555667

Jabatan : Staf Administrasi PT Griya Pancaran Senja

Dengan ini menyampaikan bahwa saudara yang bernama Franca Supanji memang menjadi karyawan tetap di PT. Griya Pancaran Senja. Saudara Franca Supanji tersebut sudah bekerja sejak 21 April 2019 sampai sekarang.

Surat keterangan kerja ini diterbitkan sebagai persyaratan pengurusan KPR. Semua hal yang berkaitan dengan pembayaran atas tagihan KPR menjadi tanggung jawab karyawan tersebut di atas.

Demikian surat keterangan kerja ini kami buat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.


Hormat Kami

Direktur
PT Griya Pancaran Senja


Suci Batiniah


(3) Contoh Surat Keterangan Kerja dari Perusahaan untuk Pengajuan Beasiswa


SURAT KETERANGAN KERJA
Nomor Surat : 068/SKK/2020

Saya yang bertandatangan di bawah ini menyatakan bahwa:

Nama : Restu Malaise

Jabatan : Staf IT

Alamat : Jalan Cahaya No.11, Magelang, Jawa Tengah

Menerangkan bahwa nama di atas benar-benar merupakan karyawan dan bekerja di PT. Gemerlap Dunia dan masih aktif hingga saat ini.

Demikian surat keterangan ini saya buat dengan sebenar-benarnya untuk dipergunakan sebagai syarat pengajuan beasiswa perguruan tinggi.


Magelang, 2 November 2020

Netan Kertajaya


Manajer Divisi IT

Baca juga artikel terkait SURAT KETERANGAN KERJA atau tulisan menarik lainnya Ririn Margiyanti
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Ririn Margiyanti
Penulis: Ririn Margiyanti
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight